Tim Movistar Yamaha Kini Pakai Komponen Winglet Ala Ducati

Komponen Winglet pada Ducati juga dipakai oleh Yamaha YZF-M1. Saat ini di dunia balap motoGP semakin ada pemandangan menarik di saat sesi free practice pada hari kedua jelang GP San Marino hari Jumat (11/09) kemarin. Terlihat sosok motor YZF-M1 yang di kendarai oleh rider Movistar Yamaha bernama Jorge Lorenzo nampak berbeda sekali dengan motor yang digunakan pada seri sebelumnya. Apa yang membuatnya berbeda? Ternyata motor YXF-M1 buatan X-Fuera terdapat sayap aerodinamis yang lebih dikenal dengan komponen winglet. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa komponen winglet ini merupakan sayap tambahan yang telah dikembangkan oleh tim Ducati Corse untuk motor Desmosedici GP15.

Sayap yang dirancang sedimikian rupa agar bisa lebih meningkatkan aerodinamis ini terletak di bagian fairing depan yang juga terdapat pada Yamaha YZF-M1, kendati hal ini nampak jelas sekali saat tertangkap kamera sosok motor tersebut yang digunakan Lorenzo terparkir manis di pit box tim Movistar Yamaha. Menariknya komponen mirip winglet ini hanya di miliki oleh motor milik Lorenzo saja. Sementara itu untuk rider lain setimnya yakni Valentino Rossi nampak tak ada sayap tambahan pada motor yang ditunggainya. Padahal yang kita tahu Lorenzo dan Rossi merupakan rekan satu tim yang hebat di bawah bendera tim Movistar Yamaha.

Untuk saat ini juga masih belum ada keterangan resmi yang di sampaikan oleh pihak Yamaha mengenai hal tersebut, kemungkinan penggunaan winglet pada motor Yamaha YZF-M1 milik Lorenzo merupakan hasil adaptasi dari Desmosedici GP15 milik Ducati. Kendati hal itu dikarenakan Ducati sendiri kini telah menuai kesuksesan berkat teknologi winglet yang sudah mereka pakai sejak seri pembukaan di Losail, Qatar.

Bahkan Jorge Lorezo sendiri sepertinya mendapatkan sensasi yang berbeda saat menggunakan komponen winglet yang memiliki fungsi untuk menjaga tingkat aerodinamis motor sehingga bisa menambah laju kecepatan lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini terbukti saat latihan bebas hari kedua Jumat (11/09) kemarin Jorge Lorenzo mampu tampil sebagai rider tercepat. Bayangkan saja catatan waktu terbaik dari Rider asal Spanyol ini bisa 1 menit 32,871 detik.

Sejarah penggunaan winglet ini memang di awali oleh Ducati menyematkan pada motor ducati tunggangan Casey Stoner pada tahunn 2010 silam. Dan dilanjutkan teknologi winglet ini dibenamkan pada Desmosedici GP15 milik Andre Dovizioso. Ini artinya pihak Ducati memang menjadi pionir dalam hal penggunaan komponen winglet atau sayap tambahan.

Keuntungan pemakaian winglet pada fairing motor tak lain ialah membuat hambatan udara yang berlebihan bisa berkurang sepenuhnya sehingga membuat motor menjadi lebih stabil dan motor akan tetap menapak pada lintasan balap alias mengurangi wheelie. Dengan penggunaan winglet pada Ducati saat itu mampu membuat motor Casey Stoner bisa meraih gelar juara dunia bersama pabrikan asal Italia. Lantas, apakah bisa Jorge Lorenzo dari tim Movistar Yamaha mengulang sejarah kemenangan seperti tim Ducati Corse?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*