Tips Bikin Motor Biasa Jadi Lebih Kencang Ala Motor Sport

8 Trick Jitu Bikin Performa Motor Biasa Jadi Lebih Bertenaga

Tips Bikin Motor Kencang Ala Motor Sport

Banyak cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat laju motor kalian lebih kencang dari ukuran standar normalnya. Namun tak banyak orang tahu juga bahwa motor yang mereka pakai bisa lebih kencang. Nah sahabat otosemi disini saya akan memberikan beberapa tips atau penjelasan bagaimana caranya untuk membuat motor lebih bertenaga, tentu saja dengan berbagai mosdifikasi yang sedikit lebih sulit. Nah kalau ingin tahu seperti apa saja caranya bisa lihat dibawah ini untuk ulasan mengenai tips membuat motor laju lebih kencang dari sebelumnya.

1. Porting polish

Yang pertama yaitu dengan menggunaan cara porting Polish, nah apa sih itu porting polish ? Porting polish merupakan cara untuk membersihkan di bagian head motor depan. Yang mana sebenarnya proses ini untuk membuat daya hisap dan buang lebih tinggi di bandingkan standarnya, nah produsen motor jarang sekali memperhatikan teknik ini, yang mereka pikirkan hanya memproduksi secara masal motor yang siap untuk dipasarkan. Untuk itu kalian bisa mengakalinya dengan melakukan porting polish untuk meningkatkan performa mesin lebih baik lagi dari sebelumnya, selain tujuannya untuk membuat daya hisap dan buang lebih tinggi, posting polish ini juga membuat motor lebih irit, yang mana semakin tinggi daya isap maka semakin ringan tenaga motor untuk dijalankan. Kita tahu bahwa motor akan lekas habis dalam konsumsi bakan bakar di karenakan daya hisapnya yang lebih kecil dan juga terlalu berat.

2. Papas Head motor

Kemudian yang kedua yaitu dengan cara papas head, yang mana proses ini dilakukan untuk membuat pernapasan motor lebih baik dan tidak suka macet-macet pada saat digunakan, alasan kenapa kalian harus melakukan papas Head karena dengan melakukan papas head ini digunakan untuk memadatkan dan menaikkan rasio kompresi pada motor yang mana dengan merapatkan rasio motor akan membuat motor lebih bertenaga dan juga irit bahan bakar. Terutama untuk mekanik yang sama sekali tidak paham dengan teknik ini, oleh karena itu butuh ketelitian dalam perhitungannya antara posisi head dan juga boring motor. Dan bagian-bagian lainnya seperti busi, klep dan seker agar tidak mengalami tabrakan antara satu komponen.

3. Bahan bakar yang digunakan

Kemudian yang ketiga mengenai bahan bakar yang harus kalian gunakan, banyak sekali rekomendasi bahan bakar yang bagus untuk motor yang digunakan untuk berbalapan ataupun untuk touring jauh, kalian bisa menggunakan bahan bakar yang memiliki Nilai RON tinggi atau sekitar 90 RON. Yang mana semakin tinggi nilai RON juga semakin baik untuk mesin kendaraan anda, dimana kita tahu bahwa banyak sekali polusi yang di hasilkan dari mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar bersubsidi seperti premium yang hanya mempunyai Nilai RON di bawah 90. Kalian bisa menggunakan pertalite atau juga bisa menggunakan bahan bakar Pertamax plus yang jauh lebih baik untuk proses pembakaran mesin kendaraan anda sehingga jauh lebih baik pada saat berkendara di jalan raya.

4. Perbesar bagian klep motor

Kenapa anda harus melakukan perbesaran klep motor ? Karena dengan melakukan perbesaran klep ini berguna untuk membuat sistem pernapasan motor lebih luas dan tentu perbesaran bagian klep in dan ex itu sangat penting peranannya sendiri. Dan kalian sebagai pengendara mungkin bisa melakukan beberapa hal dibawah ini yang bisa membuat performa mesin motor anda lebih baik dan lebih kencang :

  • Gunakan 3 klep, semakin banyak pembuatan head dengan 3 klep maka semakin luas proses in dan ex pernapasan motor.
  • Gunakan Noken as yang berkualitas, mungkin anda bisa membelinya di bengkel resmi
  • Jika motor kalian menggunakan sistem SOHC dual Valve kalian bisa melakukan pergantian dengan sistem DOHC itu jauh lebih ringan di bandingkan dengan sistem SOHC.

