Penyebab Motor Matic Yang Tiba-Tiba Mati Sendiri

Penyebab Motor Matic Mogok

Memiliki motor matic mungkin kesenangan tersendiri bagi setiap orang yang mana semua penggunanya sendiri memang harus benar-banar paham dengan perawatannya juga. Nah sahabat otosemi untuk kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi kepada kalian bagaimana cara untuk memperbaiki Motor matic yang tiba-tiba mati sendiri baik karena terkena air hujan dan kelistrikannya mati atau juga bisa karena beberapa komponen mesin yang rusak dan kurang terawat. Nah sebelum kita membahas mengenai Tips untuk mengatasi motor matic yang selalu sering mati sendiri kita lihat terlebih dahulu penyebab Motor kalian bisa sering mati sendiri.

Penyebab Motor Matic yang tiba-tiba mati sendiri :

1. Safety Reason

Hal pertama yang mendasari kenapa banyak motor matic sering kali mati sendiri yaitu dari penggunanya sendiri dalam merawat motor, semakin rajin para pengguna Motor dalam melakukan perawatan maka semakin baik pula kondisi motor yang dimilikinya. Hal ini juga berpengaruh terdahap perjalanan anda pada saat di jalan raya, banyak sekali pengendara motor yang tak mampu merawat motor matic yang mana sebenarnya sedikit lebih rumit karena susah untuk di bongkar juga. Jadi hal pertama yang perlu kalian terapkan terlebih dahulu agar motor kalian tidak sering mati sendiri yaitu merawatnya, menjaganya dan mengurusnya setiap saat. Mungkin 1 bulan sekali bisa mengganti Oli, kemudian bisa melakukan servis Full di dealer resminya sendiri dan cek Up rutin untuk kondisi komponen mesin dan lain sebagainya.

2. Mesin sering mati dan susah untuk di hidupkan Ulang

Kalau yang nomor 2 ini sesuai dengan pengalaman saya pada saat menyalakan motor matic yang mana kadang terasa mudah dan juga kadang sangat sulit untuk di nyalakan, penyebab Utamanya karena pengapian tidak berjalan dengan baik sehingga membutuhkan keahlian khusus dari penggunanya untuk memperbaiki hal seperti ini. Biasanya terletak pada bagian komponen mesin motor dan juga pada bahan bakar karena proses pengapiannya yang tidak berjalan dengan baik.

3. Problem Kompresi bahan bakar

Kemudian yang ketiga yaitu karena masalah kompresi bahan bakar yang tidak baik juga, hal ini yang harus perlu di perhatikan untuk para rider yang mempunyai motor jenis Matic yaitu harus terus memperhatikan jenis bahan bakar yang digunakan. jangan sampai bahan bakar yang digunakan malah membuat kinerja mesin sendiri menjadi terhambat, saran dari saya untuk melakukan pengisian bahan bakar kalian bisa pergi ke SPBU karena disana jenis bahan bakarnya lebih aman dan jauh dari zat adiktif yang bisa merusak Mesin dan silinder pengapian yang nantinya berguna untuk proses bergeraknya mesin.

4. Penggunaan yang tidak teratur

Kemudian yang keempat penyebab lainnya yaitu karena penggunaan motor yang sama sekali tidak teratur sehingga menyebabkan Motor tak terawat dengan baik dan akhirnya kondisi mesinnya sendiri juga tidak berjalan dengan maksimal.

Nah dari beberapa masalah diatas tentu saja ada solusi yang tepat untuk mengatasinya, seperti apa cara atau solusi yang tepat untuk mengatasi motor matic yang sering mati tiba-tiba ? berikut penjelasannya dari saya :

  • Gunakan anti carbon
  • Rawat dengan baik
  • Gunakan bahan bakar yang bagus tanpa campuran sama sekali
  • Ceks up di dealer resminya
  • Perhatikan kebutuhan akan Komponen mesin

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi motor matic yang sering kali mati tiba-tiba tanpa kita sadari. Semoga bermanfaat untuk kita semua yah sahabat otosemi. Terimakasih sudah berkunjung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*