Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan, Yuk Merapat! (Part 2)

Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Salam sobat oto, sudahkah Anda mengecek kendaraan hari ini? Menghadapi musim yang tak tentu seperti ini memang sedikit merepotkan. Pasalnya, bukan hanya manusia yang mudah atau rawan terinveksi penyakit, namun juga kendaraan khususnya kendaraan bermesin bisa “sakit”. Untuk itu, mari lanjutkan pembahasan sebelumnya tentang tips merawat mobil saat musim hujan seperti sekarang ini!

Pada artikel sebelumnya yang berjudul Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan telah membahas mengenai cara mudah membersihkan mobil saat musim hujan. Sebelum melanjutkan pembahasan selanjutnya, masih dalam topic yang sama tentunya, review sedikit tak da salahnya, kan? Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya, membersihkan mobil tak lebih dari tiga hari setelah terkena air hujan, membersihkanya dan beberapa tips penting lainnya.

Tak cukup hanya dengan menjaga kebersihan bodi mabil saja ya sobat oto, menjaga keadaan mesin dan sperpat lainnya juga tak kalah pentingnya. Sebab, jika salah satu saja komponen mesin tidak berfungsi dengan baik tentunya akan mengganggu performa mobil yang berdampak juga pada mobilitas Anda. Untuk itu, pembahasan kali ini akan difokuskan pada bagaimana sih tips merawat mesin mobil yang benar saat musim hujan. Langsung simak di bawah ini ya Pall!

(Bagian 2) Merawat Mesin Mobil

  • Gunakan Contact Cleaner

Pada saat hujan, air sangat rawan untuk masuk melalui celah terkecil sekalipun di bagian mesin mobil. Tentu saja, jika hal ini terjadi, maka mesin akan mudah rusak dan mobil Anda bisa saja berakhir di bengkel. Untuk mengantisipasi masuknya air ke dalam komponen mesin mobil, sobat oto bisa menggunakan contact cleaner. Gunakan contact cleaner khusus di bagian mobil yang telah menggunakan system elektrik. Alat satu ini dapat mencegah terjadinya arus pendek yang bisa menyebabkan mobil mogok. Aduh, jangan sampai mogok ya sobat oto!

  • Cek Sperpat Mobil secara Berkala

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan ketika merawat “kesehatan” mobil ialah dengan rajin mengecek dan memberishkan bagian-bagian mobil terutama yang berhubungan dengan saluran bahan bakar secara berkala. Sebenarnya, tips membersihkan mobil yang satu ini tidak hanya wajib dilakukan saat menginjak musim hujan saja, ya, tapi juga rutin harus dilakukan setiap hari. Cek bagian saluran, tangki bahan bakar, dan saringan yang memungkinkan lewatnya air. Ini dilakukan untuk antisipasi agar bahan bakar tak tercampur air. Tips merawat mobil ini sangat penting untuk dilakukan. Jadi, jangat sampai melewatkanya ya, all.

  • Periksa Sistem Listrik Mobil

Mobil digerakkan dengan menggunakan listrik yang berasal dari bahan bakar misalnya bensin atau solar. Jika sistem listrik mobil Anda terganggu, pastilah akan mengganggu mobilitas Anda. Periksalah setiap kabel yang ada barangkali ada yang tidak berfungsi atau mengelupas, atau kendor. Jangan lupa juga untuk memeriksa instrumen switch lamp, ya. Kerusakan atau malfunction dari salah satu komponen sistem listrik bisa memicu arus pendek yang juga bisa menyebabkan mobil mogok.

Bagaimana sobat oto? Tentu sangat mudah bukan untuk melakukan tips merawat mobil saat musim hujan ini. Alangkah baiknya jika Anda mulai mengantisipasi kejadian terburuk dengan melakukan beberapa hal termasuk yang di atas. Usahakan jangan sampai menunggu mobil masuk bengkel, ya! Selamat berkendara sobat oto, semoga mobilitas Anda hari ini lancar dan tak ada hambatan lagi meski hujan turun.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*