Tips Yang Benar Untuk Membuka Bengkel Motor Yang Berkualitas

Contoh Bengkel Sepeda Motor Rumahan
Bengkel Motor "Fans"

Memiliki kemampuan untuk memperbaiki Mesin dan berbagai komponen kendaraan kususnya untuk kendaraan seperti motor patut di syukuri, bahwasanya banyak laki-laki yang sama sekali tidak paham akan memperbaiki sepeda motor baik bagian Fisik dan juga bagian dalamnya. Dengan modal mampu memperbaiki segala kondisi motor itu sudah membuka peluang kerja untuk kalian yang ingin membuka sebuah bengkel motor yang berkualitas dengan garansi Gratis setiap perbaikan. Nah sahabat otosemi kita sering kali menemukan bengkel dengan nama keren dan juga tamat yang meyakinkan namun untuk kualitas servisnya sendiri belum tentu bagus dan juga berkualitas, untuk saat ini banyak sekali bengkel yang di buka baik itu bengkel resmi dan bengkel bukaan pribadi yang ada di pinggir jalan.

Pada dasarnya bengkel merupakan tempat untuk memperbaiki kendaraan yang mengalami masalah baik pada bagian dalam komponen dan juga pada bagian luar komponen. Biasanya untuk Bos bengkel sudah mempunyai karyawan yang dikerjakan pada bengkel tersebut baik itu Teknisinya sendiri di bagian kelistrikan, Komponen mesin dan juga pada bagian koreksi pekerjaan setelah semuanya beres. Hal ini di berlakukan agar Service yang sudah di lakukan benar-benar terjamin dan motor sudah bisa kembali seperti semua lagi. Nah menurut beberapa pakar bengkel yang sudah ahli dibidangnya memberikan berbagai Tips kepada kalian yang ingin membuka sebuah bengkel Motor baik itu bengkel Motor yang resmi dan bengkel motor pribadi.

Berikut beberapa Tips membuka bengkel resmi maupun bengkel pribadi yang berkualitas baik :

1. Lokasi, Pemasaran Dan Kompetitor

Dalam hal ini ada 3 Penghalang yang menjadikan hambatan untuk membuka sebuah bengkel Motor, yang pasti yang pertama yaitu Lokasinya sendiri, kemudian di susul dengan teknik pemasaran, dan setelah itu Persaingannya. Akan saya jelaskan satu persatu.

Lokasi : Dalam hal ini begitu sulit untuk mencari lokasi yang strategis demi membuka bengkel motor, perlu pertimbangan sendiri dan survey secara langsung membuka bengkel Motor dengan lokasi yang ramai untuk memancing para pelanggan dan juga lebih mudah untuk dijangkau para pelanggan. Tentunya hal ini juga berhubungan dengan teknik Promosi nantinya, bagaimana cara mempromosikan sebuah bengkel dengan lokasi yang tidak mudah untuk dijangkau atau sama sekali tidak di ketahui oleh orang-orang yang ada disekitar Kita, tentu saja dalam pemilihan lokasi ini harus di rencakan dengan sematang-matang mungkin agar semuanya bisa berjalan dengan baik, sama saja kalau kalian memilih Lokasi yang kurang strategis bakal sepi pelanggan dong.

Kemudian kita sambung pada bagian promosi atau pemasaran, mungkin kalian berpikir bagaimana cara mempromosikan atau memasarkan bengkel baru anda ? Apakah harus menerapkan sistem perbaikan Gratis untuk pelanggan baru ? Nah mungkin teknik ini bisa kalian lakukan untuk mendapatkan kunjungan, servis ini mungkin bisa kalian gratiskan untuk komponen yang sama sekali tidak rusak dan hanya perlu perbaikan sedikit saja bukan dengan membeli Komponen baru, tentu ini akan berjalan dengan baik jika kalian melengkapinya dengan brosur promosi dan menitipkannya di warung –warung atau juga bisa menempelkannya di dinding-dinding bahkan di dekat SPBU untuk menarik perhatian calon pelanggan. Dengan adanya teknik promosi atau pemasaran seperti ini lebih memberikan kesan pertama datang dengan sapaan, pelayanan dan juga lokasi yang nyaman pasti pelanggan akan datang kembali.

