Rahasia Sepeda Motor Lebih Irit Bahan Bakar Ala Otosemi

Trick Ampuh Sepeda Motor Jadi Irit Bahan Bakar Minyak

Memiliki kendaraan sepeda motor tentu saja sudah menjadi kebutuhan oleh semua orang, dimana semua kebutuhan tersebut tentu saja tak luput dengan yang namanya bahan bakar. Bahan bakar minyak digunakan untuk sumber tenaga agar motor anda bisa berjalan sesuai dengan fungsinya sendiri. Nah sahabat otosemi untuk kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada kalian semua terkait dengan tips irit bahan bakar untuk kendaraan anda. Nah bagaimana caranya ? sangat mudah silahkan simak artikel saya dibawah ini.

Kebutuhan akan bahan bakar minyak hingga saat ini sangat tinggi, kalau kita tidak memulai untuk menghematnya lantas bagaimana dengan kedepannya ? nah untuk itu silahkan perhatikan cara dibawah ini yah.

Tips menghemat bahan bakar minyak paling ampuh:

1. Atur tekanan ban

Yang pertama kali yang harus kalian pahami terlebih dahulu yaitu dengan mengatur tekanan ban kalian, yang mana tekanan ban bisa membuat bahan bakar minyak menjadi lebih boros, kenapa bisa begitu ? akan saya jelaskan, tekanan ban yang kurang angin bisa membuat Volume ban menjadi lebih lebar dari biasanya atau dari Normalnya, semakin rendah tekanan ban maka semakin besar juga Volumenya, dan akibatnya motor juga akan semakin berat tarikannya. Hal ini yang membuat bahan bakar minyak lekas habis atau boros. Terlebih beban tekanan yang terlalu berat dan juga tidak sesuai dengan kapasitas motor sendiri yaitu 145 Kg.

2. Jarak pengereman

Kemudian yang kedua yaitu dengan mengatur jarak pengereman yang mana dengan mengatur jarak pengereman ini bisa membuat irit bahan bakar minyak anda, semakin lama jarak pengereman maka semakin hemat juga bahan bakar yang digunakan.

3. Cek roda Motor

Kemudian yang ketiga yaitu ddengan mengecek kondisi roda motor anda, dimana roda motor yang terlalu berat atau ada permasalahan dalam perputarannya sendiri bisa membuat boros bahan bakar, yang mana laju kendaraan akan semakin berat dan mau tidak mau membutuhkan gas yang tinggi pula, semakin berat laju kendaraan maka semakin banyak bahan bakar yang dikuras untuk memberikan tenaga atau dorongan agar motor mau berjalan.

4. Periksa Busi

Kemudian yang keempat yaitu dengan memeriksa keadaan dari busi motor itu sendiri, busi motor yang sudah tidak bagus lagi performanya juga akan menyebabkan Kinerja dari mesin motor menjadi kurang maksimal. Dimana busi yang sudah tidak layak pakai bisa menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi kurang maksimal, ini dikarenakan pengapian tidak lancar dan membutuhkan bahan bakar yang maksimal sehingga menyebabkan boros bahan bakar. Untuk itu perhatikan selalu busi anda dan rawat hingga busi dalam keadaan bersih dan layak untuk digunakan.

5. Gunakan oli berkualitas

Kemudian yang kelima yaitu dengan menggunakan Oli yang berkualitas, jadi sering-sering aja kalian mengganti oli kendaraan kalian dengan oli yang sesuai dengan mesin dan juga sesuai dengan nomor serinya.

6. Bersihkan Filter udara

Kemudian yang keenam kalau ingin motor kalian tetap hemat bahan bakar maka yang perlu kalian lakukan yaitu dengan membersihkan Filter udara, kalau filter udara kotor perlu kalian bersihkan. Mengapa bisa menyebabkan Bahan bakar menjadi boros ? sebab, kalau Filter udara motor kotor bisa membuat kinerja dari mesin kendaraan menjadi menurun dan membutuhkan kinerja yang ekstra pula, untuk itu kalian perlu membersihkannya dengan bersih disetiap kali kalian melakukan servis motor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*