Spesifikasi dan Harga Tata Xenon XT Yang Tampil Gahar di IIMS 2017

Tata Xenon XT
Tata Xenon XT

Spesifikasi dan Harga Tata Xenon XT – Segmen penjualan mobil double cabin di Indonesia yang bisa dibilang stagnan yentunya tidak menyurutkan niat PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) meluncurkan Xenon. Double Cabin yang diproduksi India ini meluncur pada  IIMS 2017 lalu dan sampai sekarang memang belum terdengar gaungnya.

Pasalnya, Xenon XT diproyeksikan oleh TMDI sebagai kendaraan andalan operasional di perusahaan-perusahaan perkebunan maupun pertambangan. Tentu bukan hal mudah bagi TMDI untuk mewujudkan proyeksi tersebut. Sebab, pesaing Xenon XT rata-rata d-cab merek Jepang punya nama yang lebih harum di kalangan pengusaha perkebunan dan tambang.

Tata Xenon XT D-Cab 4×4 merupakan mobil kabin ganda yang di desain khusus dengan rangka kuat dan dapat digunakan dalam berbagai kepentingan hingga dan dapat dikatakan juga sebagai kendaraan operasional dengan tingkat efektif terbaik di kelasnya. Pihak Tata juga meyakini product terbarunya itu dapat di terima dengan baik oleh orang-orang tanah air dikarenakan sekarang ini perkembangan bagian pertanian serta perkebunan juga makin bertambah.

wheelbase (jarak sumbu roda) Xenon (3.150 mm) ini lebih panjang ketimbang Mitsubishi Triton (3.000 mm), sementara Hilux 3.085.

Tata Xenon XT
Tata Xenon XT

Hal ini yang menjadikan rear overhang pada Xenon XT tak terlalu besar. Hal ini menguntungkan ketika melahap tanjakan terjal. Hal lain yang terlihat dari luar ialah penggunaan pelek dengan PCD tak umum dibandingkan D-Cab lainnya di Indonesia. Jarak antara lubang baut (PCD, Pitch Circle Diameter) Tata Xenon XT ialah PCD 5×165. Dan tentunya berbeda dengan D-Cab lain yang rata-rata menggunakan PCD 6×139,7.

PCD berukuran ini sama dengan Tata Storme, SUV yang sempat dipasarkan Tata di Indonesia, serta produk India lain, seperti Mahindra. Agak jarak pelek dengan PCD ini di Indonesia.

Tata Xenon XT
Interior Tata Xenon XT

Gardan belakang yang digunakan Tata Xenon, dibuat oleh Salisbury (Dana 60), produsen gardan asal Amerika yang juga digunakan pada gardan belakang versi ‘heavy duty’ Land Rover Series dan Defender produksi 1971-1998.

Mesin

Ketika Tata Xenon dinyalakan mesinnya, awalnya terdengar cukup halus untuk mesin 4 silinder yang berkapasitas 2.200 cc DiCOR (Direct injection Common Rail engine), 16 katup DOHC dengan Variable Geometry Turbocharger ini.

Berdasarkan data spesifikasinya, mesin ini memiliki tenaga maksimum 147 dk/4.000 rpm. Tarikannya juga lumayan galak, seiring torsi 350 Nm yang sudah diraih di kitiran 1.500-3.000 rpm. Bolehlah jika dibandingkan dengan double cabin lain dengan mesin berkapasitas lebih besar yang juga berada di kisaran torsi yang tak jauh berbeda.

Baca: Harga dan Spesifikasi lengkap Mitusbishi Strada Triton Barbarian

Di pasar Indonesia nanti Tata Xenon XT D-Cab 4×4 bakal bersaing ketat dengan mobil pikap kabin ganda yang lain yang telah lebih dahulu di luncurkan seperti Mazda BT-50, Toyota Hilux, Mitsubishi Triton serta Ford Ranger. Sekarang ini mobil-mobil pikap double cabin yang bereda telah tak lagi cuma ditujukan untuk masalah usaha saja akan tetapi juga mulai merambah ke kebiasaan hidup pemiliknya.

Kelebihan:

  • Performa mesin mumpuni
  • Suspensi nyaman
  • Transmisi halus

Kekurangan:

  • Desain terlalu standar
  • Minim fitur hiburan
  • Citra merek yang harus dibangun kembali

Spesifikasi:

  • Tata Xenon XT
  • Harga:  Rp  Rp 320 juta (OTR DKI Jakarta)
  • Kapasitas Mesin: 2.200 cc 4 silinder
  • Tenaga maksimum: 148 dk/4.000 rpm
  • Torsi maksimum: 320 Nm/1.500 rpm
  • Transmisi: Manual 5 percepatan
  • Penggerak: Four Wheel Drive
Itulah Spesifikasi dan Harga Tata Xenon XT D-Cab. Semoga Bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*