Intip Yuk, Tips Memilih Kampas REM Yang Benar

Tips Membeli Kampas Rem Yang Tepat

Pengguna kendaraan bermotor pasti sudah paham dengan apa yang namanya Kampas REM. Apa itu Kampas REM ? Kampas Rem adalah komponen penting yang ada di setiap motor yang mana penggunaan atau Fungsi dari kampas Rem ini sendiri yaitu sebagai Komponen untuk memberhentikan motor atau memperlambat Motor ketika berjalan dengan cukup kencang, biasanya Kampas Rem ini terletak pada bagian depan dan belakang Roda kendaraan yang mana lebih tepatnya terletak pada bagian depan Racing motor dan juga belakang Piringan Racing motor. Kampas REM ini sendiri mempunyai peranan penting pada saat motor dalam keadaan laju yang kencang yang mana bisa memperlambat motor dengan cara menekan Tuas Rem yang ada di bagian stang kendaraan sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Nah sahabat otosemi, sering kali kita membeli atau mengganti kampas REM di bengkel namun untuk kualitasnya sendiri belum terjamin bagus, masih ada yang mudah untuk terkikis dengan cepat. Nah sahabat otosemi, untuk itu saya punya beberapa Tips bagaimana membeli atau mengganti kampas REM yang lebih bagus dan juga lebih tahan lama untuk digunakan, jika ingin tahu seperti apa tips membeli atau mengganti kampas Rem yang lebih baik dan juga bagus tahan lama berikut penjelesaannya dari saya.

Tips membeli kampas Rem yang lebih baik :

 

  •  Stempel Pada Kampas Rem Cakram

Yang pertama kali jika kalian ingin membeli sebuah kampas Rem baru maka yang perlu kalian pertimbangkan terlebih dahulu yaitu pada bagian stempel yang digunakan. pahami dan teliti terlebih dahulu bagian stempel yang digunakan pada kampas Rem yang akan kalian beli. Pada dasarnya stempel pada kampas rem ini tidak terlalu penting atau memiliki Fungsi yang lebih unggul dari jenis kampas rem lainnya, tapi hanya menandakan bahwa kampas Rem yang kalian beli memang merupakan jenis kampas Rem yang berkualitas Tinggi atau terpercaya.

  • Penampang alur Kampas

Yang kedua yaitu adanya penampang alur kampas yang ada di bagian kampas Rem, nah untuk satu hal ini perlu kalian perhatikan juga sebelum kalian membeli Kampas Rem untuk motor anda. Perhatikan pada lempengan Ruas pada bagian kampas Rem kendaraan kalian, dimana kalian pastinya akan tahu letakknya di bagian samping kanan dan kiri yang mana akan terlihat rongga-rongga. Nah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik maka pilihlah jenis kampas Rem yang seminim Mungkin karena kinerjanya jauh lebih baik dari kampas Rem yang mempunyai penampang terlalu besar. Perhatikan juga pada saat membeli kampas Rem pilih Jenis kampas Rem yang mempunyai bidang yang tebal namun sedikit lentur, karena kampas Rem yang lentur mudah untuk dikendalikan dan jauh lebih awet dari biasanya.

  • Pertimbangkan Juga Tingkat kekerasan

Yang ketiga yaitu dengan mempertimbangkan tingkat kekerasan dari kampas Rem yang kalian pilih, semakin tinggi tingkat kekerasannya maka semakin tidak baik digunakan, karena dengan adanya kampas Rem yang keras bisa menimbulkan kepecahan pada saat digunakan, jadi pilih kampas rem yang terlalu lunak dan tidak terlalu keras juga, nah untuk itu jangan terlalu percaya dengan teknisi yang menyuruh untuk mengganti dengan kampas Rem yang terlalu keras dan juga Tebal.

Nah sahabat otosemi itulah beberapa Tips mengganti Kampas Rem yang benar dan sesuai dengan petunjuk yang tepat. Semoga bisa memberikan manfaat kepada kalian semua yah. terima kasih.

2 Comments

  1. tanya mas, tolong dibantu dijawab ya, pliss, Saya punya motor honda absolut revo th 2009, trus baru2 ini jatuh dan mengenai piringan cakram ban depannya, katanya sih harus diganti tapi karna gak punya duit buat ganti saya coba cari piringan cakram yg murah. Kebetulan ada teman yg jualan spare part di pasar bekas dan jualnya murah. Tapi yg dijual bukan piringan cakram khusus honda absolut revo, melainkan piringan cakram untuk Suzuki Satria Young Star, Suzuki NEX FI, Yamaha Jupiter Z1. Tapi harganya yg dijual angat murah lho mas…Kira2 menurut mas mana yg cocok untuk dipasang pada motor revo saya? Kira2 cakram motor tipe apa saja yg cocok bentuk piringan cakramnya dengan tipe motor absolut revo punya saya? kenapa piringan cakram itu bisa berbeda2 padahal ama2 dipasang pada ban depan yg diameter bannya sama2 17 inci? mohon jawabannya ya mas, terutama pertanyaan nomor 1 diatas ya. Terima kasih ya mas yg ganteng dan baik hati…….

  2. sebenarnya piringan cakram bekas itu bisa saja di pasang untuk motor mas Arnold yaitu Honda Absolut Revo, biasanya ada ukuran standart diamenter piringan cakram di setiap produk sepeda motor. Menurut saya cocok memakai piringan cakram dari Yamaha Jupiter Z1. Masalah kecocokan bentuk piringan cakram ini tergantung dari jenisnya motor itu sendiri, contoh milik motor Yamaha Vega R yang merupakan jenis motor bebek, maka cocoknya juga dengan piringan cakram dari motor sejenis bebek. Namun bila ingin lebih macho tampilannya bisa di modifikasi dengan menggunakan model piringan cakram yang banyak dijual oleh toko aksesoris motor.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*