Tips Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara Di Jalan Raya

Ingat, 10 Tips Menghindari Kecelakaan Agar Selamat Sampai Tujuan

10 Tips Hindari Kecelakaan Jalan Raya

Sering kali sebagai pengendara lupa akan keselamatan dirinya pada saat berkendara di jalan raya, tentu saja selain mengutamakan tujuan kita juga harus mengutamakan keselamatan saat berkendara. Nah sahabat otosemi, tingkat kecelakaan yang ada di Indonesia khusus untuk lalu lintas sangatlah tinggi baik itu yang tabrakan, menabrak, Jatuh dan lain sebagainya. Banyak faktor kenapa bisa terjadi kecelakaan yang pasti yaitu dari pengendaranya sendiri kondisi tubuh yang kurang Fit, kemudian keteledoran dan Agresif saat berkendara dan masih banyak yang lainnya. Untuk itu kita juga harus paham bagaimana cara aman untuk berkendara, silahkan baca terlebih dahulu di artikel saya mengenai cara aman berkendara. Nah setelah itu kita lanjut ke Tips bagaimana menghindari Kecelakaan di jalan Raya.

Tips ampuh menghindari kecelakaan di jalan raya :

1. Cek kondisi kendaraan anda

Yang pertama yaitu dengan mengecek kondisi kendaraan anda baik itu Mobil maupun Motor, pastikan kendaraan anda kondisinya sehat dan tidak terjadi apa-apa, baik kerusakaan pada komponen mesin dan juga komponen lainnya. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi pada bagian ban kendaraan anda. Apakah sudah tipis atau kempes, kalau kempes maka silahkan isi angin terlebih dahulu jika hendak anda bawa untuk berkendara, kemudian setelah itu cek pada kondisi Pengereman motor, apakah masih serat atau sudah loss, kalau loss mending anda bawa terlebih dahulu ke bengkel untuk di ganti dengan rem kampas yang baru sehingga pengereman bisa optimal pada saat berada di jalan raya.

2. Tentukan posisi terbaik

Kemudian yang kedua yaitu dengan menentukan posisi terbaik pada saat anda mengemudi di jalan raya, posisi yang salah bisa membuat anda tidak nyaman dan membuat tubuh anda merasa capek sehingga bisa menimbulkan kram dan juga letih, ini yang paling berbahaya dan anda paksakan untuk tetap menjalankan kendaraan anda. Posisi yang baik sesuai dengan peraturan yang ada di Buku panduan berkendara baik itu mobil dan juga motor. Kalau anda menggunakan motor, alangkah lebih baiknya anda duduk dengan cara tegap, kepala kedepan, kemudian kedua kali membentuk siku 90 derajat tanpa harus membuka ke dalam leher motor atau membuka lutut lebih lebar. Kalau anda menggunakan Mobil pastikan posisi duduk anda sudah nyaman, jangan duduk miring atau terlalu nyantai.

3. Jaga kesehatan mata anda

Untuk anda yang suka berpergian jauh baik itu ke tempat kerja atau selalu menggunakan kendaraan untuk ke tempat tujuan anda maka lebih baiknya anda harus menjaga kesehatan mata anda, mata sangat penting untuk melihat kondisi lalu lintas yang ada di depan anda, untuk itu selain menjaga kondisi mata dengan cara jangan tidur terlalu larut malam atau bergadang juga bisa meminum Jus wortel yang mempunyai kandungan Vitamin A dan cocok untuk membuat mata anda terlihat lebih jernih, jika anda menggunakan motor dan membuka helm tentu mata anda akan terkena debu, lebih baik anda membawa obat mata jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya sudah siap sedia.

4. Paskan kaca spion dengan posisi yang tepat

Kemudian yang keempat yaitu dengan menyetel posisi kaca spion dengan jelas sehingga tepat pada saat anda melihat kaca spion sudah mengarah ke belakang, sehingga anda lebih mudah melihat kondisi lalu lintas yang ada di belakang anda baik itu mobil yang lewat, motor, orang lain sebagainya, karena kaca spion ini berfungsi sangat penting untuk keamanan anda terlebih bagi para pengendara.

