Mobil Terbakar Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya !

Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mengatasinya

OTOSEMI.com- Berikut Ini Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Secara Tiba-Tiba. Pada kenyataan ternyata ada segelintir orang yang pernah mengalami kejadian yaitu mobil terbakar dengan sendirinya, melihat hal itu terjadi cukup mengerikan sekali bagi saya, coba anda bayangkan bagaimana perasaan anda bila secara tiba-tiba mobil yang anda tumpangi atau kendarai tersebut terbakar, bukan tidak mungkin bakalan bisa menelan korban. Sehingga membuat saya bertanya pada seorang mekanik mobil yang cukup handal dibidangnya, kabarnya penyebab mobil terbakar di antaranya bisa jadi karena mesin sudah tak layak pakai, kesalahan dari pengemudi sendiri dan faktor eksternal lainnya.

Faktor utama penyebab mobil terbakar yaitu pada oli mesin yang mengalami rembesan sehingga bisa jadi mengakibatkan adanya kebakaran. Hal ini sering terjadi karena kesalahan pemilik mobil itu sendiri yang mana mengisi oli mesin tanpa mengetahui takaran, serta sampai terlalu banyak ini tentunya pelumas akan berceceran ke ruang mesin, yang bisa jadi menimbulkan genangan oli pada seputaran baut header. Akibat terburuk dari hal ini ialah saat mesin berada pada suhu terpanas mobil bisa terbakar akibat header knalpot yang telah membakar oli yang berceceran tersebut.

Penyebab lain mobil bisa terbakar karena oli, adalah saat pemilik tidak memperhatikan periode penggantian oli gardan, akibatnya seal-seal pada gardan menjadi lebih getas dan biasanya juga membuat oli merembas keluar. Dengan begitu ketika bagian gardan cukup panas, maka rembesan oli itu bisa terbakar seketika. Namun kejadian itu jarang sekali terjadi sebab oli baru bisa terbakar saat suhu sudah mencapai 200 derajat lebih. Cara mencegah permasalah itu tak lain ialah selalu ganti oli gardan dan jangan sembarangan ketika mengganti oli pada mobil anda.

Penyebab mobil terbakar lainnya ialah knalpot bocor, perlu anda ketahui bahwa bagian exhaust system itu memiliki hubungan secara langsung dengan api sisa pembakaran di cylinder head, sehingga bila knalpot mobil bermasalah maka bukan tidak mungkin api bisa keluar melalui lubang tersebut. Namun cukup berbahaya sekali apabila bagian tersebut berdekatan dengan tangki bahan bakar bisa jadi meledak atau terbakar. Tapi untuk mobil keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan sekat yang diletakkan pada exhaust atau header yang mempunyai tujuan sebagai penangkal kebocoran api.

Masalah konsleting pada kelistrikan mobil juga menjadi salah satu penyebab mobil bisa terbakar, sebab hampir semua perangkat yang terpasang pada kendaraan dilengkapi dengan kabel, rawan sekali bila terjadi masalah sedikit saja. Maka alangkah baiknya apabila semata-mata ingin memodifikasi mobil atau hanya sekedar memasang aksesoris lakukan secara hati-hati dan tentunya sesuai dengan prosedur. Sebagai contoh bila ingin memasang lampu tambahan pada ruang kabin, maka perhatikan terlebih dahulu kualitas kabel dan soketnya.

Hal ini untuk menghindari terjadinya konslet sebab bila kualitas kabel murahan tentunya mudah terkelupas yang mengakibatkan konslet sembari menempel pada bodi mobil. Untuk mencegah hal itu maka saran terbaik dari saya gunakan sambungan, kabel, sekring dan terminal yang berkualitas bagus tidak murahan. Mengenai pemasangan sebaiknya serahkan pada ahlinya untuk menghindari resiko nantinya.

Kebiasaan pemilik mobil mencharger smartphone di dalam mobil ini juga rawan terjadi kebakaran pada mobil, sebab bila kabel charger itu kualitasnya murahan bisa jadi meleleh saat digunakan terus-menerus kemudian membakar bagian dashboard mobil. Untuk itu bila charger sudah tidak digunakan maka langsung cabut charger saja.

Selang bensin bocor juga bisa mengakibatkan mobil terbakar, sebab bahan material selang tersebut ialah karet yang pasti memiliki masa pakai dan bila sudah mulai waktunya untuk penggantian selang bensin maka segeralah di bawa ke bengkel mobil resmi. Cara ini untuk menghindari terbakarnya mobil ketika selang bensin lama tak diganti dan ada sedikit kebocoran yang terkena percikan api.

Kesimpulannya penyebab mobil terbakar adalah gara-gara oli mesin merembes keluar, selang bensin bocor, konsleting pada sistem kelistrikan mobil, dan knalpot bocor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*