Tips Mudah Membuat Charge Handphone di Motor

Halo sahabat otosemi, kali ini saya ingin memberikan sedikit tips bagaimana membuat Charge di Motor dengan mudah, yang mana banyak sekali motor yang kita lihat dijalan menggunakan charge dimana kadang bisa membantu kalian pada saat smartphone kalian kehabisan daya baterai. Nah kalau kalian ingin tahu bagaimana cara membuat Charge Di motor anda mari langsung saja kita bahas yah, mana kadang kebutuhan smartphone setiap orang sudah menjadi kebutuhan Pokok , baik untuk keperluan GPS dan juga untuk kebutuhan Komunikasi lainnya. Nah kalau begitu kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang digunakan yah sahabat otosemi.

Bahan-bahan untuk membuat Charge Smartphone di Motor anda :

  • PCB matrik : Digunakan untuk menyambungkan pada bagian kelistrikan nantinya..
  • IC 7812 dan 7805
  • Kapasitor elco 2200uf/25v dan 220uf/16v
  • saklar
  • sekring
  • kabel
  • Box
  • USB (bisa menggunakan USB bekas)

Nah teman-teman pasti masih bingung dengan cara pemasangannya di Motor bukan ? Tenang saja nanti saja akan langsung memandunya dengan mudah sehingga kalian lebih paham dengan cara membuat Charge Motor dengan menggunakan Bahan-bahan yang ada diatas. Berikut cara pemasangan atau pembuatan charge motor untuk smartphone anda. Sehingga pada saat smartphone anda kehabisan daya baterai anda dengan mudahnya mengisi ulang dengan menggunakan charge di motor. Simak cara pembuatannya.

Langkah-langkah pembuatan charge motor dengan mudah dan praktis :

  • Langkah pertama silahkan anda siapkan terlebih bahan yang pertama yaitu PCB Matrik, dimana alat ini sangat penting atau kompenen pertama yang harus ada karena berguna untuk menyambungkan kelistrikan nantinya, silahkah lihat gambar dibawah ini untuk memahami saluran kelistrikan yang saya maksudkan. Setelah itu anda bisa solder rangkaian yang sudah anda buat dengan serapi mungkin dan juga pastikan anda membuatnya dengan menggunakan tembaga putih yang baru.

Lihat gambar dibawah ini supaya lebih jelas lagi : Lihat rangkaian yang saya maksudkan diatas.

Rangkaian PCB Matrik Charge Smartphone

Nah anda bisa melihat bahwa susunan tersebut merupakan susunan yang bisa digunakan untuk mengalirkan Listrik nantinya pada sumber listrik dari ACU. Yang mana nanti bisa memberikan sumber listrik pada smartphone yang anda charge. Kita lanjut kelangkah berikutnya jika langkah ini sudah bisa.

  • Kemudian langkah berikutnya anda bisa memasang sekring dan juga In masuk kabel USB yang sudah anda siapkan, jangan lupa juga untuk Kabel Out yang nantinya untuk colokan kabel ke Hp.
  • Yang harus anda perhatikan dengan baik yaitu mengenai kabel USB, dimana kabel ini memiliki 4 kaki yang harus anda ketahui, yang pertampada bagian kanan yaitu (+) dan pada bagian kaki kiri sendiri yaitu (-) kemudian 2 kaki yang ada di tengah tidak berfungsi sama sekali.
  • Lihat gambar dibawah ini supaya lebih jelas lagi

Bagian Kabel USB

  • Kemudian langkah berikutnya yaitu dengan memasukkan semua rangkaian yang sudah anda buat tadi dalam sebuah Box agar lebih terlihat rapi dan juga enak untuk di pandang. Silahkan langsung uji coba untuk mencharge smartphone anda dengan posisi motor on namun mesin tidak di nyalakan.

Nah itulah beberapa tips membuat charge Motor untuk mencharge smartphone di motor anda dengan mudah, sehingga kalian tidak perlu kebingungan jika daya baterai smartphone anda habis dan pastinya perjalanan anda tetap aman dan juga nyaman. Selamat mencoba sahabat otosemi, semoga artikel ini bisa berguna untuk anda dan juga bisa menjadi referensi yang tepat bagi kalian yang ingin memasang charge Hp di motor. Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*