Suzuki Ertiga Diesel 2017 Mobil Mewah Bermesin Irit dan Canggih

Suzuki Ertiga Diesel 2017
Suzuki Ertiga Diesel 2017

Suzuki Ertiga Diesel 2017 – Suzuki Ertiga Diesel menjadi mobil baru yang keluar di tahun 2017. Mobil diesel ini memiliki kelebihan mesin yang sangat kuat dibandingkan dengan mobil bensin. Mobil diesel sanggup menaiki tanjakan dengan kemiringan yang luar biasa, sedangkan mesin bensin kekuatannya terbatas. Inilah alasan mengapa mobil-mobil Truk atau Bus atau SUV besar mayoritas memakai mesin diesel bukan mesin bensin. Karena torsinya yang sangat besar dan kemampuan membawa beban berat.

Bagaimana jika mesin diesel dimasukkan kedalam mobil berdimensi kecil seperti Suzuki Ertiga?. maka kekuatan mesin ini akan sanggup membawa mobil kecil ini ke tempat-tempat yang sangat sulit untuk dijangkau mobil MPV bensin seperti Avanza, Ertiga, Mobilio, Xenia dan MPV jenis lainnya.

Low MPV Diesel ini telah diuji jalan di Indonesia untuk menyesuaikan kondisi di jalan dan juga uji kecocokan dengan bahan bakar mesin diesel di Indonesia. Apalagi untuk saat ini Pertamina juga sudah meluarkan varian BBM Dexlite yang harganya lebih murah daripada PertaDex.

Spesifikasi Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga diesel 2017 memakai mesin diesel berkapasitas 1248 cc atau 1,3 Liter, mesinnya berteknologi SHVS yakni Smart Hybrid Vehicle Suzuki. SHVS merupakan penggabungan teknologi cerdas untuk menghemat bahan bakar dan meningkatkan performa mesin misalnya dalam SHVS memakai teknologi rem yang dapat menyimpan energi untuk digunakan saat dibutuhkan. Jadi pengurangan laju mobil (pengereman) dimanfaatkan untuk mengisi energi mobil yang nantinya dapat digunakan jika dibutuhkan.

Ada teknologi ISG, Idle Stop start, Torque Assist Function, Gear Shift Indicator, Brake Energy, dan masih banyak teknologi terbaru yang masih akan dibenamkan pada mobil semi hybrid bermesin diesel Suzuki Ertiga Diesel 2017 ini.

Suzuki Ertiga Diesel 2017
Interior Suzuki Ertiga Diesel 2017

Mobil ini juga memakai mesin diesel generasi terbaru yang sudah memakai Diesel Commonrail Direct Injection memakai turbo charger. Mesin yang menggunakan 4 silinder ini mampu mengeluarkan tenaga sampai 88,5 Hp (sangat besar untuk ukuran mesin diesel, apa lagi silindernya hanya 1200 cc). Kami rasa pemanfaatan turbo charged ini yang melonjakkan tenaganya sampai 88,5 Hp.

•    Mesin: Diesel (bahan bakar solar)
•    Kapasitas mesin: 1248 cc atau 1.3L
•    Teknologi mesin: SHVS, Commonrail, Direct Injection, turbo charged
•    Rasio kompresi mesin: 17,6 : 1
•    Tenaga maksimum: 88,5 Hp pada putaran mesin 4000 Rpm
•    Torsi maksimum: 200 Nm pada putaran mesin 1750 Rpm
•    Sistem penggerak: 2 roda (depan)
•    Kapasitas penumpang: 7 orang

Desain

Tidak ada penambahan yang menonjol alias hampir semuanya terlihat sama hanya saja ada penambahan logo Hybrid ZDi dibagian belakang sebelah kanan.

Suzuki Ertiga Diesel 2017
Mesin Suzuki Ertiga Diesel 2017

Teknologi SHVS sendiri sebenarnya telah digunakan Suzuki Ciaz yang di pasarkan di India. Teknologi ini tidak sepenuhnya Hybrid karena sistem  kelistrikan yang dialirkan hanya berfungsi untuk tetap menghidupkan lampu. Head unit dan kelistrikan lain pada mobil saat kondisi mesin mati, tidak bisa untuk menjalankan mobil.

Baca Juga: Mobil Suzuki Ciaz 2016 Jadi Penerus Sedan Masa Kini

Fitur

Fitur Diesel ini tentunya berbeda dengan Bensin dan menjadi salah satu daya tarik konsumen untuk membelinya. Kelebihan adalah fitur Idle Stop Start, Torque Assist Function, Brake Energy Regeneration dan Gear Shift Indicator, Indikator Water Sedimeter. Namun untuk transmisi hanya tersedia dalam versi manual. Di India, Ertiga Hyrid di klaim bisa menempuh 24,52 km per liter.

Suzuki Ertiga Diesel 2017
AC Suzuki Ertiga Diesel 2017
  • Idle Engine Start-Stop sangat berguna dalam menghemat pemakaian BBM.
  • Fitur Gear Shift Indicator sangat membantu untuk memberi tahu kapan sebaiknya harus pindah gigi, dan tentunya juga akan membuat pemakaian BBM menjadi lebih hemat.
  • Integrated Starter Generator (ISG) berfungsi untuk menggantikan tugas alternator konvensional dan membantu pergerakan mesin dieselnya.
  • Brake Energy Recuperation berfungsi untuk menyimpan energi kinetik hasil pengereman ke baterai Integrated Starter Generator (ISG). Energi dari ISG inilah yang nantinya akan digunakan untuk proses start-stop engine yang tentunya akan membantu akselerasi awal.
  • Indikator Water Sedimeter bermanfaaat untuk memberikan informasi seberapa banyak kandungan air yang terdapat pada filter solar.
  • Headlamp with Leveling sehingga dengan mudah untuk mengatur posisi cahaya lampu utama.
  • Rear Defogger pada kaca belakang yang berguna untuk menghilangkan kabut atau embun pada saat terjadi perbedaan suhu di luar kabin dan di dalam kabin di kala hujan.
Itulah Ulasan Singkat mengenai Suzuki Ertiga Diesel 2017 Mobil Mewah Bermesin Irit dan Canggih. Semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*