Tips Ampuh Mengurangi Biaya Bahan Bakar Kendaraan

Cara Ampuh Irit Biaya BBM

Mempunyai kendaraan maka tak Luput dengan yang namanya bahan bakar yang digunakan, banyak sekali motor ataupun mobil yang sangat boros bahan bakar baik karena Faktor Modifikasi maupun faktor Dari bawaan pabrik biasanya memang sudah menjadi bagian dari Komponen pabrikan yang sudah di setting, Nah sahabat Rider tentu saja masalah bahan bakar ini bisa membuat kita menjadi lebih boros dari sebelumnya, sebenarnya ada caranya sendiri untuk membuat penggunaan bahan bakar minyak lebih hemat dan tidak boros, nah ingin tahu seperti apa ? Simak ulasannya dibawah ini.

1. Jangan lewat jalan tanjakan

Hal pertama yang mungkin bisa untuk kalian terapkan pada saat berkendara di jalan raya yaitu mengenai masalah jalan yang kalian lewati, pastikan kalian melewati jalan yang sama sekali tidak ada tanjakan yang curam, karena jalan dengan tingkat kemiringan yang terlalu curam bisa membuat bahan bakar anda terkuras habis, pengalaman saya pada saat berkendara di jalanan yang curam dengan jarak sekitar 2 km dengan bensin 2 liter saja hanya beberapa menit saja sudah terkuras hingga setengah liter lebih, ini membuktikan bahwa pada saat kita melakukan pengegasan motor membuat kinerja mesin menjadi lebih besar sehingga konsumsi bahan bakar juga akan semakin tinggi. Untuk itu usahakan jika kalian melewati Jalan yang miring dengan tingkat kemiringan yang tinggi lebih baik memilih jalan pintas lainnya yang lebih rendah dan rata agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi bahan bakar.

2. Pastikan gunakan mesin standar

Kalau ingin bahan bakar motor kamu menjadi lebih hemat alangkah lebih baiknya kalau kamu menggunakan mesin yang benar-benar standar atau bawaan asli dari pabrikan, karena bisa jadi kalau kalian menggunakan mesin yang sama sekali bukan dari pabrikan dan merupakan jenis mesin Motor yang sudah pernah di modifikasi untuk keperluan balapan atau lainnya tentu saja sudah berbeda untuk Volume penggunaan bahan bakar pada saat mesin di nyalakan, hal ini juga yang bisa mempengaruhi besar tingginya konsumsi bahan bakar motor anda. Alangkah lebih baiknya pikirkan terlebih dahulu dampak yang akan terjadi pada saat anda mengganti mesin kendaraan anda dengan mesin Modifikasi atau mesin yang sudah pernah di oprek oleh Teknisi untuk keperluan tertentu.

3. Hindari mengemudi agresif

Kemudian yang ketiga yaitu dengan menghindari mengemudi dengan cara agresif atau terlalu kencang pada saat di jalan raya, semakin kencang cara anda mengemudi maka bisa jadi konsumsi bahan bakar kendaraan juga akan semakin banyak sehingga bisa menyebabkan pemborosan. Pastikan anda membawa motor dengan seramah mungkin bila perlu untuk penggunaan Gigi lebih bertahap dan juga tidak terlalu menyentak, ini juga berkaitan dengan penggunaan ban, yang mana 20% pada saat anda mulai berjalan maka bisa di pastikan tekanan ban yang berat dan kempis bisa membuat tenaga dorong gas menjadi lebih tinggi dari biasanya.

4. Periksa tekanan ban

Kemudian yang keempat yaitu dengan memeriksa tekanan ban kendaraan anda, pastikan tekanan ban kendaraan anda dalam kondisi yang stabil. Karena jika tidak bisa jadi tekanan ban kendaraan anda bisa menjadi aus dan bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih tinggi dari biasanya, untuk itu sebelum anda berkendara cek terlebih dahulu kondisi tekanan ban anda terlebih kondisi anginnya yah.

