Mesin Kendaraan Susah Distarter? Ini Penyebabnya! (Part 2)

Hi Sobat Oto, kali ini kita akan menyambung artikel sebelumnya yang bertemakan mesin sulit distarter. Sebagai sekilas pandang saja, pada artikel sebelumya yang berjudul Mesin Kendaraan Susah Distarter? Ini Penyebabnya sudah dibahas mengenai salah satu penyebab mesin sulit distarter yakni adanya ketidak beresan komponen kelistrikan yang ada pada mobil atau motor kesayangan Anda, seperti socket dan kunci kontak, kabel sekring utama hingga aki. Lalu, apa sajakah komponen listrik lainnya yang mungkin menyebabkan masalah ini?

d. Dinamo starter

Dinamo starter merupakan komponen kecil yang penting dan harus selalu berfungsi baik jika mobil atau motor ingin tetap hidup. Dinamo starter berfungsi sebagai alat atau sumber gerakan pada mesin yang dapat mengubah aliran listrik menjadi energy putaran sebagai penggerak mobil atau motor, Jika komponen ini rusak atau tak berfungsi dengan baik, maka otomatis saja kendaraan kesayangan Anda jadi rewel. Biasanya, jika Anda memutar kunci kontak, maka hanya terdengan suara lamat-lamat saja. Jika sudah demikian, segeralah mengecek dinamo starter Anda terutama pada bagian gearnya. Jika memang sudah tak bisa, segeralah menggantinya dengan yang baru.

e. Alternator atau dinamo amper

Selain dinamo starter, ada juga jenis dinamo lain yang ada pada mesin kendaraan. Dinamo satu ini juga kadang jadi masalah mesin sulit distarter. Sobat Oto tau? Jika dilihat dari fungsinya, dinamo amper memiliki fungsi yang berkebalikan dengan dinamo starter. Betul sekali, dinamo amper atau yang sering disebut dengan alternator berfungsi untuk mengubah energi gerak atau energy mekanik menjadi energy listrik atau elektromagnetik.

f. Masalah dengan kabel-kabel

Selain ada masalah dengan mesin-mesinnya, cobalah untuk memeriksa kabel-kabel penghubung dengan rutin. Di dalam kabel-kabel tersebut terdapat logam-logam yang berfungsi sebagai penghantar atau konduktor listrik ke seluruh bagian mesin lainnya yang bekerja menggunakan listrik. Jika salah satu kabel terputus, maka tentu saja listrik tak bisa mengalir dengan lancar.

Setelah mengetahui beberapa komponen mesin yang wajib dicek harian agar kendaraan tetap bisa distarter dan digunakan., ada juga komponen lain yang bisa menyebabkan bandel distarter, yaitu bagian mesin.

2. Mesin

Dalam hal ini, ada enam jenis mesin yang jika kerjanya terganggu dapat membuat motor atau mobil Anda sulit distarter. Langsung disimak saja ya Sobat Oto keenam mesin itu.

  • Platina

Ada beberapa jenis mobil yang dilengkapi dengan platina. Platina atau breaker point merupakan system pengapian pada kendaraan yang berfungsi untuk memutus dan menyambung aliran listrik yang masuk ke mesin-mesin lain yang membutuhkan aliran listrik. Tentu saja, jika platina rusak, maka otomatis aliran listrik akan terputus dan kendaraan tak bisa dihidupkan.

Sobat Oto, jika Anda ingin tahu kelima mesin lain yang mungkin bisa sebabkan mesin sulit distarter, jangan lewatkan pembahasannya di artikel berikutnya ya. Jangan lupa mengecek kendaraan Anda secara rutin, agar kendaraan tetap bisa dipakai dengan aman dan Anda pun nyaman. Baca juga kelanjutan ulasan ini, Mesin Kendaraan Susah Distarter? Ini Penyebabnya (Part 3)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*