Posisi Tubuh yang Aman Ketika Mengemudi Mobil

cara aman berkendara ala rifat sungkar

OTOSEMI.com- Cara Aman Berkendara Mobil Ala Rifat Sungkar. Anda salah satu yang aktif dalam berkendara jarak jauh terutama pengguna kendaraan roda empat? Jika itu benar maka tak luput dari kondisi tubuh menjadi sangat lelah dan mudak capek. Namun apabila pada saat mengemudikan mobil, posisi duduk yang anda lakukan itu sesuai aturan yang benar, maka bukan tidak mungkin bisa jadi lebih memberikan dampak baik yakni mengurangi ketegangan pada otot sekaligus menjadikan perjalanan jauh anda lebih aman dan nyaman.

Hal itu juga telah dijelaskan oleh sosok pembalap nasional bernama Rifat Sungkar yang memberikan beberapa cara untuk membuat anda selama berkendara menjadi lebih menyenangkan. Pada poin pertama beliau menyarankan kepada para pengendara mobil untuk mengambil posisi duduk yang benar, ini juga wajib sekali bagi pengemudi dengan perjalanan yang teramat jauh.

Adapun hal lain yang perlu diperhatikan ialah mengenai tangan kaki bisa menginjak rem dan gas dengan tepat, tapi bila masih kurang begitu nyaman maka anda bisa mengatur posisi jok dibuat lebih maju atau mundur. Bahkan lebih baiknya untuk mengatur sandaran jok dengan memposisikan harus menempel rata pada punggung di bagian bawah hingga menuju pundak. Cara ini dilakukan agar tulang belakang menjadi lebih nyaman ketika bersandar.

Sementara itu untuk posisi tangan alangkah baiknya jangan terlalu jauh dengan setir kemudi. Kemudian untuk bantalan kepala anda perlu mengatur sesuai dengan postur tubuh anda sendiri bahkan jangan lupa atur pula posisi spion dengan benar, tujuannya agar bisa melihat kondisi pengendara lain di belakang anda serta pakailah sabuk pengaman dengan tepat jangan terlalu longgar ataupun kencang maka sesuaikan dengan kebutuhan saja. Dan untuk posisi tangan sendiri ketika memegang kemudi harus sesuai aturan yang tepat seperti simbol jam. Ini maksudnya ialah posisi tangan yang benar berada di pukul 9-3 atau 10-2.

pembalap rifat sungkar berikan tips mengemudi mobil yang benar

Sangat “tidak disarankan” sekali pada saat memegang setir ini terlalu di bawah atau ke atas, posisi itu maka justru mengganggu kenyamanan berkendara. Tapi saya menyarankan kepada anda untuk mengambil posisi 9-3 sebab cara memegang setir kemudi ini anda akan lebih leluasa memegang tuas kontrol. Hindari mengemudikan mobil dengan satu tangan atau kedua tangan anda berada pada satu titik saja, cara ini memberikan dampak buruk yakni anda akan lebih kurang nyaman serta bisa jadi pemicu kecelakaan.

Selanjutnya ialah pada posisi kaki juga harus tepat, apalagi anda memakai mobil dengan tipe transmisi manual sebaiknya posisi kaki anda biasakan untuk berada di sandaran kaki yang terletak di sebelah kiri pedal kopling, cara ini bermanfaat agar bisa lebih siaga ketika ingin menggunakan. Bahkan untuk mobil dengan tipe transmisi otomatis atau matik ini posisi kaki kiri sepenuhnya harus berada di sandaran kaki dan tidak perlu digunakan, tapi untuk kaki kanan lebih berperan aktif dalam menginjak pedal rem dan gas.

Namun apabila anda ingin melakukan pengereman maka posisikan kaki kanan tegak lurus dengan pedal rem dan sedikit miring ke kanan, selain itu lebih baik juga posisi tumit kaki haruslah menempel sepenuhnya pada lantai mobil agar nantinya tetap dalam kondisi seimbang.

Poin selanjutnya ialah memposisikan pandangan mata harus tetap dalam kondisi fokus ke depan dan tidak boleh terlalu banyak bergerak. Hal ini bisa membuat anda lebih siaga ketika menghadapi sesuatu di depan yang mengejutkan. Maka di sarankan sebelum memulai berkendara mobil untuk menempuh suatu perjalanan sebaiknya aturlah posisi spion dengan benar baik itu spion samping atau spion dalam mobil.

Dan kejadian yang sering dilakukan pada pengemudi mobil ialah mengangkat panggilan telepon, hal ini sebenarnya boleh saja namun di sarankan menggunakan handfree serta pelankan laju kendaraan anda. Hindari menggunakan handphone ketika berkendara mobil hanyalah untuk mengirim atau membalas pesan singkat dari seseorang karena ini sangat membahayakan keselamatan anda. Namun jika itu cukup penting sebaiknya anda menepi terlebih dahulu dan kemudian matikan mesin mobil.

Tips mengemudi mobil yang benar ala Rifat Sungkar yang terakhir ialah selalu jagalah jarak aman ketika berkendara dengan mobil lain yang berada di depan anda. Khususnya juga pada saat anda memakai jalan tol usahakan bila anda berkendara dengan kecepatan rendah sebaiknya ambil jalur kiri hal ini bertujuan agar tidak mengganggu pengendara lain. Selain itu pula hindari memaksakan melakukan manuver dengan kecepatan tinggi meski pada saat itu kondisi jalan yang anda lalui sepi, dan tetaplah waspada dalam berkendara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*