Tips Merawat AC agar Tak Cepat Rusak

Ingin AC Teteap Awet? Jangan lewatkan tips and trick berikut ya Sobat Oto!

AC Mobil

Untuk kenyamanan saaat mengemudi, semua kendaraan bermotor dilengkapi dengan aksesori-aksesori tambahan, baik bawaan dari produsen mobil maupun aksesori tambahan sendiri. Salah satu aksesori yang hampir ditemui pada semua merk mobil keluarga adalah AC. AC merupakan bagian terpenting dalam mobil, oleh sebab itu tips merawat AC mobil sangat penting untuk membantu Anda bagaimana merawat AC agar tak mudah rusak.

By the way, sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara merawat AC mobil, ada satu pertanyaan nih. kenapa sih AC merupakan aksesori penting untuk kita (para pengendara mobil)? Begini Sobat Oto, Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, jadi cuaca bisa panas saat musim kemarau. Ditambah lagi, sekarang yang paling musim adalah musim pemanasan global dimana suhu bumi semakin meningkat. Supaya pengemudi tetap bisa fokus dalam berkendara terutama di siang hari, menyalakan AC sangat penting agar tetap nyaman dan bisa terhindar dari kecelakaan.

Nah sekarang, bagaimana sih tips and trick untuk merawat AC mobil agar tak mudah rusak? Jangan lama-lama, check this out ya, Guys!

  • Matikan AC saat Mesin Mobil Mati

Poin pertama yang sangat penting untuk diingat adalah jangan lupa untuk menekan tombol turn off atau off untuk mematikan AC mobil saat Anda berhenti dan mematikan mobil. Kebiasaan membiarkan AC menyala saat mobil dimatikan memang terkesan remeh, namun justru hal ini sering dilakukan. Jika Anda lupa mematikan AC, pada saat mobil distarter, AC akan langsung bekerja dan secara otomatis akan meningkatkan kebutuhan listrik untuk menghidupkan mobil.

Akibatnya, jika hal tersebut terus menerus dilakukan akan menyebabkan kerusakan aki lo Sobat Oto. Wah gaswat tuh kalau aki rusak, bisa-bisa mobil tak mau dihidupkan. Bukan hanya itu loh, akibat masuknya arus listrik yang tidak stabil, juga akan berdampak buruk pada sistem kelistrikan pada AC yang menyebabkan AC cepat tak berfungsi alias r-u-s-a-k. So, jangan lupa matikan AC ya sebelum keluar dari mobil!

  • Hindari Membuka Jendela saat AC Menyala

Tips merawat AC mobil yang harus Anda perhatikan adalah jangan terlalu lama membuka jendela saat sedang menyalakan AC. Kebiasaan ini nih, yang juga banyak dilakukan. Biasanya, karena sangking panasnya, pengemudi atau para “penumpang” mencoba membuka jendela sembari menyalakan AC untuk mendapatkan angin. Alih-alih rasa gerah hilang, yang ada malah Anda mempercepat kerusakan mobil kesayangan.

Membuka jendela terlalu lama saat AC menyala akan menambah beban kerja kompresor. Kompresor akan bekerja keras untuk membuat suhu kabin mobil agar mencapai titik ideal. Oleh sebab itu, hindari membuka jendela saat AC menyala atau jika ingin membuka jendela, lebih baik matikan AC terlebih dahulu.

  • Jangan Merokok di Dalam Mobil saat AC Menyala

Sobat Oto, ternyata merokok itu bukan hanya tidak baik untuk kesehatan lo, tapi juga tidak baik untuk AC mobil Anda. Kenapa bisa demikian? Alasannya karena, asap rokok yang bergulung-gulung dan berbahaya itu bisa membuat filter kabin dan evaporator mobil Anda jadi cepat kotor. Jika hal tersebut terjadi, maka tentunya akan menggangu kinerja mobil Anda dan Anda akan merasa tak nyaman sebab udara yang masuk tidak segar.

Selain itu, asap rook yang tingkat kerapatannya lebih tinggi dibandingkan udara akan memeras kinerja kompresor. Jika terus dilakukan, dikhawatirkan akan membuat salah satu komponen utama mobil tersebut rusak dan mobil tak bisa dihidupkan.

Nah, bagaimana Sobat Oto mengenai tips merawat AC di atas? Sederhana bukan? Tips di atas memang lebih condong ke arah kebiasaan kali ya. Namun, justru karena itu, jika Anda selalu melakukan salah satu kebiasaan buruk di atas, cobalah perlahan untuk mengubahnya agar AC mobil awet dan Anda sekeluarga tetap nyaman saat berkendara. See you Sobat Oto!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*