5. Gunakan sabuk pengaman

Nah ini yang biasanya banyak sekali di langgar oleh anak muda yang mengendarai Mobil , yaitu tak mau menggunakan sabuk pengaman, padahal sangat penting sekali menggunakan sabuk pengaman untuk keamanan berkendara, salah satunya jika terjadi apa-apa pada saat anda dijalan raya maka sabuk pengaman ini akan menahan badan anda supaya tidak terbentur ke depan, bayangkan saja kalau anda tidak menggunakan sabuk pengaman apa yang akan terjadi ? Tentu sangat fatal bukan ?

6. Tetap konsentrasi

Kemudian yang keenam yaitu tetap konsentrasi dan fokus ke depan, karena pada saat berkendara jika juga tidak tahu hal-hal apa saja yang akan terjadi, terlebih biasanya banyak sekali orang yang menyebrang jalan tanpa melihat kanan kiri sehingga bisa jadi terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, kalau kita tetap Fokus dan konsentrasi maka hal-hal buruk seperti itu bisa terhindari dengan baik. Jangan lupa minum dan makan yang cukup khususnya untuk kalian yang berkendara ke tempat yang jauh. Dengan menjaga konsentrasi maka anda akan tetap aman di jalan raya.

7. Antisipasi dengan lalu Lintas

Kemudian yang ketujuh yaitu tetap antisipasi dengan keadaan lalu lintas sekitar, jangan sampai lalu lintas disekitar anda mengalami perubahan anda sama sekali tidak mengetahuinya, untuk itu tetap Fokus dan antisipasi dengan lalu lintas yang ada. Jadilah pengemudi yang bijak dan mementingkan keselamatan keluarga anda.

8. Jangan mengoperasikan Smartphone

5 Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan Pengendara Jalan RayaKemudian yang kedelapan hal yang paling di larang untuk para pengendara baik pengendara mobil dan juga motor yaitu jangan sekali-kali mengoperasikan Hp pada saat kalian berkendara, itu sangat tidak baik untuk keselamatan kalian, lebih baik matikan ponsel kalian dan tetap Fokus dengan lalu lintas yang ada didepan kalian, sering kali pemicu terjadinya kecelakaan karena kelalaian para pengguna jalan yang lebih mementingkan smartphone dari pada keselamatan dirinya di jalan raya.

9. Jaga jarak

Kemudian yang kesembilan yaitu dengan cara jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depannya, entah banyak sekali pengendara kususnya mobil yang belum tahu bagaimana pengukuran jarak di depannya, memang itu hal biasa untuk para pengendara mobil yang masih baru atau pemula. Nah untuk itu kuasai terlebih dahulu bagaimana cara jaga jarak dengan pengemudi Lain yang ada di depan sehingga tidak terjadi yang namanya tabrakan dari belakang, walaupun tidak terlalu berbahaya namun merugikan kedua belah pihak juga.

10. Patuhi rambu- rambu lalu lintas

Kemudian yang terakhir yaitu anda harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, kalau tandanya lampu merah maka anda harus patut dan harus lekas berhenti, biasanya banyak pengendara motor maupun mobil yang memanfaatkan kesempatan untuk cepat menerobos lampu merah karena menurut mereka di sekitarnya sudah sepi pegendara, padahal kita belum tahu pasti bisa saja pengendara yang mengendari motor dengan kencang dan terjadi tabrakan, atau juga bisa waktunya untuk para penyebarang jalan lewat anda malah menerobos, itukan sangat berbahaya, lebih baik adil dan patuhi lalu lintas yang ada sehingga semuanya akan aman-aman saja.

Nah itulah beberapa tips dari saya untuk mengindari kecelakaan lalu lintas, terimakasih sudah berkunjung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*