Musim Hujan ? Perhatikan Tips Berkendara Yang Benar Berikut ini

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Halo sahabat otosemi masih bertemu lagi dengan saya tentunya di situs ini yang akan membahas mengenai berbagai Tips otomotif dan juga informasi seputar harga Motor dan mobil, nah sahabat otosemi untuk kesempatan kali ini kita sedikit membicarakan mengenai Tips berkendara di musim hujan yang benar itu seperti apa, tentu saja di musim hujan banyak sekali jalan yang berlubang, kemudian di tambah dengan kondisi air yang terlalu tinggi sehingga membuat tekanan ban lebih berat dari biasanya, dan masih banyak lagi yang lainnya, lantas bagaimana cara kita sebagai pengendara untuk mengatasi hal tersebut ? Berikut ulasannya yang bisa anda dapatkan.

1. Cek kondisi ban kendaraan

Yang pertama bagi kalian yang hendak berkendara alangkah lebih baiknya kalau kalian melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kondisi Ban dan juga tekanan ban, sehingga pada saat digunakan di jalanan yang penuh dengan genangan air tekanan ban bisa tetap stabil dan tidak membuat Guncangan, untuk itu pastikan tekanan angin pada ban kendaraan anda harus sesuai dengan kondisi Jalanan yang becek dan juga penuh dengan genangan air, intinya disini kondisi jalanan juga akan mempengaruhi tekanan ban kendaraan baik pada saat di jalanan kering dan juga pada saat di jalanan yang becek dan di penuhi genangan air.

2. Periksa Karet Wiper

Kemudian yang kedua jika anda menggunakan mobil alangkah lebih baiknya anda harus mengecek kondisi karet Wiper, yang mana biasanya kondisi karet wiper di musim kemarau jarang sekali digunakan dan karena sering kali terkena panas bisa jadi kondisinya tidak terawat dan bisa juga kering dan kaku, sehingga pada saat musim hujan penggunaan karet wiper bisa saja tidak maksimal dan hanya mengganggu pandangan jalan anda. Untuk itu kalau musim hujan sudah mulai tiba periksa kondisinya dengan baik agar perjalanan anda tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

3. Periksa kaca Film

Kemudian yang kedua yaitu jangan lupa juga untuk memeriksa kaca film Mobil kendaraan anda, karena biasanya kondisi kaca film ini akan lebih buram dan juga kehitaman karena sinar matahari berbulan-bulan dan menyebabkan pandangan menjadi terganggu pada saat musim Hujan datang. Untuk itu perhatikan bahwa pada saat anda menggunakan mobil lebih baik anda parkir di tempat yang teduh dan jauh dari jangkauan sinar matahari.

4. Cek kondisi Rem

Bukan sepele dan harus di perhatikan juga, karena REM merupakan komponen penting untuk setiap kendaraan, yang mana fungsi rem sendiri mengatur atau mengontrol laju kendaraan sehingga membuatnya lebih terkontrol pada saat dijalan, untuk itu perhatikan penggunaan Rem ini baik di musim Hujan dan musim kemarau, jika di Musim hujan jangan terlalu mensetting rem sepakem mungkin karena bisa jadi Ban malah tergelincir, setel rem stabil namun penggunaannya tidak terlalu berat. Lebih baik anda fokuskan untuk setel rem bagian belakang karena Fungsinya begitu penting untuk menjaga keseimbangan pada saat jalan menurun.

5. Cek kondisi Mobil

Kemudian yang kelima yaitu dengan mengecek kondisi mobil kalian, untuk pengendara mobil di usia mobil yang cukup tua pastikan cuci mobil di tempat pencucian Otomatis dan dari situ kalian bisa melihat apakah kondisinya masih bagus atau ada yang bocor, biasanya kalau ada yang bocor akan terlihat, dan segeralah perbaiki kondisi mobil yang bocor tersebut.

Nah itulah beberapa Tips yang harus di perhatikan pada saat berkendara di musim Hujan Khusus untuk mobil, lantas bagaimana untuk Motor sendiri? Yuk simak juga ulasannya dibawah ini yah.

1. Cek komponen motor

Yang pertama adalah cek komponen motor terlebih dahulu, yang pasti yaitu pada bagian mesin dan juga pada bagian ban kendaraan, pastikan semuanya masih bekerja dengan normal dan juga stabil. Jangan lupa juga untuk mengecek apakah pada saat motor berjalan di genangan air akan mengalami mogok atau tidak mungkin kalian bisa mengetesnya sendiri di rumah, hanya untuk berjaga-jaga jika sewaktu di perjalanan dan melewat genangan air motor tidak lagi mogok, biasanya yang kurang di perhatikan disini yaitu Tutup busi, pada bagain ini sangat rawan jika terkena air sedikit saja akan langsung mati. Untuk itu jika penutup Busi motor anda longgar alangkah lebih baiknya di beri tambahan seperti karet ataupun apa yang bisa menghalangi air masuk.

2. Gunakan perlengkapan yang lengkap

Aneka Jas Hujan Khusus Pengguna Sepeda MotorKemudian yang kedua yaitu untuk pengendara motor karena tidak sama seperti mobil maka gunakan perlengkapan pada saat berkendara yang lengkap terlebih di musim hujan, jangan lupa untuk selalu membawa jas Hujan kemana-mana dan juga mantel. Bukan hanya itu saja kalau pada musim hujan mungkin kalian bisa menggunakan sendal Gunung yang lebih mudah meresap air dari pada harus menggunakan sepatu, Sendal gunung juga terbuat dari bahan yang serat sehingga tidak licin pada saat di genangan air dan itu cukup membantu pada saat di jalan raya yang licin karena hujan.

3. Cek kondisi ban

Kemudian hampir sama juga dengan mobil yang perlu di perhatikan disini yaitu dengan mengecek kondisi ban kendaraan motor anda, jangan sampai ban kendaraan motor terlalu besar tekanananya, yang mana bisa jadi pada saat berjalan di genangan air keruh anda tidak bisa melihat apakah di situ ada lubang yang dalam dan di penuhi batuan atau tidak, jika kondisi ban terlalu tinggi tekanannya maka bisa jadi akan mudah tergelincir, pastikan tingkat kelebaran samping kanan kiri ban stabil, sehingga pada saat anda berbelok tidak terjadi hal-hal yang di luar dugaan kita.

4. Pahami penggunaan Rem

Berbeda di musim kemarau, untuk penggunaan rem sendiri harus kalian pahami dengan baik, kondisi jalanan yang kering bisa tentu akan lebih mudah pada saat pengereman, namun untuk kondisi jalan yang basah dan licin untuk pengeremannya sendiri juga sedikit sulit, jangan menggunakan rem yang terlalu pakem itu bisa menyebabkan anda tergelincir. Setel rem yang jangan terlalu pakem. Untuk itu anda sangat di sarankan jangan mengendarai motor dengan agresif atau kencang karena bisa membuat laju motor sama sekali tidak terkontrol.

Nah itulah beberapa tips berkendara di musim hujan baik untuk motor dan juga untuk mobil, mungkin sampai disini dulu artikel mengenai tips berkendara di musim hujan, jika nanti ada tambahan dari teman-teman terkait dengan artikel ini bisa di berikan pada bagian kolom komentar yah, terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk membaca-baca artikel lainnya yang ada di situs ini, ok sahabat otosemi sampai jumpa kembali. Share yah jika bermanfaat untuk kalian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*