Tips Jaga Kinerja Aki Kering agar Tetap Awet (Bagian 1)

Zaman dahulu, aki yang digunakan pada kendaraan bermotor adalah aki basah. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak produsen kendaraan roda dua menggeser fungsi aki basah ke aki kering. Hal ini karena, aki kering dirasa lebih efektif dan efisien jika dibanding dengan aki basah. Perawatan aki kering pun dinilai lebih mudah, apalagi bagi wanita sebab tak perlu lagi menghawatirkan air aki yang habis.

Pada awalnya, aki kering mulai banyak dilirik oleh para produsen otomotif sejalan dengan dikeluarkannya teknologi fuel injection yang bisa dioperasikan dengan jenis aki kering. Kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi fuel injection memerlukan pasokan energy listrik yang stabil dan kuat, nah kemudian terciptalah jenis aki yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut yakni yang kita kenal dengan aki kering.

Kurang lebih tahun 2005, aki kering resmi dikenalkan di dunia otomotif. Meskipun demikian, tetap saja diperlukan tips perawatan aki kering atau yang juga dikenal dengan maintenance free battery (MF) agar aki lebih awet. Jika Anda ingin aki kering awet hingga lima tahun, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Yuk Simak!

  • Pilih merek aki kering berkualitas di agen yang terpercaya

Tips perawatan aki kering ini pertama yang tentu saja Anda tak boleh sembarangan adalah tentang pemilihan merek aki kering, Ada beragam merek yang tersedia di pasaran. Pilihlah aki yang berkualitas. Salah satunya yakni membeli aki tersebut di tempat yang terpercaya atau di agen resmi. Jika Anda masih merasa awam atau kurang informasi mengenai dunia otomotif, Anda bisa mencoba bertanya pada sang penjual resmi manakah aki kering yang sebaiknya Anda beli. Jangan sampai salah pilih ya Sobat Oto!

  • Panaskan kendaraan Anda sebelum digunakan

Memanaskan mesin motor sangatlah penting untuk dilakukan sebelum kendaraan digunakan. Meskipun hal ini sepele, namun tidak manfaatnya, lho! Setelah kendaraan tak dipakai semalaman, sistem listrik yang ada pada kendaraan pun beristirahat. Maka, sebelum siap untuk digunakan, komponen listrik yang tadinya istirahat harus kembali diisi dengan listrik terlebih dahulu, atau jika tidak aki akan bekerja lebih keras dan artinya itu akan memperpendek umur aki Anda. Panaskan motor setidaknya 2 hingga 3 menit sebelum dipakai ya Sobat Oto!

Nah, jika Anda ingin mengetahui tips lainnya mengenai perawatan aki kering kendaraan Anda, jangan lewatkan penjelasannya pada artikel selanjutnya, ya!  Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*