Mesin Kendaraan Susah Distarter? Ini Penyebabnya! (Part 1)

Bagaimana perasaan Anda jika sedang terburu-buru dan harus pergi, namun tiba-tiba saja mobil atau motor Anda tak bisa di starter? Sangat sebal pastinya. Apalagi, jika kendaraan tersebut sebelumnya baik-baik saja dan tidak menunjukkan sinyal-sinyal kerusakan parah. Hal tersebut juga sering dikeluhkan oleh para pengguna kendaraan bermotor saat service bulanan. Masalah mesin sulit distarter ini juga termasuk hal biasa karena terlalu seringnya para pelanggan mengeluhkannya.

Ada berbagai penyebab mengapa mesin mobil atau motor Anda sulit distarter. Berikut Ini akan dibahas mengenai komponen apa saja yang perlu dicek (self-check) saat kendaraan Anda “ngambek” agar tak sampai masuk bengkel. Langsung simak yuk!

1. Kerusakan pada sistem kelistrikan

Listrik merupakan kebutuhan pokok bagi mesin kendaraan bermotor (semua jenis kendaraan). Sebab, dari listrik itulah energi untuk proses pembakaran berasal. Jika, tiba-tiba saja kendaraan kesayangan Anda susah untuk dihidupkan, besar kemungkinan ada hal yang tak beres dengan komponn yang berhubungan dengan kelistrikan. Kerusakan yang terjadi dapat terdeteksi dari tidak adanya arus listrik yang tersambung atau mengalir. Anda bisa mengeceknya dari bunyi starter dynamo yang lemah. Namun, jika kendaraan tersebut didorong, maka akan berfungsi dengan baik.

Ada beberapa komponen kendaraan bermotor yang berhubungan langsung dengan sistem kelistrikan, apa saja? Ini dia.

a. Aki (accu)

Aki merupakan sumber dari komponen kelistrikan yang ada pada kendaraan bermotor. Aki bertanggung jawab pada suplai arus listrik atas semua komponen. Jika susah dihidupkan, biasanya ada hal yang tak beres dengan akinya, entah airnya yang habis (bagi Anda para pengguna motor dengan aki basah) atau bisa juga karena kerak yang menyumbat terhantarnya aki listrik ke komponen lainnya.

b. Kabel sekring utama

Mesin sulit di starter bisa juga disebebkan oleh tidak berfungsinya kabel sekring utama dengan baik. Kabel sekring utama terletak di dekat aki tepatnya dekat dengan kutub positifnya, jadi tempatnya agak tersembunyi. Meskipun demikian, jangan malas ya Sobat Oto untuk mengeceknya. Jika kabelnya tak nyambung, Anda tinggal menyambungkannya kembali. Namun, jika kabelnya jelek atau sudah mengelupas, sebaiknya langsung diganti saja.

c. Kunci kontak dan socket

Masalah ia juga bersumber dari kendornya socket yang berfungsi untuk menyambungkan kunci kontak. Biang keladi mesin tak mau menyala ini bisa Anda liha dari: jika kunci kontak diputar, tak ada tanda-tanda adanya dynamo starter yang bergerak. Alangkah lebih baik ika Anda melakukan pengeceka pada socket dan kunci kontak sebelum berpindah mengecek aki.

Bagaimana Sobat Oto, apakah salah satu komponen kelistrikan di atas termasuk penyebab mesn kesayngan pada motor atau mobil Anda sulit distarter? Jika belum, coba baca sambungan dari artikel ini. Masih dengan judul yang sama ya. Tentunya, pembahasan akan tetap terfokus pada masalah mesin sulit distarter. Berikut ini artikel selanjutnya :

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*