Inilah 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Motor Nembak

Komponen terpenting dari sebuah motor yang harus di ketahui oleh semua orang tentu saja yaitu pada bagian knalpot motor, Knalpot motor adalah komponen terpenting juga dari motor yang mana mempunyai fungsi sebagai saluran pembuangan dari sisa-sisa pembakaran Bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan motor. Nah permasalahan yang sering terjadi ketika motor dinyalakan dan dijalankan yaitu keadaan dimana knalpot motor menjadi menembak-nembak nah sebenarnya apa sih penyebab knalpot motor menjadi demikian ? tentu saja mempunyai alasan tertentu bukan. Nah mari kita bahas langsung dibawah ini yah.

Biasanya motor mengeluarkan letupan sendiri seperti itu biasanya pada saat gas motor di turunkan dan pada saat dinaikkan sama sekali tidak mengeluarkan suara letupan sama sekali. Nah sebenarnya apa sih penyebabnya yuk simak langsung pembahasannya dibawah ini yah.

Ada beberapa penyebab Motor menembak-nembak atau meletup-letup :

  • Campuran udara

Yang pertama penyebab terjadinya letupan dari knalpot itu sendiri yaitu karena adanya campuran udara yang dihasilkan atau sisa pembakaran yang masih mengandung Udara yang mana terjadi pada busi kendaraan anda, sehingga pada saat pembakaran selesai dan sisa pembakaran di keluarkan dari Knalpot motor sehingga udara yang tidak terbakar ini berhasil lolos dari sisa pembakaran dan keluar melalui knalpot, gas sisa pembuangan yang tidak berhasil di bakar dengan sempurna ini disebut dengan after Burn atau sisa hasil pembuangan.

  • Air carburator kotor

Kemudian penyebab kenapa knalpot bisa meletup-letup juga dikarenakan beberapa hal seperti kerusakan pada penyuplai udara bersih yang digunakan dalam proses pembakaran. Yang mana air screw karburator yang kotor dan menyebabkan suara pembuangan dari knlapot seperti meledak. Hal ini wajar saja dan bisa di perbaiki.

  • Busi yang tidak layak

Kemudian penyebab kenapa knalpot motor bisa meletup-letup yang ketiga yaitu karena busi yang sudah tidak terawat lagi yang mana pada eletrokda busi itu sendiri kotor karena beberapa kerak yang menempel, sehingga pada saat saat digunakan untuk pengapian sudah tidak bisa berjalan dengan baik lagi. Untuk itu ganti busi dengan busi yang baru bisa membelinya di dealer Resmi ataupun juga dari bengkel resminnya sendiri.

  • Packing knalpot yang sudah rusak

Kemudian yang selanjutnya yaitu packing Knalpot yang sudah rusak dan juga sudah tidak berfungsi dengan baik lagi sehingga menyebabkan Knalpot tidak berfungsi sesuai dengan kinerjanya dan menyebabkan suara letupan-letupan yang terjadi hampir setiap saat.

Nah itulah beberapa penyebab knalpot kalian bisa meletup-letup atau juga bisa menyebabkan kinerjanya menjadi tidak berjalan dengan baik, nah langsung saja ke cara mengatasi knalpot motor yang meletup-letup :

  • Cek setelan pilot screw atau juga angin-angin atau karbu pada knalpot motor menjadi 2.3-3 putaran penuh, dan sesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan anda
  • Gunakan busi yang masih layak pakai, cek kondisi busi untuk pertama kali jika anda mengalami keadaan dimana knalpot motor anda meletup-letup. Biasanya kondisi busi yang sudah tak layak pakai lagi, ganti tiap perjalanan 6 ribu km.
  • Cek filter udara yang masuk, karena jika Filter penyaring motor ini kotor maka bisa menganggu jalannya masuk udara ke karburator.
  • Cek juga selang vacum bahan bakar yang langsung mengarah ke bagian tangki kendaraan, pastikan keadaannya baik saja tidak ada kebocoran atau sobek.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Knalpot motor yang meletup-letup. Terimakasih semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*