Produksi Tembus  5 Juta Unit, Fiat Chrysler  Perbaharui  V6 Pentastar

perbaharui mesin v6 pentastar

Pabrikan Mobil Fiat Chrysler Sempurnakan Mesin V6 Pentastar- Optimisme produsen mobil merek Fiat terhadap perkembangan dunia otomotif yang kian pesat saja membuat semangat menciptakan produk terbaru yang tentunya lebih baik lagi itulah tujuan utama mereka. Bahkan setelah berhasil menembus angka jumlah produksi sebanyak 5 juta unit, kini pihaknya yakni Fiat Chrysler Automobile (FCA) kembali melakukan pembenahan pada mesin V6 Pentastarnya. Hasil menakjubkan dari proses pembaharuan itu menghasilkan ke efisiensi bahan bakar meningkat sebesar 6 persen, sedangkan pada torsi mesin bisa mencapai 15 persen.

Sesuai informasi yang di muat pada laman Autoevolution mengatakan keunggulan sisi lain yang ditawarkan oleh Fiat Chrysler dengan mesin V6 Pentastar versi penyempurnaan lebih dalam itu ialah bobot yang semakin ringan serta penambahan tenaga mesin yang semakin besar. Bagaimana tidak? Sosok mesin V6 dengan formasi 60 derajat ini masih tetap mengandalkan bahan pembuatan dari alumunium. Selain itu mesin versi baru ini bakal digunakan oleh sebuah mobil Jeep Grand Cherokee pada generasi terbaru nanti yang meluncur akhir tahun 2015.

Alhasil, pencapaian tenaga mesin bisa mencapai 290-295 HP serta meski kinerja yang pastinya akan besar ini ternyata sama sekali tidak memakan asupan pensuplai bahan bakar dari mesin yang sudah bersistem injeksi langsung. Memang kabarnya pemakaian injeksi langsung ini mereka terpikir bakal lebih mampu meningkatkan asumsi tenaganya serta efisiensi bahan bakar yang digunakan, namun pada kenyataan teknologi canggih itu hanya berdampak jangka panjang saja terhadap kendaraan.

Fakta membuktikan bahwa mesin yang telah mengadopsi teknologi injeksi langsung akan lebih banyak residu yang muncul di katupnya. Tetapi pada proses pembakaran secara alami kejadian itu tidak bisa terjadi. Adapula hasil yang ditimbulkan oleh teknologi injeksi langsung ialah partikel bahan bakar yang melewati proses pembakaran akan mengakibatkan partikel abrasive masuk kesemua tempat. Seperti halnya dilewati oli mesin.

Dengan begitu membuat Fiat Chrysler Automobile (FCA) meminta kepada insinyurnya dibuatkan mesin yang lebih efisien sekaligus memiliki peran penting terhadap katupnya. Sehingga kini terciptalah mesin Pentastar yang menggunakan fitur canggih terbaru yaitu VVT (Variable Valve Timing). Fitur VVT ini pula bisa diaktifkan phasers cam.

Menariknya fitur VVT ini akan bisa beroperasi dengan sempurna apabila sudah mencapai angka 70 derajat, bukan halnya pada VVT umumnya yang aktif saat sudah pada angka 50 derajat. Tujuan pengaktifan yang jauh lebih lama ini akan membuat konsumsi bahan bakar bisa irit hingga 2,7 persen sebab gesekan komponen ke mesin akan semakin rendah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*