Kemudian lanjut kepada bagian Kompetitornya sendiri, persainga menjadi hambatan utama usaha anda, terlebih di lokasi tersebut sudah ada bengkel yang berdiri lama dan sudah banyak dikenal masyarakat di di daerah tersebut, tapi peluangnya juga Akan muncul jika ada Orang yang sedang mudik ke daerah tersebut dan mengalami kerusakan pada motornya. Hal ini cukup memberikan kesempatan yang baik untuk bengkel baru anda. Persaingan memang menjadikan hambatan, tapi bisa dikalahkan juga dengan kualitas Service yang lebih berkualitas dan juga lebih memadai.

Nah untuk usaha bengkel ini sendiri ada 3 jenis pilihan yang harus benar-benar anda pertimbangkan, yaitu usaha bengkel Motor resmi, kemudian bengkel motor UMUM, dan bengkel motor Tune Up.

Contoh Bengkel Resmi Motor Honda
Contoh Bengkel Resmi Motor Honda

Bengkel Motor resmi : untuk membuka sebuah bengkel motor resmi hal pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan menghubungi kantor pusat dari Merck Brand yang sudah terkenal misalnya saja seperti Honda, Kemudian Yamaha dan lain sebagainya untuk membicarakan apa tujuan anda dan meminta persetujuan dari pemilik Brand tersebut untuk memberikan ijin kepada anda apakah anda diperbolehkan untuk membuka bengkel resmi.

Bengkel Umum : Untuk bengkel umum ini sendiri anda tidak perlu meminta ijin kepada para Brand motor terkenal, cukup dengan menyediakan berbagai Komponen yang diperlukan untuk perbaikan sepeda motor dan juga mempersiapakan sperpart motor yang sesuai dengan merknya sudah cukup bagus untuk modal bisnis bengkel anda sendiri. Buka di depan rumah atau juga bisa membukanya di tempat lain sesuai dengan lokasi yang lebih strategis.

Bengkel Tune Up : Kemudian yang ketiga ini lebih berbeda lagi dengan kedua versi dari bengkel resmi dan bengkel Umum, untuk jenis bengkel Motor Tune Up ini merupakan spesialis bengkel yang mampu menambah dan mengurangi komponen pada motor atau lebih kerennya bisasanya disebut dengan Modifikasi Motor tidak menjadi standar lagi. Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah jago dalam modifikasi kendaraan kususnya motor.

2. Teniksi dan manajemen Bengkel

Kemudian yang kedua agar bengkel kamu lebih berkualitas dengan pelayanan yang lebih memuaskan untuk para Pelanggan tentu saja kamu membutuhkan seorang teknisi yang handal baik di bidang tertentu. Nah untuk itu carilah teknisi yang handal dengan membuka sebuah peluang usaha baik di surat kabar dan lain sebagainya sebagai media promosi dan Test seperti apa saja cara kerja mereka apakah mereka cukup pandai dan ramah dalam bekerja. Kemudian di sambung dengan manajemen bengkel yang kalian buat itu seperti apa sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik tanpa adanya masalah sedikitpun. Tetapkan terlebih dahulu manajemen bengkel kalian sebelum kalian membangunnya.

3. Peralatan dan perlengkapan kerja bengkel

Kemudian yang ketiga agar lebih berkualitas lagi mungkin peralatan dan juga perlengkapan kerja harus benar-benar komplit untuk setiap kendaraan Yang ada sehingga para calon pelanggan merasa tidak kecewa dan suatu saat mereka akan datang kembali karena mempercayakan kendaraannya kepada anda.

Perlu kalian pahami bahwa membuka bengkel Motor itu tidak mudah, butuh yang namanya manajemen pada proses Service yang baik, pemasaran yang baik dan juga kepercayaan dari para pelanggan mengenai bengkel anda. Nah itulah beberapa tips paling benar untuk membuka sebuah bengkel Motor yang lebih berkualitas. Terimakasih sudah berkunjung ke Otosemi, semoga informasi ini bisa berguna untuk kalian semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*