5. Ajukan Timing Pengapian

Timing pengapian juga berperan penting untuk proses pembuatan motor yang lebih kencang dari standarnya sendiri, biasanya timing pengapian ini di ajukan kerena memiliki alasan sendiri yaitu untuk membuat proses pengapian lebih cepat dan juga lebih besar sehingga tenaga yang dihasilkan juga jauh lebih besar dibandingkan dengan tenaga standar motor, namun pengajuan Timing pengapian ini tidak semudah yang kalian bayangkan. Banyak komponen yang juga harus di atur kalau kalian berniat untuk mengajukan timing pengapian ini. Beberapa diantaranya seperti :

  • CDI : Gunakan kurva CDI yang lebih maju agar proses pengapian jauh lebih cepat, jangan gunakan CDI yang sifatnya otomatis biasanya akan kembali ke pengaturan awal, lebih baik gunakan CDI yang mudah untuk diatur sehingga anda bisa menyesuaikannya.
  • Koil : penggunaan Koil ini juga penting terlebih untuk memperbesar api yang di keluarkan, yang mana nantinya akan membakar AFR yang berada di ruang pembakaran.
  • Bahan bakar : seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa penggunaan bahan bakar yang lebih baik mempunyai Nilai RON atau OKTAN di 90 atau di atas 90 yaitu pertamax atau pertamax plus, kalau kalian menggunakan premium sama halnya saja malah menghasilkan kotoran di mesin.

Nah itulah beberapa komponen yang harus kalian rubah jika kaian mengubah timing pengapian.

6. Rajin melakukan service kendaraan

Kemudian yang keenam kalian juga harus rajin dalam melakukan service kendaraan kalian terlebih kalau kalian ingin performa motor tetap terjaga dengan baik, mungkin setiap 2 minggu sekali kalian bisa melakukan service motor kalian di bengkel resmi atau bengkel umum yang mana memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dan hasil service yang lebih sempurna. Beberapa hal ketika kalian melakukan service kendaraan kalian :

  • Service pada bagian karburator dan bersihkan dengan tuntas sehingga tidak terdapat lagi kotoran didalamnya.
  • Kemudian yang kedua bersihkan kerak kotoran di bagian head, kemudian di bagian piston motor.
  • Bersihkan busi kendaraan anda, jika sudah waktunya ganti maka gantilah dengan busi yang masih baru.
  • Cek komponen lainnya yang mungkin terasa kurang sehat pada saat motor dinyalakan maupun di jalankan.

7. Gunakan ban ukuran kecil

Penggunaan Ban Kecil Pada Ring Velg 17Nah kalau kalian ingin motor kalian lebih kencang dan tentu saja lebih irit maka gunakan ban yang ukurannya lebih kecil dan tentu saja lebih ringan, karena ban dengan ukuran lebih besar akan membuat laju kendaraan lebih berat dan pada saat tanjakan akan lebih berat, ini juga berpontensi untuk mengurangi komsumsi bahan bakar.

8. Ganti komponen ECU dan ECM

Motor modern saat ini sudah menggunakan tenaga Injeksi yang memungkinkan secara otomatis ECU akan berjalan sendiri, namun pengendara bisa membelinya sendiri di Alfamarket yang mana bisa sewktu-waktu menggantinya dengan yang baru, namun sayangnya tidak semua motor cocok dengan ECU baru, walaupun cocok kadang juga menimbulkan efek yang signifikan.

Itulah 8 Tips bikin performa motor biasa menjadi lebih kencang dari sebelumnya terlebih bertenaga powerfull layaknya sang motor sport idaman sebagai contoh Kawasaki Ninja 250 FI. Sekian dulu ulasan kali ini, sampai jumpa di ulasan selanjutnya tetap di OTOSEMI.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*