Ini Lho, Tips Menjaga Keselamatan Ibu Dan Anak Dalam Mobil

9 Tips Menjaga Keselamatan Anak dan Ibu Ketika Mengemudikan Mobil

Tentu saja menjadi seorang ibu sangatlah sibuk untuk mengurus anak yang masih kecil, bagaimana tidak seorang ibu yang harus mengemudi untuk mengantar anaknya baik itu kesekolah dan ketempat-tempat lainnya tentu saja sangat bersiko besar di jalanan. Nah sahabat otosemi untuk kali ini kita akan membicarakan sedikit beberapa Tips keselamatan menjaga ibu dan anak di jalanan agar tetap aman dan juga tidak terjadi hal-hal yang sama sekali tidak di inginkan. Kita tahu bahwa sering kali kita melihat banyak kecelakaan baik itu kecelakaan tunggal dan kecelakaan ganda di lakukan oleh ibu-ibu. Hal ini membuktikan bahwa peran penting dalam berkendara itu seharusnya di pegang oleh seorang ayah sehingga tetap Fokus di jalanan. Tapi di sini saya punya beberapa Tips yang mungkin bisa memberikan sedikit amanah kepada para ibu-ibu yang berkendara menggunakan mobil agar tetap Fokus ke depan jalan.

1. Jika sedang hamil

Nah hal pertama ini berkaitan dengan ibu-ibu yang sedang hamil. Tentu saja menjadi ibu yang hamil sama sekali tidak mudah. Apa-apa harus berhati-hati demi melindungi si janin yang masih ada dalam kandungan. Melindungi janin yang masih dalam kandungan perlu perlakuan khusus agar tidak terjadi sesuatu yang sama sekali tidak kita inginkan, misalnya saja pada saat berkendara anda bisa memposisikan diri anda dengan nyaman dan tenang di dalam mobil, Gunakan sabuk pengaman sebagai keamanan anda, bila sempat ajaklah suami anda untuk mengantar anda baik itu berbelanja, ke salon dan ke rumah sakit untuk check Up. Pastikan juga bahwa anda membawa mobil dengan hati-hati, alangkah lebih baiknya jika pelan saja dan tetap Fokus dengan keadaan lalu lintas yang ada. Jangan sampai lengah sekalipun.

2. Gunakan kursi khusus bayi

Gunakan Kursi Khusus Bayi Agar AmanKemudian yang kedua untuk melindungi anak anda yang masih bayi di dalam mobil mungkin anda bisa membelikannya sebuah kursi yang memang digunakan untuk khusus bayi duduk. Sehingga bayi lebih nyaman dan tenang dan tidak menggangu konsentrasi mengemudi anda. Pastikan juga anda mendekatkan si bayi dengan anda sebagai ibunya, biasanya bayi yang jauh dari pandangan ibunya mereka akan segera menangis, hal ini bertujuan agar si bayi tidak menggangu konsentrasi anda. Dengan adanya kursi bayi ini juga anda tidak hilang fokus karena keamanannya sehingga tetap aman-aman saja. Yang paling penting di sini bagaimana cara anda bisa membuat bayi anda senyaman mungkin pada saat di dalam Mobil.

3. Jangan memangku bayi

Pada saat anda mengendarai mobil hindari meletakan Anak anda pada pangkuan anda, lebih baiknya seperti Point nomor 2 membelikan kursi khusus untuk bayi anda duduk. Karena jika anda mendudukan bayi pada paha anda bisa jadi konsentrasi anda juga akan terganggu baik itu karena bayi yang bergerak terus menerus dan juga menangis. Selain menggangu konsentrasi anda hal seperti itu juga akan menggangu penglihatan anda ke jalan yang anda lalui sehingga anda tidak akan tahu jalan bagus yang mana dan jalan rusak yang mana. Terlebih untuk keamanan dan peraturan dalam mengemudi sendiri sangat dilarang demi keselamatan anda.

