Spooring dan Balancing: Lakukan Ini Pada Ban Anda! (Part II)

Ketahui tips perawatan ban mobil Anda

Sobat Oto, apa kabar Anda hari ini? Kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai spooring dan balancing. Dalam artikel sebelumnya yang berjudul “Spooring dan Balancing: Lakukan Ini Pada Ban Anda! (Part I)”, sudah dijelaskan beberapa ciri jika mobil Anda butuh ke bengkel untuk dilakukan pengecekan ulang ban agar tetap berjalan dengan baik. Untuk melanjutkan pembahasan selanjutnya, maka kali ini kita akan fokus pada hal-hal apa saja yang kudu dilakukan agar mobil bisa nyaman dan aman digunakan, masih terkait dengan spooring dan balancing tentunya.

Sebelum pembahasan dilanjutkan, ada informasi yang sangat berharga yang sayang untuk dilewatkan, lho Sobat Oto! Info kali mengenai harga untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil Anda. Untuk satu ban mobil, balancing senilai 15 hingga 30 ribu, sedangkan untuk biaya spooring empat roda totalnya antara 120 hingga 200 ribu. Saat ini, ada balancing yang lebih modern yakni disebut dengan finish balance. Tentu saja, harga lebih mahal daripada balancing biasa, namun masih terjangkau lah. Harga untuk finish balance antara 50 hingga 70 ribu rupiah.

Nah, ini dia hal-hal yang bisa Anda laukukan untuk mengendalikan kenyamanan mobil Anda.

  • Rutin melakukan spooring dan balancing

Dalam jangka waktu paling tidak dua bulan, Anda sebaiknya mengagendakan membawa mobil Anda mengunjungi bengkel untuk dilakukan spooring dan balancing. Untuk lebih tepatnya, cobalah melihat buku panduan yang ada sebab setiap mesin mobil memiliki sistem dan teknologi suspensi yang berbeda-beda. Tentu saja, bagi Anda yang sering melakukan perjalanan melalui jalan yang permukaannya tak rata sebaiknya lebih sering untuk melakukan pengecekan.

  • Lakukan rotasi ban secara berkala

Salah satu tanda bahwa mobil Anda butuh di-spooring dan balancing adalah terjadinya keausan pada roda mobil terutama pada bagian depan. Untuk itu, Anda harus sering memutar atau merotasikan posisi roda atau ban agar tetap seimbang. Untuk pengguna kendaraan beroda empat, disarankan merotasi ban sekali setiap lima ribu kilometer.

  • Cek kaki-kaki sebelum spooring dan balancing

Sebelum melakukan spooring dan balancing, Anda disarankan untuk melakukan pengecekan pada komponen-komponen kaki seperti ban, suspensi, velg, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda ketika di bengkel sehingga proses akan berjalan lebih cepat sebab Anda sudah mengetahui kondisi kendaraan Anda jadi montir tak perlu lagi melakukan pengecekan ulang. Biaya jadi lebih irit dan hemat waktu pula.

  • Pilih bengkel yang berfasilitas dan dapat dipercaya

Yang satu ini juga tak kalah pentingnya, yakni dalam hal pemilihan bengkel yang hendak Anda percaya untuk melakukan spooring dan balancing pada ban mobil Anda. Pilihlah bengkel yang memiliki fasilitas spooring dan balancing yang lengkap dengan montir-montir yang bersertifikat untuk menangani kendaraan Anda. Hal ini akan mengurangi risiko salah pasang atau salah seting.

Biasanya, tak kurang dari satu jam tiga puluh menit waktu yang dibutuhkan untuk melakukan spooring dan balancing pada kendaraan Anda. Tetap perhatikan keselamatan dan kenyamanan Anda saat berkendara ya Sobat Oto! Salam otomotif!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*