Tips Mengemudi Yang Aman Untuk Kaum Perempuan

Tips Mengemudi Mobil Pada Malam Hari Khusus Kaum Perempuan

Tak mau kalah dengan kaum laki-laki yang pandai menggunakan sepeda motor maupun Mobil, kaum perempuan ternyata juga ingin ambil kesempatan agar bisa menggunakan kendaraan yang ada baik itu motor dan juga Mobil, nah sahabat otosemi untuk kesempatan pada hari ini saya ingin memberikan tips kepada kalian khususnya untuk para perempuan yang hendak berkendara baik itu menggunakan motor dan juga menggunakan mobil pribadi bagaimana cara berkendara yang aman pada saat dijalan raya, karena hingga saat ini tingkat kecelakaan lebih tinggi untuk kaum perempuan pada saat mereka membawa motor maupun mobil, Khususnya untuk Emak-emak yang sama sekali belum paham mengenai fungsi dari lampu sein itu sendiri. Yang pasti di sini akan Di bahas dengan tuntas.

Tips aman berkendara untuk kaum perempuan :

  1. Perhatikan kondisi motor

Biasanya kaum wanita tak mau tahu dengan kondisi motor yang hendak mereka bawa apakah kelistrikannya mati, kemudian kampas remnya habis, dan kerusakaan pada komponen lainnya. Untuk itu sebelum anda menggunakan motor atau mobil untuk berkendara baik itu untuk berbelanja, menjemput anak dan lain sebagainya sempatkan terlebih dahulu untuk memeriksa keadaan Mesin dan juga komponen lainnya yang ada di Motor apakah masih normal atau ada yang rusak. Ini berguna juga untuk keselamatan anda dan keluarga anda ketika berada dijalan raya.

  1. Gunakan perlengkapan yang lengkap

Kemudian yang kedua yaitu dengan menggunakan perlengkapan yang lengkap seperti apa peraturan ketika anda berkendara menggunakan motor yaitu pakaian dengan jaket, kemudian celana panjang, sepatu, sarung tangan dan yang paling penting yaitu menggunakan helm dengan Standar Nasional Indonesia ( SNI) jauh lebih baik. Jangan lupa juga untuk membawa surat-surat lengkap, seperti STNK dan SIM. Jika anda masih SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau belum cukup umur untuk mempunyai SIM, jangan mengendarai motor terlebih dahulu ataupun Mobil itu bisa merugikan diri anda sendiri baik itu ketika di Tilang polisi dan juga pada saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dijalan raya.

  1. Kondisi badan harus Fit

Sama halnya dengan kaum laki-laki yang hendak berpergian menggunakan kendaraan sepeda motor, kondisi badan anda juga harus lebih fit dan juga bugar. Jangan mengendarai motor jika kondisi badan anda tidak Fit atau sedang sakit maupun sedang lemas, itu bisa merugikan anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pastikan jika kondisi anda tidak memungkinkan dan masalahnya sangat penting maka anda bisa menyuruh keluarga atau orang lain yang bisa dimintai Tolong terlebih dahulu, misalnya menjemput anak anda ke sekolah. Dengan begitu anda sudah menghindari bahaya yang ada di depan mata anda.

  1. Pastikan anda paham dengan setiap Komponen motor

Nah ini yang perlu dipelajari terlebih dahulu oleh para kaum perempuan, yang pasti yaitu mengenai komponen yang terletak dikepala motor mulai dari spedometer untuk kecepatan laju motor, kemudian Bar Bensin untuk mengukur isi tangki bensin apakah masih Full atau sudah habis dengan tanda Putih sampai biru artinya bensin Full, jika jarum di merah artinya bensin sudah mulai habis, kemudian perhatikan juga pada bagian klakson gunakan secara perlunya saja, terus tombol lampu LED atau lampu utama, dibeberapa kota memang di wajibkan untuk terus menyala baik itu di siang hari dan juga pada saat malam hari. Penting untuk memperhatikan hal tersebut. Kemudian untuk lampu Sein kanan kiri, tentu saja fungsinya untuk memberitahukan posisi kita mau ke mana, jika kita hendak berbelok kenanan maka kita harus menghidupkan lampu Sein ke kenan, kemudian jika kita mau berbelok ke kiri maka kita bisa menghidupkan lampu Sein yang mengarah ke kiri sehingga orang akan tahu anda mau berbelok ke arah mana. Mungkin untuk komponen ini sudah paham semuanya.

