Waspadalah Mengemudi Saat Hujan Turun

Waspadalah Mengemudi Saat Hujan Turun

OTOSEMI.com- Waspada Mengemudi saat Hujan. Mengemudi saat hujan memang perlu di perhatikan sebab intensitas curah hujan di akhir-akhir bulan ini pasti mengalami tingkat yang tinggi, sehingga di daerah wilayah Indonesia banyak yang terkena dampaknya. Hasil dari hujan yang turun itu bisa saja mengakibatkan jalanan akan menjadi licin, sehingga saat anda berkendara ini sangatlah berhati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Selain itu pula jika hujan terlalu deras ini akan menimbulkan jarak pandang anda ke depan akan lebih terganggu oleh hujan tersebut, dan hujan yang terus menerus ini juga akan berakibat banjir yang akan menggenangi jalanan umum. Hal ini akan banyak kendaraan yang nekat menerobos genangan air bisa mengakibatkan kendaraannya mancet di tengah genangan air.

Proses hydroplaning ini bisa mengakibatkan traksi ban ke jalanan lebih terganggu sehingga cengkraman ban ke jalan ini tidak terlalu kuat, dan apabila kendaraan mengalami pengereman mendadak bisa jadi akan licin atau tidak pakem saat di lakukan pengereman. Proses tersebut pun berakibat fatal jika tidak hati-hati akan menimbulkan dampak tergelincir di jalanan.

Baca juga : Tips Aman Mengemudi Yang Benar.

Sehingga waspadalah mengemudi saat hujan turun, baik itu hujan yang deras maupun lambat sekalipun. Sebab dengan intensitas tersebut besar kemungkinan akan terjadi hal yang lain bahkan tidak terikat waktu sehingga kapan saja hal itu akan bisa terjadi dan mungkin saja akan menimpa saat anda berkendara.

Ada beberapa cara mudah untuk berkendara dengan baik saat melintasi hujan yang turun, pertama anda harus tetap dalam kondisi fokus pada jalanan terlebih gunakan wiper agar setidaknya membantu dalam hal mengelap kaca depan mobil yang terkena hujan. Hindari berkomunikasi saat berkendara, walau ini hal sepele namun perlu di perhatikan sebab hal ini bisa mengecohkan konsentrasi anda saat berkendara. Dan apabila ada telpon yang penting bagi anda, hal yang anda lakukan sebaiknya menepi di samping jalan dan angkat telpon tersebut.

Poin ke dua ini banyak sekali yang menyepelekan hal ini yakni atur jarak yang sesuai agar apabila kendaraan di depan anda mengerem mendadak, dapat di pastikan anda bisa langsung merespon dengan cepat. Sehingga kecelakaan beruntun ini tidak akan terjadi di jalanan, sebab hal ini jika bagi mobil pasti sulit untuk menghindar, namun jika pakai motor setidaknya akan bisa menghindarinya.

Tahap ke tiga ini yakni terdapat pada kecepatan berkendara anda di jalanan, usahakan stabil dalam menempuh kecepatan. Kecepatan standart ini mencapai 40km/jam sampai 60km/jam, di antara angka tersebut itu termasuk dalam berkendara yang aman serta nyaman, terlebih juga santai.

Dan untuk yang terakhir ini yakni anda perlu menghindari rute jalan yang sering terjadi banjir bahkan genangan air yang menjalur ke jalan. Sebab jalanan tersebut ini akan rawan terjadi kemancetan, dan usahakan juga berkendara pada jalan yang agak menengah sebab pada samping jalan ini biasanya ada genangan air yang mengalir. Dan lebih utamanya ini gunakan lampu frog atau bisa memakai lampu utama dengan mode yang standart, selain itu juga patuhilah rambu-rambu lalu lintas agar anda selamat sampai tujuan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*