Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api

Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api
Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api

Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api. – Seringkali kita mendengar berita di TV atau surat kabar tentang peristiwa kecelakaan yang melibatkan mobil dan kereta api. Mobil tersebut tertabrak kereta api saat mencoba melintasi perlintasan rel kereta api. Mobil yang tertabrak ini mesinnya tiba-tiba mati di atas rel kereta api, dan sulit untuk menyala kembali, akibatnya kecelakaan pun antara mobil dan kereta api tak bisa dihindarkan.

Seringkali banyak yang menganggap bahwa tempat kecelakaan mobil tersebut banyak terdapat hal-hal mistis sebagai alasan mengapa mesin mobil tersebut tiba-tiba mati. Tentu saja hal tersebut belum tentu benar adanya dan juga sangat sulit untuk dibuktikan kebenarannya. Namun ada penjelasan ilmiah mengapa hal mesin mobil tersebut terkadang tiba-tiba mati saat melintas diatas rel kereta api.

Kenapa Mobil Sering Mendadak Mati Saat di Atas Rel Kereta Api?

Jawabannya adalah terjadinya peristiwa impedansi akibat pergesekan antara roda kereta api dan rel kereta api. Pengertian Impedansi sendiri dalam teknik elektro yaitu ukuran seberapa besar atau kuat suatu rangkaian dapat menghambat aliran listrik. Jadi semua alat yang mengandung hambatan listrik misalnya seperti yang terdapat dalam mobil atau motor ketika berada diatas rel kereta api energinya akan hilang dan aliran arusnya menjadi berkurang.

Impedansi sendiri biasa menyebabkan mesin mobil atau motor tiba-tiba mati terutama saat berada diatas rel kereta api. Ini banyak dialami oleh kendaraan yang berbahan bakar bensin juga solar, namun untuk yang berbahan bakar solar sangat jarang terjadi. Mobil yang berbahan bakar bensin, starternya menggunakan dinamo. Dari dinamo tersebut menghasilkan medan magnet kemudian dapat menggerakkan mesin mobil.

Rel kereta api ketika akan dilewati oleh kereta api akan menghantarkan medan magnet yang cukup kuat karena pergesekan antara roda dan rel. Dalam dunia elektro, efek impedansi dapat terjadi hingga jarak 1,5 kilometer. Perputaran roda kereta api sangat cepat sehingga tercipta medan magnet yang kuat dan medan magnet yang dihasilkan dari pergesekan tersebut akan maju terlebih dahulu hingga berjarak 600 sampai 1,5 kilomter.

Sehingga jika ada mobil atau motor yang melintas maka medan magnet yang dihasilkan dari roda kereta api akan mematikan mesin kendaraan di depannya secara mendadak.Faktor lain yaitu roda kereta api terbuat dari baja yang berjenis ferritic dan baja jenis ini mempunyai medan magnet yang sangat kuat dan terbaik dibandingkan dengan jenis baja lainnya. Jadi kesimpulannya medan magnet inilah yang kemudian menjadi pemicu mengapa kecelakaan antara kereta api dan mobil sering terjadi saat diperlintasan kereta api sebab.

Baca Juga: 6 Kesalahan Fatal Pemula Saat Mengendarai Mobil

Ada juga yang mengatakan bahwa gesekan antara roda kereta api dan rel kereta menimbulkan medan listrik statis dan hal tersebut memperngaruhi ataupun juga mengganggu bunga api pada busi motor atau mobil sehingga mesin mobil atau motor mudah mati. Pengapian pada mesin mobil yang menggunakan bahan bakar bensin menggunakan percikan bunga api yang berasal dari busi. Hal ini (mesin mati mendadak) dapat terjadi jika putaran mesin sangat rendah sehingga mesin sulit untuk dinyalakan lagi.

Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api

Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api
Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api

Sebelum melewati perlintasan kereta, kurangi kecepatan kendaraan. Ada baiknya dengarkan bunyi sirine ketika kereta api akan melintas. Jarak aman yaitu berhenti sekitar 25 meter dar perlintasan kereta dan jangan coba-coba nekat untuk menerobos atau melintasi rel kereta sebelum kereta api lewat. Cara seperti ini hanya akan membahayakan nyawa.

Tunggulah sampai pintu perlintasan dibuka ketika kereta api sudah lewat, jangan terburu-buru untuk melintas.Sesuaikan transmisi kendaraan dan putaran mesin untuk menghindari mesin yang tiba-tiba mati mendadak.Jika mobil tiba-tiba mengalami mogok di perlintasan dan tidak bisa dinyalakan, jangan panik. Netralkan transmisi mobil kemudian keluar dari mobil dan dorong kendaraan hingga melewati perlintasan kereta. Ingat nyawa lebih berharga dibanding mobil. Mintalah bantuan pada warga sekitar untuk membantu.

Taati peraturan aau rambu-rambu lalu lintas, terkadang kecelakaan sering terjadi karena pengguna sering mengindahkan aturan dalam berlalu lintas. Ingatlah bahwa keluarga anda selalu menanti anda di rumah dan jangan lupa berdoa sebelum berkendara.

Itulah sedikit informasi atau jawaban Tips Aman Berkendara Ketika Mobil Melewati Rel Kereta Api. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*