  1. Jangan pernah mendahului jika ragu

Kalau anda wanita dan ingin mendahului baik itu mobil dan juga motor lebih baik jangan anda lakukan, tetap stabil untuk posisi anda dibelakang mobil atau motor yang ada di depan anda. Biasanya orang yang ragu-ragu untuk mendahului bisa saja terjadi sesuatu yang sama sekali tidak diingkan, terlebih pada saat anda berada di tikungan yang tajam, itu sangat berbahaya untuk mendahului di tambah posisi jalan didepannya yang tertutup pepohonan dan juga rumah-rumah penduduk. Apalagi ditambah jalanan yang licin dan dan berlubang.

  1. Perhatikan kondisi ban

Perhatikan juga kondisi ban motor anda, kalau kondisi ban motor anda sudah tipis atau motifnya sudah mulai hilang maka jangan pakai motor tersebut dijalanan bisa saja ban meletus dan kempes pada saat dijalan raya. Terlebih pada saat anda membawa beban yang lebih berat dari ukuran normal motor yaitu 145 Kg. Lebih baik anda mebawanya terlebih dahulu ke tukang bengkel untuk melakukan pergantian ban dan bisa anda Gunakan kembali.

  1. Selalu lihat kaca spion

Kemudian yang ketujuh jika anda mau berbelok ataupun Mau mendahulu kendaraan lain yang ada didepan anda sempatkan 3 detik saja untuk melihat spion baik itu spion kanan dan juga kaca spion kiri motor anda apakah keadaan dibelakang motor anda tidak ada motor atau kendaraan yang melaju dengan kencang, jika ada lebih baik berhenti terlebih dahulu biarkan kendaraan tersebut lewat terlebih dahulu. Kebanyakan kaum perempuan memang melupakan fungsi dari kaca spion ini karena mereka kira hanya untuk sebatas berkaca saja.

  1. Jaga Jarak dengan kendaraan lain

Kemudian yang selanjutnya anda harus bisa yang namanya jaga jarak dengan kendaraan lain yang ada didepan anda. Ini berguna ketika kendaraan didepan anda berhenti mendadak maka tidak akan terjadi yang namanya Tabrakan yang bisa merugikan diri anda anda orang lain, pastikan laju kendaraan juga tidak terlalu kencang dan buatlah berkendara anda senyaman mungkin.

  1. Rileks

Berkendara baik itu menggunakan motor ataupun Juga menggunakan mobil anda harus lebih rileks. Dengan keadaan tubuh yang rileks anda akan lebih nyaman pada saat membawa kendaraan.

  1. Tips aman berkendara dimalam hari

Jika ada seseorang yang membuntuti anda yang harus anda lakukan yaitu berhenti di tempat yang ramai orang, berhenti sejenak sampai orang tersebut tidak lagi mengikuti anda. Alangkah lebih baiknya kalau anda membayar orang yang sedang duduk santai untuk mengantar anda sampai kerumah anda. Kenapa saya menyarankan untuk berhenti ? Karena jika anda melaju dengan kencang maka orang tersebut akan melaju dengan kencang juga untuk memojokkan anda di tempat yang sepi, kenapa mereka tidak lekas merampas anda ? Mereka menunggu anda di tempat yang sepi terlebih dahulu. Jika anda menggunakan mobil dan kaca depan dilempar dengan telur, jangan gunakan pembersih, perlu anda ketahui bahwa telur yang dilemparkan itu bukan telur biasa, sudah di campur dengan bahan yang tidak larut dengan air sehingga bisa membuat pandangan anda menjadi kabur. Tetap jalankan mobil dan jangan sampai berhenti dan keluar dari mobil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*