Tips Rawat Mobil saat Musim Hujan, Yuk Merapat! (Part 1)

Mencuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan

Tips merawat mobil-Menghadapi musim yang tak bisa diprediksi seperti sekarang ini, kita secara tidak langsung dituntut untuk selalu siap siaga. Bukan hanya persiapan untuk daya tahan tubuh agar tak terserang penyakit saja, namun juga persiapan untuk barang-barang pribadi termasuk kendaraan yang ada di rumah atau di kantor.

Layaknya tubuh manusia, mesin membutuhkan perawatan tertentu agar tak mudah rusak dan masuk bengkel, terutama saat musim hujan. Bagi sobat oto yang tinggal di kawasan rawan bencana banjir, harus lebih waspada ya. Tak ingin bukan mesin mobil kesayangan terendam air? Untuk itu, yuk tengok tips merawat mobil saat musim hujan seperti ini!

(Bagian 1) Membersihkan Mobil

Setelah mobil kehujanan, jangan lupa perhatikan dan lakukan hal-hal berikut ini, ya:

  • Cuci Mobil setelah Terkena Air Hujan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga mobil kesayaan agar tak cepat rusak saat terkena air hujan adalah dengan mencuci mobil setelah kehujanan. Sebagian perangkat dan komponen penyusun mobil terbuat dari besi, sedangkan air hujan mengandung garam yang bisa menyebabkan besi komponen penyusun berkarat. Jangan membiarkan mobil yang sudah terkena air hujan lebih dari tiga hari, ya. Tentunya Anda tak mengingkan velg dan komponen mobil lainnya berkarat bukan?

  • Basahi Sebelum Mengelap

Selain mengandung garam, hujan yang turun dan membasahi mobil juga mengandung butiran-butiran pasir halus. Saat Anda hendak mencuci mobil, jangan lupa untuk membasuhnya terlebih dahulu, bisa dengan cara menyemprot atau mengguyur mobil dengan air. Tips merawat mobil ini penting dilakukan untuk menghindari timbulnya bekas-bekas goresan yang tak bisa hilang dan bisa mengurangi keindahan mobil kesayangan Anda.

  • Cuci Bersih Seluruh Bagian Mobil

Setelah melakukan tips membersihkan mobil yang ke dua, pastikan Anda mencuci semua komponen mobil, termasuk bagian engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dan semua perangkat penyusun lainnya. Agar bersih, jangan lupa untuk menggunakan sampo berbusa rendah untuk membantu menghilangkan kotoran yang tak bisa hilang dengan dibasuh air saja.

  • Jangan Terlalu Lama saat Mencuci Mobil

Apakah Anda termasuk orang yang suka mencuci mobil lama-lama? Niat hati ingin membuat mobil kesayangan jadi kinclong dengan mencucinya lama-lama, namun sebenarnya melakukan hal ini bisa mengurangi perfoma mobil Anda, lho. Mencuci terlalu lama bisa menyebabkan timbulnya bercak air atau air campuran shampoo yang digunakan saat mencuci. Cara mencuci yang benar yakni dengan membasahi sebagain demi sebagian kemudian baru dibersihkan dengan shampoo demikian demi sebagian.

Cara-cara di atas bisa Anda lakukan untuk menjaga mobil Anda agar tetap bersih dan nyaman untuk dipakai. Hey, tunggu dulu, don’t forget for read bagaimana dengan cara merawat mobil agar performa tetap prima meskipun diguyur hujan? Yuk, baca artikel selanjutnya!. Cara Merawat Mobil Ketika Hujan (Part 2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*