Peraturan Baru MotoGP 2015 : Kapasitas BBM 22 Liter

Peraturan Baru MotoGP 2015

OTOSEMI.com – Peraturan Baru MotoGP 2015. Tahun 2014 bentar lagi akan berganti menjadi tahun yang lebih baru lagi yakni 2015 mendatang yang hanya dengan hitungan beberapa hari ke depan pastinya. Selain itu pula dengan ajang ternama dan paling keren di dunia yakni MotoGP pun telah menutup lembaran lama ┬ádi musim 2014 ini beberapa waktu yang lalu. Dan akan menyambut lagi di tahun 2015 tersebut dengan penuh semangat lagi serta peforma yang akan lebih di tingkatkan kembali demi merebut juara dunia MotoGP.

Melirik musim MotoGP dan Moto3 2014 ini banyak bermunculan juara-juara muda yang di raih oleh beberapa pembalap muda di berbagai team tentunya, yang sekarang dalam tahap era mempertahankan posisi juaranya tersebut. Di ajang moto3 terdapat pembalap muda Alex Marquez dari Team Estrela Galicia yang telah menjadi juara pertama di event tersebut, sedangkan pada moto2 di sandang oleh team Estrela Galicia Marc VDS yakni Esteve Rabat, dan ajang terbesar yakni MotoGP berhasil di sabet oleh pembalap yang mempunyai sejuta talenta dia ialah Marc Marquez.

Pembalap tersebut uniknya yakni sama-sama lahir di Negara Spanyol, suatu negara yang memiliki julukan “negeri Matador” di mana julukan tersebut akhirnya melahirkan juara-juara dari ajang balap MotoGP bergensi di dunia ini. Layaknya sang Matador yang sedang menjinakkan sang banteng ganas, seperti halnya di ajang balap ini pembalapnya menakhlukan lintasan balap tersebut dengan kemampuan hebatnya.

Baca juga : Inilah Perbedaan Balapan WSBK dan MotoGP.

Debat Kapasitas BBM yang di perbolehkan MotoGP

 

Musim balap MotoGP 2014 kini telah usai, namun pada musim ini telah menyisakan regulasi yang di yakini oleh pihak sebagian team yang mengikuti ajang bergensi ini kurang baik bahkan aturan yang di tetapkan pula kurang fair. Mengapa demikian sebab di dalam aturan pemberlakuan kapasitas bahan bakar yang di perbolehkan untuk ajang MotoGP bagi tim pabrikan utama atau yang biasa di sebut “Factory Team” ini hanya boleh mencapai 20 liter saja, sedangkan untuk team open class tersebut menampung maksimal BBM 24 liter.

Kejadian tersebut akhirnya menimbulkan kesan kurang fair terhadap team yang mengikuti ajang MotoGP, sehingga Dorna dan FIM ini sebagai pihak yang berwenang yang menyelenggarakan MotoGP ini menetapkan aturan baru lagi. Di mana pada ajang MotoGP 2015 ini akan di berlakukan untuk menggunakan bahan bakar maksimal 22 liter bagi semua team utama atau Factory Team dan untuk team open class ini hanya boleh menampung bahan bakar maksimal yakni 24 liter saja.

MotoGP 2015

Selain itu pula pada penggunaan paket sistem pengereman untuk kendaraan MotoGP 2015 yang di tunggangi ini mengalami juga dampak perubahan yakni hanya boleh menggunakan biaya maksimal dalam pembelian paket tersebut senilai 70.000 Euro saja, paket tersebut meliputi beberapa komponen yakni caliper rem, pad kit, cakram, dan silinder kaliper.

Sehingga nantinya di ajang MotoGP 2015 akan mengalami banyak perubahan dari segi aturan penggunaan motoGP. Adapun aturan tersebut setidaknya membuat lega untuk para team utama karena kapasitas bahan bakar yang di perbolehkan mengalami peningkatan menjadi 22 Liter. Sambutan baik pun sangat terlihat dari beberapa team utama yang gembira akan hal tersebut.

Sebab teknologi yang di usung team utama ini lebih baik dari team lain, namun dalam penggunaan bahan bakar tidak fair dengan pihak team non-pabrikan atau “Open Class Team”. Sehingga para team utama melakukan hal pengajuan pendapat ke badan penyelenggara MotoGP yakni Dorna dan FIM, dan hasilnya memuaskan sesuai apa yang di kehendaki pihak team utama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*