Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Mudik merupakan kegiatan atau sudah menjadi kebiasaan setiap orang yang ada di Dunia ini untuk pulang ke kampung halaman pada saat musim libur datang ataupun pada saat menjelang hari raya baik itu hari raya orang khatolik, hari raya orang kristen, Hindu, Budha dan juga orang muslim. Mudik bisa berbagai macam cara bisa menggunakan sepeda motor, kemudian menggunakan mobil, kereta api, Kapal laut dan juga bisa menggunakan pesawat, tapi disini saya hanya akan membahas mengenai Tips aman mudik menggunakan sepeda motor. Kita sering lihat di TV atau berita bahwa tingkat kecelakaan pada saat orang mudik jauh lebih tinggi dibandingkan pada hari-hari biasa, ini membuktikan bahwa kita harus benar-benar paham mengenai Tips mudik yang benar dan tentu saja harus sesuai dengan peraturan yang berlaku terutama menaati peraturan lalu lintas dan juga dijalan. Nah sahabat otosemi untuk itu saya akan memberikan beberapa tips mudik aman untuk kalian itu seperti apa demi keselamatan kalian nantinya, seperti pesan para Polisi “Keluarga menanti kalian dirumah”.

Tips mudik aman menggunakan sepeda motor :

  1. Cek kondisi mesin Motor

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan mengecek kondisi atau keadaan motor anda baik dari mulai mesin motor, kemudian keadaan ban motor , kelistrikan motor dan lain sebagainya, jika perlu anda bisa mengecek semuanya agar kendaraan anda tetap memiliki performa yang bagus ketika dibawa untuk pulang mudik.

  1. Cek barang bawaan

Kemudian yang kedua yaitu dengan mengecek barang bawaan anda, jika bisa jangan terlalu membawa barang yang berlebihan sehingga tidak membuat tekanan ban Motor menjadi lebih berat hal ini dilakukan agar tidak terjadi kebocoran ataupun ban kempes pada saat di jalan raya, berat maksimal untuk kendaraan bermotor baik itu sendiri atau berdua yaitu sekitar 145 Kg, jadi hitung saja jika bobot pembonceng dan yang dibonceng sekitar 130 Kg maka barang yang wajib untuk anda bawa yaitu sekitar 15 Kg saja. Itupun sudah cukup berat untuk motor anda, jadi sesuaikan sendiri dengan kondisi tekanan ban kendaraan motor anda yah agar tidak terjadi kebocoran ataupun kempes pada saat dijalan raya.

  1. Perhatikan kondisi kelistrikan

Kemudian yang ketiga yaitu dengan memperhatikan kondisi kelistrikan dari motor anda baik itu mulai dari lampu Utama atau lampu LED, juga lampu-lampu lainnya karena ini sangat penting pada saat anda mudik di waktu malam hari dan juga sebagai tata cara peraturan lalu lintas bahwa disiang hari lampu utama juga harus menyala. Kemudian untuk bagian klakson pastikan juga berfungsi karena klakson ini mempunyai fungsi untuk memberitahukan kepada pengendara lain baik pada saat anda hendak mendahului dan juga memberitahukan bahwa kendaraan lain sedang dijalur yang salah. Kemudian untuk bagian starter juga harus anda cek dengan baik kalau starter mati kemungkinan besar baterai atau AKI anda sedang kehabisan daya dan perlu pergantian ulang.

  1. Perlengkapan Berkendara

Kemudian yang keempat yaitu mengenai perlengkapan yang anda gunakan, pada dasarnya keamanan dalam berkendara juga tergantung dari perlengkapan yang anda gunakan baik itu mulai dari jenis baju yang anda gunakan dilengkapi dengan menggunakan jaket kulit, kemudian menggunakan celana Jean panjang, terus untuk kaki bisa menggunakan sepatu dan juga bisa mengenakan sarung tangan. Pada bagian kepala anda harus wajib menggunakan helm, kerena Helm ini akan melindungi bagian tubuh anda yang paling vital. Maskerpun juga tak luput harus anda bawa berserta kaca mata jika perlu. Semuanya sudah lengkap pastinya mudik anda akan aman dan sampai di tujuan kampung halaman.

  1. Jangan lupa bawa surat-surat kendaraan dan SIM

Nah ini yang paling sering menjadi masalah untuk para pengendara motor, entah lupa atau bagaimana kadang mereka lupa dalam berkendara tidak membawa STNK ataupun SIM yang gunanya sebagai identitas untuk motor anda sendiri. Lebih baik persiapkan terlebih dahulu sebelum keberangkatan anda menuju kampung halaman. Jika tidak bisa jadi perjalanan anda terhambat dalam waktu yang cukup lama juga.

  1. Bawa mantel jika perlu

Yang keenam jangan lupa juga untuk membawa mantel, mantel ini berfungsi pada saat musim hujan tiba agar pakaian anda tidak basah. Terlebih jika anda mambawa barang yang mudah basah baik itu makanan dan barang penting lainnya untuk keluarga anda. Seperti pepatah yang berkata “Sedia payung sebelum hujan “.

  1. Siapkan dana lebih

Menggunakan motor sebagai kendaraan untuk mudik tentu saja juga membutuhkan dana yang lebih agar persiapan seperti makan, bensin dan keperluan lainnya masih bisa terpenuhi dengan mudah. Kalau anda membawa uang atau dana yang ngepas bisa jadi anda tidak sampai ke tempat tujuan, bisa saja perhitungan atau perkiraan anda salah. Maka siapkan dana lebih untuk perjalanan anda.

  1. Fisik harus Fit

Sebelum anda berangkat mudik mungkin 1 hari sebelum keberangkatan anda bisa berolahraga sebentar untuk merilekskan otot-otot anda agar nantinya pada saat mebawa motor tangan, kaki, leher dan juga bahu tidak kaku atau terasa kencang. Berolahraga sangat penting sebelum anda melakukan perjalanan jauh. Dengan berolahraga tubuh anda akan lebih sehat, lebih Fit, dan juga lebih siap untuk bekerndara dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Pastinya setelah itu anda akan terasa lebih nyaman.

  1. Jika memungkinkan Gunakan Motor Besar

Kalau anda mempunyai 1 anak dan sudah cukup besar mungkin anda bisa menggunakan motor yang sedikit lebih besar atau motor gede seperti Hoda Megapro, Vixion, atau juga bisa menggunakan motor gede lainnya, mengapa demikian ? Karena jenis motor ini jok yang di tumpangi lebih panjang dari pada jenis motor matic yang hanya cukup untuk 2 orang, kecuali jika anda belum mempunyai anak mungkin masih bisa naik motor jenis motor bebek dan motor matic.

  1. Jangan lupa berdoa

Kemudian untuk keamanan anda pada sata dijalan raya alangkah lebih baiknya jika anda dan keluarga meminta perlindungan dan berkat kepada Tuhan agar perjalanan anda aman dan di berkati hingga sampai tujuan yaitu kampung halaman. Tuhan pasti akan mendengarkan doa anda dan untuk keselamatan keluarga anda. Berdoa tentu saja akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan juga lebih nyaman pada saat berkendara. Tambahan juga jika anda sudah lelah jangan paksakan untuk terus melaju, istirahatlah sebentar saja mungkin bisa 10 menitan, sambil ngopi dan lain-lain.

Nah itulah beberapa tips dari Otosemi bagaimana tips mudik aman menggunakan sepeda motor. Selamat mudik dan semoga selamat sampai tujuan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke situs otosemi untuk mendapatkan informasi mengenai dunia otomotif dan sekitarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*