Nostalgia, Kelebihan Sesosok Sepeda Motor 2-Tak Versi Jadul

Motor Jadul Yamaha Alfa

OTOSEMI.com- Kelebihan Sebuah Motor 2-Tak. Di masa mendatang memang sudah di ketahui secara pasti, bahwa teknologi akan selalu berkembang mengikuti perkembangan masa saat itu juga, termasuk juga teknologi pada produk otomotif yang tercipta. Jika berbicara pada masa tahun 2015 sudah banyak terlahirkan inovasi terbaru tentang teknologi kendaraan seperti teknologi blue core dari Yamaha, kemudian teknologi PGM-FI pada Honda dan lain sebagainya. Kesemua teknologi tersebut pastinya mempunyai sisi kelebihan serta kekurangan di masing-masing inovasi yang sudah di buat dalam bentuk nyata. Namun, pernahkah anda mengetahui teknologi motor bermesin 2-tak di era tahun 80 hingga 90 an?

Secara garis besar notabene motor 2-tak pada masa lampau sempat menjadi salah satu primadona di Indonesia. Bahkan banyak pemuda pemudi yang menyukai jenis motor 2-tak hingga saat ini, walau sebenarnya motor ini hampir saja mengalami kepunahan. Hal ini di karenakan mereka tergeser dengan kendaraan yang lebih canggih dan lebih baik daripada motor 2-tak pada umumnya.

Baca ini juga ya? Tampang Honda Zoomer X Indonesia.

Memang motor jenis ini jika di bawa pada perkembangan masa saat ini sudah cukup terbilang sebagai motor jelek dan tidak bermutu, mengapa demikian? sebab motor 2-tak selain konsumsi bahan bakar sangat boros juga emisi gas buang jauh dari standart emisi Euro3.

Jajaran sepeda motor 2-tak yang sudah di rilis di Indonesia ini sudah cukup banyak di antaranya segmentasi motor bebek yaitu Yamaha Alfa, Yamaha Fiz-R 2-tak, dan lain-lain. Pada koleksi motor sport 2-tak pun juga ada pada jajaran motor merek Kawasaki yakni Kawasaki Ninja 150RR, di tambah Yamaha RX-King dan lain sebagainya.

Simak ini juga bro dan sis? Harga Kawasaki Ninja RR 2 Tak Terbaru 2015.

Produk kendaraan roda dua bermesin 2-tak atau 2 langkah ini sudah pasti emisi gas buang yang di keluarkan begitu banyak menimbulkan polusi udara yang berlebih karena asap tebal keluar dari knalpot. Padahal di kabarkan pada bulan Agustus 2015, stadart emisi Euro3 bakal segera di berlakukan oleh pemerintah.

Teknologi mesin 2-tak di Indonesia memang bukan hanya sekedar teknologi yang lewat pada ketenaran di masa silam saja. Di ketahui penggemar motor 2-tak di negara kita ini cukup banyak dan sudah tak asing lagi di semua kalangan. Hal ini di sebabkan oleh keunggulan yang di miliki motor jenis 2 langkah di bandingkan motor yang memiliki 4 langkah atau motor 4-tak yang sudah lalu lalang di jalanan saat ini.

Pasti Bro dan Sis belum baca ulasan ini? Konsep Motor Turbo Suzuki Recursion Sudah Terungkap.

Dari segi peforma mesin, motor 2-tak mempunyai sisi kelebihan yang belum tentu semua orang mengetahuinya. Secara garis besar motor 2-tak hanya membutuhkan 2 langkah piston naik-turun untuk menghasilkan sebuah tenaga, sedangkan mesin 4-tak memerlukan 4 langkah piston naik-turun agar bisa mengeluarkan tenaga. Dengan begitu tenaga yang di hasilkan dari mesin 2 tak bakal semakin melimpah, serta cara kerja yang amat responsif dan sederhana sekali.

Soal perawatan sepeda motor 2-tak lebih mudah di banding motor 4-tak, dengan konstruksi mesin serta cara kerja yang begitu sederhana inilah yang menjadi poin utamanya. Rata-rata bengkel umum sepeda motor yang tersebar di berbagai pelosok negeri ini sudah menguasai perbaikan motor 2-tak.

Beralih pada sisi kekurangan motor 2-tak, motor jenis ini cukup banyak menguras konsumsi bahan bakar sehingga bisa di katakan boros BBM. Hal ini tentu di sebabkan oleh cara kerja mesin 2 langkah yang mana sistem pembakarannya memerlukan asupan bahan bakar berlebih. Tapi lebih buruknya suara knalpot sepeda motor 2-tak cukup bising sekali, dan mau tak mau di era modern ini motor jadul Indonesia ini rela di singkirkan oleh produk-produk baru otomotif masa kini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*