Si Tangguh dan Bertenaga All New Toyota Fortuner 2016

All New Toyota Fortuner 2016. Tahun ini Toyota tampaknya memiliki banyak kejutan untuk para pecinta otomotif. Setelah resmi meluncurkan All New Toyota Kijang Innova pada akhir tahun 2015, kini giliran penerus Toyota Fortuner yang melenggang ke pasar Indonesia. Sebenarnya Toyota Fortuner 2016 ini telah diperkenalkan beberapa waktu yang lalu. Namun untuk waktu peluncuran resminya, masyarakat Indonesia memang masih harus menungggu beberapa waktu.

Sebagai penerus seri Fortuner, tentunya banyak yang diharapkan dari Toyota Fortuner 2016 ini. Tak hanya dari sisi desain saja, performa dan fitur baru tentu banyak dinanti oleh pecinta keluarga Fortuner. Namun apakah ekspektasi itu barhasil dijawah oleh Toyota? Mari kita lihat ulasan lengkap Toyota Fortuner 2016 berikut ini.

Desain Eksterior

Minor upgrade, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan sisi eksterior All New Toyota Fortuner 2016. Tidak banyak perubahan pada sisi ini. Meski demikian, ada beberapa detail yang berubah seperti desain grill dan desain bumper yang sedikit berbeda. Generasi terbaru Toyota Fortuner ini kini juga tampil lebih sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Tak hanya itu saja, penerus keluarga Toyota Fortuner ini juga hadir dengan projector headlamps dan lampu belakang baru dengan teknologi LED.

Velg Toyota Fortuner 2016 kini tampil lebih sporty dari seri pendahulunya. Ada 2 varian ukuran velg yang tersedia yakni 18 inci dan 17 inci. Untuk varian entry level, ukuran velg yang tersedia adalah 17 inci. Sedangkan untuk varian yang lebih tinggi, pembeli akan mendapatkan velg alloy 18 inci.

Secara umum, desain All New Toyota Fortuner 2016 memang masih mengadopsi gaya desain yang sama dengan generasi sebelumnya. Namun kini Toyota Fortuner 2016 hadir dengan Toyota new generation architecture yang diklaim lebih ringan. Hal ini sontak meningkatkan handling dan kualitas berkendara Toyota Fortuner 2016. Meski hadir dengan dimensi yang lebih besar, Toyota Fortuner 2016 masih terlihat cukup ramping.

Desain Interior

All New Toyota Fortuner 2016 InteriorSebagai mobil SUV kelas menengah ke atas, Toyota Fortuner 2016 masih mempertahankan kesan premium melalui gaya interior yang elegan dan mewah. Ukuran kabinnya yang lega juga seakan memantapkan mobil ini sebagai salah satu mobil keluarga terbaik. Sisi dashboardnya memang masih didominasi dengan material plastik. Namun saat menilik lebih detail, kesan elegan terlihat cukup jelas dari beberapa sisi. Layar sentuhnya kini lebih cerdas dan telah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik. Speedometernya juga terlihat modern dengan stir yang telah dilengkapi dengan beberapa tombol kontrol.

Doortrimnya juga terlihat elegan lengkap dengan tombol untuk membuka jendela secara otomatis. Khusus pada kursi pengemudi, terdapat beberapa tombol kontrol lain untuk memudahkan pengendara dalam mengunci pintu mobil dan mengakses beberapa fitur lain.

Jok All New Toyota Fortuner 2016 juga terlihat cukup elegan dengan permukaan bermotif kayu. Untuk memberi kesan elegan, jok Toyota Fortuner 2016 menggunakan bahan fabric untuk varian GX dan GLX. Sedangkan pada varian Crusade, digunakan bahan kulit yang sangat elegan. Namun tampilan yang menarik hanyalah satu sisi dari segudang keunggulan yang ditawarkan oleh Toyota Fortuner 2016. Selain menarik secara visual, jok mobil ini juga terasa nyaman.

Mesin

Bagian mesin All New Toyota Fortuner 2016 tampak menerima beberapa peningkatan yang cukup berarti. Di pasar Indonesia sendiri, Toyota Fortuner 2016 akan hadir dalam 2 varian mesin yakni diesel 2.4 liter dan bensin 2.7 liter. Untuk varian diesel, mesin ini dapat memproduksi tenaga sebesar 147 Tk dengan torsi 400 Nm. Sedangkan untuk varian bensin 2.7 liter, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 160 Tk dengan torsi 242 Nm.

