Tips Meningkatkan Performa Mobil Agar Lebih Kencang

Mempunyai mobil sendiri tentu akan lebih menyenangkan, bagaimana tidak ? Kita bisa asyik-asyikan bersama dengan teman-teman, bersama dengan keluarga ke tempat wisata yang indah untuk di kunjungi ataupun ke tempat lain. Kadang fungsi Mobil bukan hanya untuk Jalan-jalan saja, melainkan ada Fungsi lain yang sering kali di lakukan oleh para pemilik mobil yang gemar sekali memodifikasi mobil miliknya menjadi lebih cepat tenagannya dan juga lebih baik di bandingkan dengan mobil yang sama. Ini memerlukan beberapa usaha agar tenaga mobil lebih kencang dari standarnya dan di harapakan bahan bakar yang digunakan juga tidak terlalu boros. Memodifikasi mobil menjadi lebih kencang ada beberapa cara yang harus kalian lakukan, dan tentunya semua itu tidak mudah untuk di lakukan, ada beberapa cara mudah kalau kalian ingin membuat mobil kalian lebih kencang dari standar aslinya.

Ingin tahu bagaimana cara membuat tenaga mobil lebih kencang ? simak ulasannya dibawah ini yah.

1. Kurangi beban dalam mobil

Yang pertama tentu saja kalian bisa mengurangi beban yang ada didalam Mobil kalian, misalnya lepas saja bagian yang sama sekali tidak berguna ataupun hanya membuat mobil kalian berjalan lebih lambat. Semakin berat mobil maka kecepatannya juga akan semakin menurun, lebih baik kalau kalian ingin membuat mobil kalian lebih cepat jangan membawa barang-barang yang berat, terlebih kalau mobil yang kalian modifikasi ini hanya untuk tujuan balapan dan juga iseng-iseng untuk bergaya saja. Nah kalian bisa mengurangi beban mobil, mungkin juga bisa menggunakan atau mengganti velg mobil yang lebih ringan namun kuat, itu jauh lebih baik lagi untuk membuat tenaga mobil lebih kencang dari sebelumnya. Karena bisa saja berat velg mempengaruhi laju mobil di jalan raya.

2. Saringan udara ( Air Filter )

Kemudian yang kedua gunakan saringan udara yang lebih besar, dimana saringan udara yang lebih besar juga lebih bermanfaat untuk menyaring udara yang masuk kedalam penyaringan, Yang mana debu dan kotoran bisa sepenuhnya tersaring dengan bersih sehingga tidak membuat kinerja mesin mobil menjadi lebih berat dari sebelumnya, lebih baik gunakan saringan udara yang lebih besar dari standar ukuran aslinya, dan kalau bisa setiap lubangnya harus lebih padat. Ini bertujuan untuk membuat udara yang masuk benar-benar tersaring dengan bersih dan keadaan komponen dalam sama sekali masih bersih.

3. Modifikasi saluran pembuangan ( Knalpot )

Mungkin anda selalu menganggap sistem pembuangan gas mobil anda yaitu knalpot, yang mana sebenarnya knalpot ini juga mempunyai peranan penting untuk memaksimalkan kecepatan mobil pada saat di jalan raya, semakin besar sistem pembuangan yang ada di knalpot mobil anda maka semakin lancar pula komponen dalam mekanisme kerjanya, jadi perhatikan lagi, kalau anda menggunakan knalpot yang hanya mempunyai lubang besar namun untuk saluran pembuangannya lebih sempit dari aslinya itu sama sekali tidak baik untuk membuat mobil kalian lebih kencang di jalanan.

4. Setting ulang karburator

Kemudian yang keempat yaitu di bagian karburator, yang mana banyak sekali mobil yang menggunakan karburator sebagai pengabut bahan bakarnya, yang mana anda bisa mengubahnya menjadi PJ/MJ untuk menyesuaikan bahan bakar yang masuk sehingga mesin lebih baik dalam pengelolahan bahan bakar dan menciptakan tenaga yang lebih besar lagi.

