Ternyata ! Honda Jazz Terbaru Mesin Turbo Belum Masuk Indonesia

Honda Jazz Terbaru Mesin Turbo Mungkin Masuk Indonesia

OTOSEMI.com- Produk Mobil Honda Jazz Bermesin Turbo Terbaru 2016, belum lama ini tersirat kabar dari salah satu majalah Jepang yang menampilkan sesosok desain dari mobil hatchback bernama Honda Jazz versi terbaru. Diketahui produk baru mobil merek Honda tersebut kini dibekali dengan mesin kapasitas 1.0 liter berperangkat turbo. Selain itu ada beberapa prediksi yang menyatakan bahwa Honda Jazz Turbo ini akan segera masuk ke pasaran mobil Indonesia, namun menurut saya sangatlah tipis. Hal ini disebabkan pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) telah mengemukakan pendapat soal mesin 1.0 liter pada model Honda Jazz Terbaru yang berpendukung turbo belum ada rencana untuk dijual ke Tanah Air. Meskipun demikian sebelumnya memang HPM telah merilis terlebih dahulu mobil bermesin turbo yang terdapat pada All New Honda Civic mesin 1.5 liter di bulan April silam.

Tapi untuk varian New Honda Civic pihak HPM hanya menawarkan satu pilihan mesin yaitu 1.5 liter, hal ini dikarenakan tidak terlalu terbebani mengenai regulasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang mana hanya sebesar 30 persen. Namun bila pabrikan Honda Indonesia menjual pilihan mesin 1.8 liter pada New Honda Civic maka bukan tidak mungkin nantinya akan kena pajak PPnBM sebesar 40 persen.

Sedangkan bila benar di pasarkan ke Indonesia sosok mobil Honda Jazz terbaru bermesin 1.0 liter berpendukung turbo ini maka bakalan masuk pajak golongan PPnBM sebesar 10 persen, tapi mengenai banderolan harga mobil Honda tersebut pasti akan melonjak tinggi alias mahal sekali sebab memakai teknologi turbo.

Sesuai pengakuan Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor bahwa mobil yang disematkan perangkat turbo, pasti memiliki harga jual lebih mahal untuk itu pasti juga sulit terjual di pasaran mobil Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan sosok mobil jenis hatchback terbaru itu dijual ke Tanah Air.

Sebagai informasi tambahan mengenai sosok New Honda Civic turbo ini merupakan generasi ke sepuluh dan termasuk mobil bermesin turbo yang pertama kali dijual oleh pabrikan Honda Indonesia. Teknologi turbo memang membuat performa mesin mobil menjadi lebih besar dan tentunya cukup agresif meski menggunakan kapasitas mesin rendah dari model sebelumnya.

Bila mengingat kepopuleran mobil Honda Jazz di Indonesia ini mulai membludak di tahun 2010, namun kini nama honda Jazz sudah tidak begitu tercium karena tergeser oleh beberapa mobil jenis crossover, mobil LCGC murah, meski demikian pihak PT Honda Prospect Motor juga tidak begitu memprioritaskan mobil jenis Hatchback tersebut melainkan sosok jagoan mobil SUV bernama Honda HR-V dan Honda BR-V yang kini menjadi andalan terbaru mereka. Memang penyegaran produk Honda Jazz perlu dilakukan mengingat si mobil keluarga andalan Honda Mobilio sudah mengalami perubahan yang begitu memuaskan di tahun 2016.

Baca juga berita terbaru disini.

Soal Honda Jazz terbaru bermesin turbo ini kabarnya akan diluncurkan di Jepang dengan menyuguhkan tampilan desain mobil lebih sporty tepatnya dibagian depan yang kini sudah memakai teknologi LED, dan desain bumper depan mirip milik Honda HR-V. Sedangkan dapur pacu mobil Jazz terbaru akan menggunakan mesin kapasitas 1.0 liter teknologi turbo tiga silinder berpendukung direct injection, yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga 127 Hp dan torsi maksimum 200 Nm.

Mobil Hatchback terbaru milik Honda ini sebenarnya sudah dipasarkan ke beberapa negara bagian namun mengusung nama mobil yang berbeda-beda, bila di Indonesia mobil itu di namai Honda Jazz sedangkan di negara Jepang mengadopsi nama Honda Fit. Itupun juga memiliki kapasitas mesin yang berbeda pula ada yang 1.2 liter, 1.5 liter, dan 1.3 liter. Untuk pasaran mobil hatchback Indonesia sendiri mobil Honda Jazz dibekali mesin 1.5 liter VTEC.

Perlu di ingat, mari kita menunggu saja keputusan dari pihak Honda Indonesia terkait di masa mendatang akankah memboyong mobil turbo ala Honda Jazz terbaru atau lebih memilih memberikan beberapa penyegaran pada Honda Jazz terbaru itu. Meski pangsa pasaran mobil honda Jazz begitu kecil, tapi mobil honda itu sudah memiliki banyak sekali penggemar yang tersebar di wilayah Indonesia serta konsumen tertarik berkat tampilan mobil elegan bernuansa ala mobil Eropa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*