4. Aktifkan kunci keamanan anak

Kemudian yang keempat jika anak anda sudah cukup besar mungkin anda bisa meletakan anak anda di kursi mobil bagian belakang, namun ingat karena anak anda sudah pandai bergerak sana Ini pastikan anda sudah mengaktifkan kunci keamanan anak yang terdapat pada mobil yang berfungsi untuk mengunci Pintu mobil secara otomatis sehingga anda tidak dengan mudah bisa membuka Pintu tersebut. Hal ini bertujuan agar anda tidak jatuh dari mobil dan biasanya ibu-ibu jarang mengunci pintu belakang mobil sehingga anak-anak penasaran dan mencoba untuk membukanya. Pastikan hal tersebut sama sekali tidak terjadi. Atau mungkin anda bisa mengajak asisten pembantu anda untuk menjaga sang anak di kursi belakang sehingga tetap terkontrol dengan baik dan ada pengawasan. Dengan begitu anda tetap Fokus pada mengemudi.

5. Simpan benda-benda

Simpan juga benda-benda yang berserakan di dalam mobil yang nantinya bisa mencelakakan anak anda, pastikan bahwa benda-benda tersebut tidak mudah untuk ditelan atau dimakan anda. Biasanya mobil penuh dengan benda-benda asing yang mungkin bagi sang anak sangat menarik sehingga mereka tidak tahu apa yang mereka makan, jika hal ini terjadi bisa saja anda mengemudikan mobil dengan sangat kacau karena panik dan sebagainya. Untuk itu sebelum anda membawa anak anda ke mobil periksa terlebih dahulu benda-benda yang berserakan pastikan mobil dalam keadaan aman dan rapi.

6. Bukan arena bermain

Mungkin benar bawa mobil merupakan kendaraan yang cukup besar untuk seorang anak, namun perlu anda ingat juga bahwa mobil bukan tempat Atau arena untuk bermain anak-anak anda, mobil merupakan kendaraan umum yang digunakan untuk berpindah dari satu tempat ketempat lain layaknya kendaraan umum lainnya. Jadi anda bisa mengkondisikan sewaktu di dalam mobil, jika anak anda sudah bisa di nasehati, nasehatilah dia supaya tetap tenang di dalam mobil dan nasehati juga jangan menggangu anda pada saat anda sedang mengemudi.

7. Buat anak-anak anda sibuk

Yang ketujuh yaitu dengan membuat anak-anak sesibuk mungkin baik mereka bermain sesuatu yang Aman dari anda, atau anda bisa memberikannya makanan yang baik untuk anak-anak anda. Jika anak anda sudah sedikit besar dan sudah bisa anda nasehati mungkin anda bisa memberikan sesuatu seperti buku yang ada gambar-gambarnya sesuai dengan kesukaan anak anda sehingga mereka sibuk memainkan hal yang lebih positif dari pada harus begerak sana sini Menggangu konsentrasi anda.

8. Hindari menggunakan Hp pada saat mengemudi

Hal yang paling dilarang untuk para pengendara mobil termasuk ibu-ibu yaitu jangan sekali – kali menggunakan Hp atau gadget pada saat anda mengemudikan Mobil, anda hanya mempunyai waktu untuk menghindari kecelakaan hanya sekitar 6 detik pada saat anda mengetikan SMS di Hp. Sehingga kejadian seperti itu sangat tidak mungkin orang bisa selamat dari kecelakaan. Untuk itu hindari penggunaan Hp atau gadget yang bisa menggangu konsentrasi anda dalam mengendarai mobil. Simpan dan matikan Hp anda bila perlu dan fokus menyetir.

9. Perhatikan sekitar anda

Perhatikan juga sekitar kendaraan anda, biasanya yang paling ramai anak-anak yaitu di sekolah kemudian di area pasar. Yang mana biasanya anak-anak sangat senang berlari-lari tanpa memperhatikan sekeliling mereka sepi Atau tidak. Jadi yang harus lebih tanggap dahulu yaitu anda sebagai ibu-ibu yang mengendarai mobil tetap perhatikan didepan, samping kanan kiri dan belakang anda apakah sudah aman atau belum, bila Perlu jalankan mobil dengan pelan-pelan Ana agar tetap aman.

Ok itulah beberapa tips aman untuk keselamatan ibu dan anak pada saat di dalam mobil. Semoga informasi ini bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*