Tips Memperhatikan Kendaraan Anda Pada Saat Berkendara

5 Tips Sederhana Berkendara Yang Aman

Berkendara di jalan raya harus penuh dengan persiapan yang sangat lengkap sehingga tetap aman dan juga terkendali pada saat di jalanan, nah untuk itu anda perlu yang namanya memperiapkan sedemikian rupa keamanan dan beberapa persiapan barang yang perlu pada saat anda berkendara di jalan raya. Khususnya untuk para pemudik yang hendak melakukan Liburan maupun hanya sekedar melakukan Touring perjalanan Jauh. Beberapa perlengkapan seperti Jaket Rider, Perlengkapan pakain yang lebih Tebal, sepatu, sarung tangan, Helm dan juga perlengkapan pribadi lainnya yang mana mendukung untuk tetap aman di jalan raya. Nah teman-teman otosemi kali ini saya ingin memberikan beberapa penjelasan kepada anda seperti apa berkendara yang aman dengan memperhatikan ban dan juga Keamanan anda dalam berkendara.

Berikut Tips aman untuk anda jika ingin berkendara di jalan raya :

  1. Persiapkan Motor Dengan Baik

Yang pertama yaitu mengenai persiapan motor yang harus anda utamakan, dimana Motor menjadi salah satu kendaraan yang paling penting jika anda akan melakukan perjalanan jauh maupun melakukan Mudik jauh, nah untuk itu anda perlu memeriksa keadaan Motor anda terlebih dahulu yah karena kalau tidak begitu bisa berbahaya misalnya saja motor ngerem mendadak, kemudian mengalami Mogok di tengah Jalan.

Beberapa hal yang harus anda periksa di bagian motor anda yang paling utama yaitu mesin kendaraan, dimana mesin menjadi salah satu bagian penting yang perlu anda periksa pertama kali. Coba sebelum anda melakukan perjalanan jauh 1 hari sebelum itu anda bisa melakukan Test Driven di perjalanan dengan jarak beberapa Kilo Meter saja untuk mendapatkan tenaga yang bagus dan cek kondisi Kenormalan dari mesin kendaraan anda.

Hal kedua yang perlu anda perhatikan lagi setelah mesin kendaraan anda yaitu pada bagian kelistrikan motor anda, pastikan semuanya bisa berfungsi dengan baik sehingga pada saat lampu Utama, sein, dan berbagai kelistrikan lainnya digunakan semuanya Normal-normal saja. Biasanya yang sering mengalamai gangguan pada saat di perjalanan yaitu Lampu Utama yang sering kali mati dan tidak berfungsi dengan baik kadang hidup kadang mati. Periksa dengan sedemikian Rupa dengan terus menyalakannya pada saat anda di perjalanan yah. Mungkin peralatan seperti Kunci-kunci motor perlu sekali anda sediakan untuk persiapan di jalan, yang mana kadang ada beberapa komponen motor yang kendor dan lepas anda bisa dengan mudah memperbaikinya dengan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Persiapan ini mungkin sangat wajib untuk para pengendara motor untuk tetap sedia dan juga menjaga motor agar tetap aman dan terkendali.

Cek keamanan juga pada bagian Ban motor kendaraan anda, banyak terjadi kecelakaan karena ban motor yang kurang maksimal, biasanya para pengendara lupa untuk melakukan pengecekan Pada ban kendaraan mereka, Ban yang tipis untuk lapisannya tentu akan membuat berbahaya untuk di kendarai, study Khasus melaporkan bahwa beberapa kecelakaan yang ada di jalan Raya penyebab Utamanya yang paling mendominasi yaitu pada bagian Ban kendaraan sendiri, yang mana Ban Kendaraan bisa saja Tipis dan kemudian tergelincir pada saat berkendara dijalan raya.