5. Perhatikan penggunaan Busi dan bahan bakar

Kemudian yang kelima yaitu perhatikan penggunaan Busi untuk kendaraan anda, kalau anda ingin kendaraan anda lebih cepat di jalan raya mungkin anda bisa menggunakan busi baru yang lebih fresh, namun kalau mobil anda masih baru lebih baik jangan di ganti terlebih dahulu. Karena kalau semakin besar pengapian yang dihasilkan oleh busi maka kinerjanya juga akan lebih maksimal. Selanjutnya mengenai masalah bahan bakar yang bisa kalian gunakan. Untuk masalah bahan bakar yang lebih baik untuk kendaraan bermobil mungkin bisa menggunakan bahan bakar yang mempunyai nilai RON tinggi sekitar 90-92 karena mobil memang rata-rata disekitar RON tersebut dan juga mempunyai Nilai OKTAN yang tinggi agar timbal yang dihasilkan juga jauh lebih sedikit, ini juga bertujuan untuk mengantisipasi polusi udara.

6. Gunakan pelumas kendaraan yang bersih dan murni

Kemudian yang keenam jangan lupa menggunakan pelumas kendaraan untuk mobil anda, terlebih pelumas yang benar-benar murni dan masih baru, tujuan pemberian pelumas pada komponen di setiap bagian kendaraan anda yaitu untuk memperlancar kinerja dari setiap komponen yang ada sehingga tidak menimbulkan berisik pada saat dijalanan. Pelumas bisa anda dapatkan di bengkel Umum khusus mobil atau juga di bengkel resmi.

7. Gunakan supercharger

contoh model supercharge pada mobil

Kemudian yang ke tujuh yaitu dengan menggunaan supercharger, yang mana sebenarnya ini hampir mirip dengan Turbochager yang digunakan untuk mendongkrak tenaga, perbedaan dari keduanya di tekanan pada gas buang yang digunakan. Yang mana turbocharger ini memanfaatkan gas buang untuk memutar tekanan angin silindris yang ada dibagian sistem pembuangan sehingga tekanan kedepan lebih cepat di bandingkan gas buang harus lepas ke udara. Jadi fatalnya kalau gas buang sistem kendaraan sama sekali tidak terbuang dengan aman bisa jadi merusak komponen didalamnya, sering kali mobil yang menggunakan turbocharger ini meledak dibagian belakang karena kotoran ataupun pengabut udara panas dan juga komponen terlalu kotor sehingga membuatnya lekas panas dan menimbulkan ledakan, nah kalau perbedaannya sendiri dengan supercharger ini lebih bersih. Hanya memanfaatkan pedal yang ada di bagian gas depan. Supercharger ini tidak di kendalikan oleh gas buang mesin melainkan di kendalikan oleh perputaran mesin sehingga jauh lebih baik di bandingkan penggunaan dari turbocharger.

8. Gunakan Cooler

Dinginkan udara yang masuk ke komponen mobil dengan menggunakan perangkat intercooler, yang mana tugasnya untuk mendinginkan komponen udara masuk ke bagian filter udara. Dimana tugas cooler ini nantinya mendinginkan udara yang masuk terlebih dahulu agar sifatnya yang panas ini menjadi lebih dingin dan juga lebih baik untuk komponen yang ada didalamnya.

9. Tambah Tekanan gas

Kemudian yang terakhir dengan menambah tekanan gas pada mobil, ini sulit untuk di lakukan. Hanya orang-orang yang mempunyai kepandain yang bisa melakukannya. Banyak pengguna mobil balap yang mobilnya sudah termodifikasi dengan cara ini. Saya juga kurang tahu bagaimana caranya, yang pasti cara ini bisa dilakukan oleh orang-orang yang pintar dan tentunya dengan harga yang lumayann tinggi.

Nah itulah beberapa cara termudah kalau kalian ingin membuat tenaga mobil kalian lebih cepat di jalan raya, masih banyak cara yang bisa kalian lakukan. Namun kalau kalian sudah menerapkan cara diatas saya yakin mobil kalian lebih bertenaga lagi. Terimakasih sudah berkunjung. Sampai jumpa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*