Spesifikasi Mesin Yamaha YZF R3 Terbaru 2015

Spesifikasi dan harga Yamaha YZF R3- Motor baru Yamaha R3 ini merupakan salah satu varian motor sport besutan Yamaha yang akan di luncurkan pada tahun 2015. Namun sebenarnya motor sport Yamaha R3 ini sudah memulai debut pertamanya di ajang gelaran otomotif dunia bernama AIM Expo 2014 lalu bertempat di Orlando, Amerika Serikat. Bahkan menariknya YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) ini bakalan menjadi pemasok ataupun distributor resmi pemasaran Yamaha R3 ini ke berbagai belahan dunia.

Motor sport ini juga sudah masuk dalam kategori versi full fairing yang dimana akan segara di persembahan ke dunia pada tahun 2015 ini. Melihat sisi desain bodi, motor baru ini cukup menyita banyak sekali lekukan khas sporty nan mewah yang hampir mirip seperti layaknya motor balap di lintasan. Bahkan Yamaha R3 ini jika di lihat secara seksama, model yang di pakai pun sama seperti platform Yamaha R25 tahun 2014. Kemiripan ini terlihat dari sisi headlamp dan spatbor bagian belakang serta pilihan livery warna antara lain hitam, merah dan biru. Kemudian segi stripping pun juga kental sekali kemiripan dengan varian motor sport Yamaha R25.

Spesifikasi Mesin Yamaha R3

Yamaha R3 ini memiliki dapur pacu berkapasitas 321cc 2 silinder DOHC 4-valve yang tenaganya nanti di salurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dan mengadospi pendingin berupa cairan. Dengan kapasitas mesin yang cukup tinggi ini pun mampu menghembuskan tenaga hingga 42 Hp pada 10.750 rpm dan torsi mencapai 29,6 Nm pada 9.000 rpm.

Hal ini justru berbeda sekali dengan platform yang di gandrunginya yaitu Yamaha R25 yang masih memakai mesin kapasitas 249cc DOHC 2 silinder 4-valve dengan gigi percepatan hanya 6-speed serta berpendingin berupa cairan (Liquid Cooled). Bahkan tenaga yang di hasilkan pun cukup sedikit yaitu sekitar 27,2 kW pada 12.000rpm dan torsi puncak hanya 23,2 Nm pada 10.000 rpm. Namun kesamaan dari Yamaha R3 dan Yamaha R25 ini ialah pada sisi pengusungan teknologi Alumunium DiASiL Cylinder beserta Forged Piston andalan yamaha, yang juga di pakai dalam mesin motor GP dan mesin pada motor sport Yamaha R1 dan Yamaha R6.

Fitur Kenyamanan Yamaha R3

Untuk melengkapi varian motor sport ini pun pihak yamaha juga mempercayakan fitur kenyamanan pada suspensi teleskopik kayaba (STK) yang memiliki diameter hingga 41 mm dan bagian depan bertravel 130 mm. Dan suspensi bagian belakang pun juga semerek sama yakni suspensi monoshock kayaba bertravel 124mm. Tipe suspensi yang di adopsi Yamaha R3 ini merupakan salah satu suspensi yang memiliki kualitas tinggi dalam hal meredam getaran dan terlebih juga ada sistem pengaturan yang bisa di sesuaikan oleh pengguna.

Selain fitur kenyamanan di sisi suspensi pun yamaha juga membekali motor sport Yamaha YZF R3 ini dengan sistem pengereman berbasis ABS dengan piringan cakram bagian depan berukuran 298mm sedangkan bagian belakang hanya 220mm saja.

Namun motor sport yamaha R3 ini tidak di perjualkan di wilayah Indonesia karena motor ini termasuk dalam jenis barang mewah yang tentunya juga memiliki PPnBM sekitar 60%. Lagian motor baru yamaha ini juga telah memakai kapasitas mesin di atas 250cc tepatnya pada 320cc.

Harga Yamaha R3 Tebaru 2015

Yamaha membandrol motor sport yamaha R3 ini dengan harga yang cukup terbilang mahal sekali yaitu Rp 63 juta atau setara dengan USD 4,990. Dan harga ini ialah harga yang di tawarkan on the road Amerika Serikat.

Bagikan Yuk :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*



*