  1. Perlengkapan Lainnya

Perlengkapan lainnya mungkin seperi Helm, yang mana Helm sebenarnya bukan kebutuhan pokok untuk setiap orang menggunakannya, jadi lebih baik anda menggunakannya walaupun itu hanya berkendara tak jauh dari perumahan anda, mempersiapkan payung sebelum Hujan jauh lebih baik dari pada tidak sama sekali bukan ? Jadi saya sarankan kepada anda untuk tetap menggunakan Helm yang mana helm sebagai alat keamanan utama dan juga paling Vital utuk para pengguna kendaraan bermotor, selain itu juga pentingkan keselamatan keluarga anda jika anda mengajak keluarga untuk berkendara, Helm yang baik untuk digunakan untuk berkendara di jalan raya tentu helm yang memiliki standar SNI atau standar Nasional Indonesia. Helm yang mempunyai Logo SNI merupakan helm yang layak digunakan di jalan raya, tentu saja sudah mempunyai kelengkapan dan Fitur yang sempurna untuk menjaga keamanan anda dibandingkan helm biasa yang dijual di pasaran.

  1. Cermat dengan barang Bawaan Anda

Kemudian yang selanjutnya yaitu Cermat dengan barang bawaan anda, perlu anda ketahui seperti apa sih pelengkapan yang harus anda siapkan pada saat anda akan Touring ataupun kalau hendak mudik di Kota yang jauh ? Tentu saja hal utama yang perlu anda siapkan yaitu keperluan Pribadi dari diri anda sendiri, misalnya untuk anda sebagai pengendara mempunyai riwayat penyakit seperti apa ,mungkin bisa membawa Obat yang sering anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit anda. Selain itu juga bawa perlengkapan Pribadi yang anda butuhkan, misalnya saja handuk mungkin dan barang bawaan lainnya yang intinya penting pada saat di jalan raya.

  1. Pilih Rute perjalanan yang aman

Yang selanjutnya yaitu dengan memilh Rute perjalanan yang lebih aman, banyak rute perjalanan yang bisa anda pilih pada saat anda mencoba menuju suatu tempat. Yang mana Rute yang aman dan tepat akan membuat perjalanan anda dan keluarga anda tetap aman dan sampai di tujuan dengan selamat, Kalau anda sudah paham mana rute yang rawan dan tidak rawan mungkin anda bisa mempertimbangkan dengan baik rute yang anda pilih. Nah sahabat otosemi jika ingin mendapatkan rute yang lebih singkat dan tidak terlalu jauh mungkin bisa menggunakan GPS atau juga peta Map agar lebih mudah memberikan informasi mengenai Jalan atau rute yang cocok untuk anda lewati.

  1. Rencanakan dengan matang

Yang selanjutnya rencanakan perjalanan anda bersama dengan keluarga anda secara matang-matang, jika ragu atau tidak yakin dengan perjalanan anda lebih baik jangan anda lakukan karena itu menyangkut Keamanan anda pada saat di jalan raya nanti. Jadi sebelum anda melakukan perjalanan jauh maupun ingin mudik bersama dengan keluarga anda alangkah lebih baiknya jika anda membicarakan dengan baik-baik, kemudian sepakati semuanya dengan seluruh anggota keluarga anda. Jika memang sudah yakin ingin melakukan Mudik bersama maka siapkan semua Tips yang sudah saya berikan diatas. Pastikan pada saat anda berangkat semuanya sudah dalam keadaan Fresh dan siap untuk melaju di perjalanan.

Beberapa pengendara kadang kurang memperhatikan hal penting ini, yaitu masalah uang, tentu saja kita sering kali bermasalah dengan uang. Yang mana kebutuhan akan uang di perjalanan juga perlu di Manage sebaik mungkin agar tetap Cukup sampai kita pulang kembali, alangkah lebih baiknya kalau anda membawa uang secukupnya terlebih dahulu untuk perjalanan pergi. Nah anda bisa membawa ATM untuk persiapan pulang selanjutnya biar tidak boros.

Nah itulah beberapa tips keamanan dan persiapan yang paling jitu pada saat anda mencoba untuk melakukan perjalanan Mudik dan juga touring. Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini berguna untuk anda semuanya yah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*