Scanner Mobil Alat Pendeteksi Kerusakan Mobil Masa Kini

Scanner Mobil Alat Pendeteksi Kerusakan Mobil

OTOSEMI.com- Analisa lebih Mendetail Mengenai Kerusakan Mobil Dengan Scanner. Memang zaman mulai berubah menjadi lebih modern ataupun maju, maka sudah tak heran atau canggung pula dengan teknologi canggih yang mengikuti era zaman. Semakin canggih teknologi yang di buat tentunya akan lebih mempermudah, untuk menganalisa suatu kerusakan yang kerap di alami oleh kendaraan baik itu roda empat (mobil) atau roda dua (sepeda motor). Bahkan cara pengoperasian alat canggih tersebut pun kini lebih di mudahkan sebut saja scanner mobil, sebagai alat yang mampu melacak kerusakan pada mobil anda.

Alat scanner mobil kerap di pergunakan oleh para mekanik di bengkel resmi service mobil. Ada pula yang melacaknya dengan bantuan laptop yang telah di instal program pendeteksi kerusakan mobil. Nah, untuk yang paling modern saat ini telah menggunakan scanner mobil, alat satu ini cara kerjanya cukup di colokkan kabelnya ke bagian bawah dashboard atau setir mobil. Setelah itu alat ini mampu memindai berbagai bagian serta memiliki fungsi membantu mekanik menganalisis kerusakan yang ada. Biasanya hanya mekanik yang ahli mesin bisa membaca diagnosa yang di munculkan pada layar scanner.

alat diagnosa kerusakan mobil

Namun perlu anda ketahui bahwa hanya mobil masa kini yang bisa di analisa dengan alat pendeteksi kerusakan mobil dan hanya pada produksi mobil tahun 1997-an ke atas. Nah, jika mobil kesayangan anda saat ini hasil produksi tahun 2000, maka sudah di pastikan dapat menggunakan alat scanner tersebut. Alat bantu modern ini lebih mudah di pakai,  sebab si mekanik tidak usah menganalisa dan memilah secara satu persatu atau manual di saat ada masalah kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Baca juga Mobileye Sebagai Alat Pencegah Tabrakan Yang Canggih.

“Cukup di sayangkan tidak semua bisa di deteksi oleh alat scanner ini, namun alat canggih ini hanya bisa deteksi kerusakan komponen  sistem yang biasanya di atur oleh ECU. Misalnya pada mobil Toyota Camry ataupun mobil-mobil baru buatan Eropa yang di mana sistem transmisi, airbag, ABS, elektrikal, AC, Immobilizer, sensor-sensor mesin hingga sistem injeksi bisa di analisa,” ujar Rahmad Jatmiko, mekanik bengkel Setiawan di Kediri-Jawa Timur.

Jatmiko juga menambahkan bahwa bila terjadi kerusakan “manual”, tentu saja bakalan mencari sendiri sumber permasalahannya. Kerusakan “manual” yang kerap terjadi di antaranya yaitu timbul bunyi di komponen kampas rem, setir yang masih manual bukan elektrik, oli tiba-tiba mampet dan lain sebagainya. Sementara itu keberadaan scanner mobil kemungkinan juga belum tersedia di bengkel non-resmi di Indonesia. Baca juga Cegah Pencurian Mobil Dengan Eyelock | Teknologi Scan Retina Mata Terbaru 2015.

“Harga scanner mobil memang cukup mahal, jadi belum tentu ada di bengkel non-resmi. Apalagi scanner universal yang pastinya perlu di update agar bisa menganalisa teknologi terkini mobil-mobil baru yang di pasarkan. Data pada software yang terpasang di scanner ini bisa di isi oleh semua jenis tipe mobil beserta mereknya,” ujar Jatmiko. Sehingga untuk menggunakan alat scanner tentunya akan memakan biaya tambahan saat service jika di luar service berkala.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*