Pengertian Dan Cara Kerja Mesin Motor 4 tak Lengkap Dengan Animasi

Pengertian Dan Cara Kerja Mesin Motor 4 tak Lengkap Dengan Animasi

Sering kali kita melihat ada motor dengan Tebeng atau Body yang besar kemudian bertuliskan 4 Tak, nah bagi para pengguna Motor yang masih sedikit awam pastinya heran kok ada tulisan motor mesin 4 tak itu seperti apa sih, dan apa bedanya dengan mesin biasanya, Nah biasanya motor dengan mesin 4 tak ini lebih mahal dari mesin biasanya bisa jadi karena agak sedikit mahal untuk harganya sendiri. Kalian pasti bingung juga dengan kinerja Motor 4 tak ini seperti apa juga, Nah teman-teman otosemi kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai beberapa pengertian dan Juga cara kerja dari mesin Motor 4 Tak ini sendiri. Simak ulasannya berikut ini yah.

Pengertian mesin Motor 4 Tak

Mesin motor 4 tak merupakan mesin Motor yang membutuhkan 4 kali proses dalam menghasilkan 1 kinerja, jadi mesin ini lebih irit dan lebih Kuat untuk perjalanan jarak jauh, Dimana mesin 4 tak merupakan mesin mampu melakukan 2 kali perputaran Rotasi pada bagian Piston dengan pola naik dan Turun, Dua kali untuk As atas dan satu kali putaran untuk Noken As (camshafft).

Kemudian Untuk cara kerja dari mesin 4 Tak :

Mesin 4 langkahUntuk cara kerjanya sendiri sangat mudah untuk kita pahami, kita bisa lihat bahwa dalam mesin 4 tak sendiri mengalami 4 perputaran rotasi dalam 1 kinerja, bisa diartikan Mesin pembakaran dalam, yang merupakan mesin dalam 1 kali pembakaran bisa mengalami 4 langkah piston. Nah biasanya mesin-mesin Mobil, Kemudian Motor besar, pesawat menggunakan mesin pembakaran piston 4 langkah ini. Karena ada beberapa tahapan dalam proses pembakarannya sendiri mulai dari Tahapan Hisap (Pemasukan), kemudian disusul Kompresi, dan kemudian lanjut ke Tenaga lalu Langkah pembuangan sendiri.

Langkah Hisap :

Langkah ini merupakan langkah dimana pemasukan Udara atau kabut udara di bagian mesin Silinder, yang mana tenaga Produksi bahan bakar tergantung dari jumlah bahan bakar yang diberikan.

Langkap Isap :

Langkah Mesin IsapKemudian untuk langkah Kompresi atau langkah isap berbeda dengan langkah hisap dimana cara kerjanya yaitu mulai dari titik TMB ( titik mati Bawah) kemudian ke (Titik Mati Atas). Untuk kinerjaanya Titik Piston keluar dan masuk sebelum menuju ke Titik mati atas, dimana tujuan dari langkah ini yaitu untuk mencampur Udara dan juga dan bakar dalam proses Kompresi agar nantinya bisa menjadi senyawa. Kemudian untuk rasio dari hasil Kompresi ini sendiri nanti bisa berhubungan sangat erat untuk pengeluaran Tenaga mesin tersebut, tak lebih juga hubungannya dengan bahan bakar yang digunakan.

Langkah pembakaran

Langkah Mesin PengapianYang selanjutnya yaitu proses pembakaran, dimana pada lagkah ini merupakan langkah pembakaran dengan menyalakan Busi, dimana proses ini akan menyebabkan terbakarnya bahan bakar tadi, sehingga proses ini akan menimbulkan ledakan untuk mendorong piston bergeser Ke bawah, Sehingga akan memutar pada bagian as Creaft, dan akhirnya akan memutar kendaraan anda melalui Grear Motor.

Langkah Pengeluaran (Pembuangan)

Langkah Mesin PembuanganKemudian langkah pembuangan sendiri, untuk cara kerjanya begitu mudah dipahami dimana pada langkah ini tutup Klep x aakn terbuka dan tertutup untuk membuat energi yang sudah dipakai melalui saluran Knalpot motor, sehingga kita akan melihat bahwa pada proses ini Piston naik kembali karena adanya dorongan dari KruK AS Dari pembakaran yang dilakukan tadi dan berulang-ulang secara terus menerus.

Nah itulah beberapa pengertian dan juga cara kerja mesin Motor 4 tak lengkap dengan animasinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*