5. Perhatikan Muatan

Muatan Sepeda Motor Yang BerlebihanKemudian yang kelima yaitu dengan memperhatikan muatan yang anda bawa, jangan terlalu membawa barang ataupun muatan dengan jumlah yang besar misalnya saja hingga 60 Kg lebih, padahal berat anda sendiri bisa mencapai 60-80 Kg. Jika di lihat dari aturan berkendara untuk jenis kendaraan motor hanya di perbolehkan membawa barang maupun boncengan hanya beberapa kilo saja, aturannya untuk setiap kendaraan bermotor standarnya hanya 145 Kg, jadi kalian bisa mengira-ngira berat untuk kendaraan motor anda, jika kendaraan anda terlalu berat bisa membuat motor terlalu banyak mengkonsumsi Bahan bakar minyak sehingga membuat komsumsi bahan bakar 20% lebih tinggi dari pada pengendara tunggal sama sekali tidak membawa boncengan ataupun barang.

6. Olesi pelumas di bagian Rantai

Jangan bilang bahwa di bagian rantai kendaraan dan hubunganya dengan gear sama sekali tidak ada kaitannya dengan konsumsi bahan bakar motor anda, semua komponen di Motor masih ada hubungannya dengan konsumsi bahan bakar, misalnya saja di bagian rantai, jika rantai berkarat dan juga kondisi Gear berkarat bisa jadi mekanisme perputaran ban menjadi tidak sempurna dan bisa membuat sendatan-sendatan kecil pada saat anda kendarai, untuk itu anda perlu memberikan sedikit pelumas seperti oli dibagian rantai kendaraan dan juga pada bagian Gear motor agar mekanisme perputaran ban menjadi lebih sempurna.

7. Pilih bahan bakar yang murni

Banyak sekali pengendara yang tidak tahu bagaimana cara memilih bahan bakar kendaraan yang murni dan memang benar- benar sama sekali tidak ada campuran dari bahan lainnya misalnya saja seperti air, hal seperti ini biasanya dilakukan oleh para penjual-penjual nakal yang ada di pinggir jalan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, untuk itu kenapa anda sering kali melihat warna bensin terlebih premium yang sering berbeda-beda, ada yang terlalu kuning cerah dan juga kuning lebih pekat. Biasanya bensin seperti itu sudah ada campuran ataupun pengurangan Nilai Oktan, sehingga membuat kinerjanya tidak baik pada saat di gunakan, untuk itu pastikan memilih jenis bahan bakar yang mempunyai Nilai Ron lebih tinggi misalnya saja nilai RON 90 yaitu milik pertalite yang masih hangat dan belum terlalu di ketahui oleh para pengguna kendaraan baik motor dan juga mobil. Padahal mobil juga bisa menggunakan jenis bahan bakar ini.

Penggunaan bensin juga menjadi upaya untuk kita bagaimana cara untuk menghematnya pada saat motor ada di rumah, yang pasti jika memang jarak tempuh tidak terlalu jauh alangkah lebih baiknya kalau anda berjalan kaki saja, dan kalau memang harus menggunakan motor pastikan cek terlebih dahulu kondisi motor anda , pada bagian ban, kemudian Rantai kendaraan dan komponen lainnya yang berhubungan dengan kinerja bahan bakar.

Nah sahabat otosemi, itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk kalian bagaimana cara untuk menghemat bahan bakar kendaraan bermotor anda, terlebih bagi anda yang suka berpergian jauh atau suka melakukan touring, pastikan anda menggunakan bahan bakar murni yang bisa anda beli langsung di SPBU karena lebih terpercaya. Mungkin hanya ini dulu yang bisa saya berikan, jika ada tambahan dari teman-teman yang berkunjung di persilahkan untuk memberikan komentar sesuai dengan topik artikel kita hari ini, jangan lupa untuk membaca postingan artikel kami yang lainnya, terimakasih atas kunjungannya sahabat otosemi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*