Tips Jaga Kinerja Aki Kering agar Tetap Awet (Bagian 2)

Hi Sobat Oto! Sesuai dengan janji sebelumnya, pembahasan akan kita lanjutkan masih dengan tema yang sama yakni bagaimana tips mudah perawatan aki kering. Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas sekilas mengenai asal muasal aki kering dan beberapa perawatan aki kering yang bisa Anda lakukan. Berikut ini beberapa hal lain yang juga bisa Anda lakukan untuk menjaga aki kering Anda!

  • Gunakan electric starter (double starter)

Tips perawatan aki kering yang selanjutnya bisa Anda terapkan adalah dengan senantiasa menggunakan electric starter atau double starter saat memulai kendaraan Anda. Namun, jika pertama kali memanaskan, lebih baik Anda menggunakan kick starter yang ada di bodi motor bagian bawah. Hal ini karena, saat awal memanaskan motor, kick starter dapat mempercepat proses aliran oli ke mesin dan ke bagian lain yang membutuhkan. Jika kick starter tidak behasil menghidupkan mesin dalam sekali starter, maka jangan langsung dicoba lagi. Diamkan dulu paling tidak 10 detik kemudian coba lagi. Ini akan membantu kick starter kembali ke keadaan semula.

  • Pilih jalan yang rata saat berkendara

Hal kedua yang harus Anda perhatikan untuk menjaga aki kering Anda tetap awet adalah dengan memilih jalan yang rata dan tidak rusak pada saat berkendara. Hindari lobang sebisa mungkin untuk menghindari terjadinya goncangan besar yang berlebihan. Hal tersebut bisa berdampak buruk pada aki dan komponen motor lainnya. Guncangan yang berlebihan bisa merusak sel-sel aki sehingga menyebabkan penurunan kinerja komponen listrik pada motor kesayangan Anda. Selain itu, guncangan juga bisa menyebabkan risiko terjadinya perubahan posisi perangkat lain.

  • Cek secara rutin kabel terminal aki

Selain hal-hal di atas, yang tak kalah pentingnya adalah mengecek keadaan terminal aki serta kabel-kabel yang terlibat dalam proses penyaluran listrik secara rutin. Biasanya, kabel terminal sering kotor dan muncul kerak-kerak yang bisa menyumbat jalannya aki. Hal ini bisa saja disebabkan karena debu yang menempel dan terkena air hujan sehingga keadaan aki yang tersembunyi di dalam menjadi lembab. Selain itu, jangan lupa untuk mengecek kabel-kabel yang tersambung, ya Sobat Oto!

  • Lakukan charging aki seperlunya

Jika aki kering pada motor Anda tidak menyuplai kebutuhan listrik dengan maksimal, cobalah untuk melakukan pengisian atau charging aki. Hal tersebut bisa dilihat dari tingkat kesulitan Anda melakukan starter motor. Jika pada saat tersebut motor susah dihidupkan, bisa jadi aki Anda butuh di-charge ulang. Jika demikian, lakukan pengisian sesuai dengan kebutuhan saja,

Untuk mempunyai aki kering yang awet sehingga bisa tahan lama, Anda bisa melakukan hal-hal tersebut di atas. Semoga tips perawatan aki kering yang sudah dijelaskan tadi bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat beraktivitas! Salam otomotif!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*