Tips Menjaga Mesin motor Agar Tidak Mudah Panas ( Over Heating)

Motor Sedang Alami Overheating
Contoh Mesin Motor Alami Overheating

Sering kali kita menemukan mesin motor yang cepat sekali panas karena beberapa hal seperti terlalu lama berjalan di jalan raya atau juga karena karburator yang kotor. Namun semua itu akan saya bahas di artikel kali ini, nah sahabat otosemi kalau kalian punya motor tentu saja kalian harus bisa merawatnya dengan baik bukan ? lantas bagaimana cara merawat motor agar tetap awet dan juga tahan lama terlebih mesin motor yang tidak cepat panas. Lantas bagaimana caranya ? langsung saja simak ulasannya dibawah ini yah kalau ingin mesin motor kalian tidak lekas panas. Berikut penjelasannya dari saya :

Tips menjaga mesin motor agar tidak lekas panas :

  • Hindari beban yang berlebihan

Yang pertama kali dan perlu kalian perhitungkan sebelum kalian berpergian atau melakukan Touring jarak jauh maka kalian pertimbangkan terlebih dahulu beban yang hendak kalian bawa, jangan sampai beban yang kalian bawa terlalu berlebih. Untuk itu tetap sesuaikan dengan beban standar motor yaitu sekitar 145 Kg sampai 150 Kg, untuk itu sesuaikan dengan panduan motor anda yah agar tidak terlalu menahan beban yang berat. Ok sahabat otosemi.

  • Rutin Ganti Oli Motor

Kemudian yang kedua yaitu anda harus rutin mengganti oli motor anda , apa hubungannya dengan mesin yang cepat panas ? tentu saja ada hubungannya. Salh satunya kita lihat kembali fungsi dari oli sendiri untuk apa, oli digunakan sebagai netralisir untuk mendinginkan gesekan yang terjadi antara mesin kendaraan anda sehingga keadaan suhu tidak terlalu panas dan membuat mesin menjadi lebih baik lagi performanya, untuk itu kalian harus rutin mengganti Oli dan juga sesuaikan dengan prosedur yang ada.

  • Perhatikan kondisi Piston motor

Yang selanjutnya yaitu perhatikan juga kondisi Piston motor anda, jika keadaan piston motor terlalu rapat bisa jadi membuat mesin menjadi lebih panas dari biasanya, jika kondisi Piston yang terlalu rapat juga bisa membuat mesin kendaraan anda menjadi cepat rusak dan juga membuat kinerja mesin menjadi terhambat.

  • Bersihkan silinder

Kemudian yang keempat untuk menjaga kondisi mesin kendaraan anda menjadi lebih dingin coba anda bersihkan terlebih dahulu pada bagian silinder mesin, dimana pada bagian ini komponen penting juga sangat perlu di perhatikan. Kalau kondisi silinder mesin anda kotor bisa jadi pelepasan bahan bakar tidak terjadi secara maksimal dan bisa membuat keadaan mesin menjadi lebih panas dari biasanya. Untuk itu perhatikan juga kondisi silinder yang mana dengan membersihkan silinder bisa membuat kinerja mesin menjadi lebih baik dari pada tidak sama sekali.

  • Panasi motor setiap saat di pagi hari

Kenapa mesin motor lekas panas pada saat dibawa berkendara ? itu juga pengaruh pada saat pertama kali mesin motor di nyalakan tanpa di panasi terlebih dahulu sehingga pengapian tidak berjalan dengan baik pada saat keadaan mesin menjadi dingin, nah alangkah lebih baiknya sebelum anda menggunakan motor anda untuk berkendara alangkah lebih baiknya kalau anda memanasi motor terlebih dahulu di pagi hari agar mesin motor menjadi lebih panas dan pengapian bisa dilakukan dengan sempurna.

Nah itulah beberapa tips agar mesin motor anda tidak lekas panas pada saat dibawa berkendara jarak jauh. Terimakasih sudah berkunjung jangan lupa untuk terus pantengin artikel di situs ini yah. Jangan lewatkan ulasan Benarkah, Cat Motor Bisa Rusak Akibat Faktor Alam?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*