Dengan mesin sebesar ini tentu banyak yang bisa diharapkan dari performa mesin Toyota Fortuner 2016. Tanjakan tampaknya bukan menjadi masalah. Bahkan berkendara di medan yang cukup terjal juga dapat dilalui dengan cukup mudah. Tentu saja semua itu juga berkat desain bannya yang memiliki daya cengkram yang tinggi. Dan berkat performa mesin yang halus serta suspensi double wishbone, pengendara bisa melewati semua penghalang tanpa harus kehilangan kenyamanan.

Test Drive

Kini kita telah mengetahui spesifikasi mesin All New Toyota Fortuner 2016. Namun semua itu tentu kurang lengkap sebelum mengetahui performa sesungguhnya dari sang penerus Toyota Fortuner ini. Dalam sesi test drive, terlihat bahwa performa Toyota Fortuner 2016 sama sekali tidak mengecewakan. Melaju di atas jalan beraspal tampak tidak ada masalah sama sekali. Performanya sangat halus dan terasa nyaman saat dikendarai. Saat dikendarai di medan yang lebih kasar dengan kontur jalan berkerikil juga terlihat tidak ada masalah yang cukup berarti. Mobil masih dapat melaju lancar.

Dalam kondisi jalan yang masuk dalam kategori normal, Toyota Fortuner 2016 sama sekali tidak mengalami masalah. Semua kondisi jalan tersebut dapat dilibas dengan baik. Namun saat mulai berkendara di jalanan yang lebih ekstrem, mesin tampak perlu bekerja lebih keras. Untungnya mobil ini juga memiliki kemampuan 4×4. Kemampuan ini tentu sangat membantu pengendara untuk menaklukan medan yang cukup berat.

Secara keseluruhan performa mesin All New Toyota Fortuner 2016 memang sangat tangguh. Untuk yang satu ini tidak ada yang perlu diragukan lagi. Akan tetapi bagaimanapun juga mobil ini adalah mobil keluarga dan bukan mobil offroad yang sesungguhnya. Mungkin memang tidak ada masalah saat melaju di jalanan tanah dan penuh kerikil. Beberapa tanjakan juga dapat dilibas dengan baik. Namun saat digunakan di jalanan yang lebih ekstrem dengan kontur tanah yang tidak rata dan tanjakan yang cukup curam, mobil ini jelas perlu bekerja keras untuk melaluinya.

Harga

Untuk urusan harga, All New Toyota Fortuner 2016 tampaknya akan sedikit lebih mahal dari seri pendahulunya. Namun semua itu juga tergantung dari varian yang dipilih. Untuk Toyota Fortuner bermesin 2.4 liter, banderol harganya dimulai dari Rp 467 juta. Sedangkan untuk varian tertinggi, mobil terbaru besutan Toyota ini hadir dengan banderol harga di kisaran Rp 625 juta. Namun tentu saja harga saat sudah masuk ke dealer akan ada sedikit perubahan.

All New Toyota Fortuner 2016 Paling Bertenaga

Kesimpulan

Desain berkelas dan tangguh masih menjadi salah satu nilai jual Toyota Fortuner 2016. Mesin yang lebih bertenaga juga turut ditambahkan demi memberikan performa yang lebih bisa diandalkan. Meski demikian, kenyamanan pengendara dan penumpang masih menjadi perhatian Toyota dalam menghadirkan penerus Toyota Fortuner ini.

Performa mesin yang dihadirkan masih terasa smooth dan nyaman, begitu pula dengan tarikan gasnya. Ditambah dengan beberapa fitur keselamatan seperti 7 kantung udara, stability control, active traction control, electronic breaking system dan hill assist control, keamanan Toyota Fortuner 2016 juga tampak semakin unggul.

Aspek harga memang masih menjadi perhatian sebagian besar pembeli. Namun mengingat apa yang ditawarkan oleh All New Toyota Fortuner 2016, harga Rp 467 juta tampaknya masih cukup masuk akal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*