Wah, Kenalan Yuk Sama “Grip Motor” Lebih Jauh

Mengenal Lebih Jauh tentang Grip Motor

OTOSEMI.com- Mengenal Lebih Jauh Mengenai Grip Motor. Terkadang banyak para otolovers yang tidak mengetahui tentang keseluruhan komponen, maupun aksesoris sepeda motor yang melekat pada motor kebanggaan mereka. Bahkan para kaum hawa yang pastinya tidak begitu peduli terhadap komponen yang ada pada kendaraan tunggangannya. Dengan begitu pada topik kali ini mas Semi bakal kenalkan salah satu komponen yang melekat pada kendaraan, terutama pada stang sepeda motor yaitu Grip motor alias tali gas. Nah, sepenting apakah komponen yang satu ini dan apa saja masalah yang kerap timbul di sekitar grip motor? mari simak ulasan singkat mas Semi.

Jika di lihat secara fisik memang stang dan grip telah di desain menyatu dalam suatu bagian. Dan di ketahui fungsi utama pada komponen tersebut adalah sebagai pengendali sebuah kendaraan. Bahkan juga memiliki suatu manfaat penting yaitu menjaga kestabilan sekaligus kecepatan sepeda motor.

Untuk itu pastinya semua komponen pada sepeda motor memiliki suatu permasalahan yang berbeda-beda di setiap komponen yang ada, termasuk juga komponen grip motor alias tali gas. Nah, problem yang biasanya terjadi ialah grip atau tali gas tidak mau balik ke posisi normal alias menyangkut yang tentunya di sebabkan oleh pemasangan kurang pas.

Hal tersebut sering terjadi pada sepeda motor yang sudah di pakai dalam jangka yang terlalu lama baik itu motor bebek, motor matic, maupun motor sport. Sehingga jangan terlalu terobsesi bahwa problem ini hanya terjadi pada sepeda motor jenis sport atau motor yang memiliki kopling.

“Semua jenis sepeda motor yang di pasarkan pasti bisa mengalami hal seperti tali gas menyangkut, jadi bukan cuma motor sport saja,” ujar Ahmad Hadi Setiawan dari Bengkel Hadi Motor. Lalu, apa penyebab utama grip sering menyangkut?

Penyebabnya tak lain ialah soal kebersihan pada komponen grip sepeda motor yang bisa membuatnya menyangkut. Sehingga sudah pasti jika kotor, maka tali gas saat di tarik akan tidak bisa kembali ke posisi normal alias mancet. Biasanya, di karenakan jarang sekali memberi perawatan khusus sepeda motor atau servis rutin secara berkala. Nah, dengan begitu bagian dalam kabel gas yang sering terkena air lama-kelamaan akan mengalami korosi atau karat.

Selain penyebab kabel gas yang kotor, ada pula yang di sebabkan oleh pemasangan grip gas yang tidak pas atau tidak sesuai standart yang telah di tentukan. Hal ini pun bisa mempengaruhi peforma tarikan gas menjadi tidak normal seperti sedia kala.

“Memang jika sudah dibersihkan hingga bersih kabel gasnya, untuk pemasangan grip gas haruslah benar. Apabila pemasangan tidak tepat bisa jadi bikin tarikan gas mancet atau menyangkut,” lanjut Hadi.

Setelah mengetahui pernyataan dari mas Hadi yang mana penyebab grip motor menyangkut. Maka selanjutnya, bagaimana solusi tepat yang perlu di lakukan untuk mengatasi hal tersebut? pertama kali yaitu mematikan mesin motor terlebih dahulu yang di sertai tahap selanjutnya.

“Untuk kalian yang memiliki motor sport cukup dengan metode engine cut off, sedangkan untuk versi motor lain cabutlah kunci kontak atau pakai cara lain yang pastinya bisa membuat mesin mati. Selanjutnya coba puntir grip gas secara perlahan-lahan, kemudian jika sudah normal maka nyalakan mesin. Dengan catatan jangan putar grip gas sampai habis. Namun jika belum normal, maka perlu di cek ke bengkel terdekat,” pungkasnya.

Nah, sekarang anda mengertikan solusi atasi grip menyangkut, sehingga anda bisa berbuat sesuatu. Baca juga ketahuilah, alasan utama sepeda motor matic harus pakai oli rekomendasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*