Ini Loh Akibat Tidak Pernah Mengganti Oli Mesin Kendaraan

4 Akibat Apabila Tidak Ganti Oli Mesin Kendaraan Secara Berkala

Ini Dia Akibat Tidak Pernah Mengganti Oli Mesin Kendaraan

Halo sahabat otosemi, masih bertemu dengan saya lagi tentu saja dalam situs ini saya akan membahas banyak sekali mengenai Informasi dan Juga Tips-tips dunia Otomotif itu sendiri. Nah untuk kesempatan kali ini saya ingin memberikan penjelasan kepada kalian yang punya kendaraan baik mobil maupun Motor yang mana kalian sebagai pemilik kendaraan tersebut jarang mengganti Oli mesin kendaraannya yang menyebabkan mesin tidak bisa bekerja dengan maksimal. Nah sahabat otosemi untuk itu disini ada beberapa alasan atau akibat kenapa anda harus mengganti Oli mesin kendaraan anda rutin setiap tiga bulan sekali. Berikut penjelasannya dari saya.

Akibat tidak mengganti Oli mesin kendaraan anda :

1. Penurunan kualitas mesin kendaraan

Yang pertama tentu saja yaitu penurunan kualitas mesin kendaraan anda, dimana kendaraan anda yang semula sama sekali baik-baik saja dan sudah waktunya untuk ganti oli dan tidak anda ganti sama sekali akhirnya berdampak pada kondisi mesin pada saat di gunakan, yang mana pada saat anda menjalankan mesin kendaraan anda akan menimbulkan Bunyi yang sama sekali tidak nyaman untuk di dengarkan telinga, untuk itu perlu anda ketahui bahwa keadaan Oli mesin kendaraan anda mulai kering dan kotor dan perlu pembaharuan dengan cara mengganti dengan yang lebih baru lagi.

2. Pemborosan BBM atau bahan bakar kendaraan

Yang kedua yaitu pemborosan Bahan bakar kendaraan yang mana semakin lama mesin tidak mendapatkan pelumas baru maka tingkat kelonggaran ring akan semakin tinggi sehingga bahan bakar yang masuk tidak bisa di olah dengan baik dan masih ada bahan bakar yang belum sempurna terbakar dengan baik sehingga pemborosan bahan bakar pun bisa saja terjadi. Untuk itu agar bahan bakar kendaraan anda tidak boros maka secara Rutin gantilah Oli kendaraan anda setiap 3 bulan sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.

3. Kemudian yang ketiga Over Heating

Pernah dengar istilah Over Heating ? tentu saja kalau kalian pengguna Kendaraan pasti akan tahu dengan istilah satu ini. Benar sekali Over heating adalah keadaan dimana mesin mengalami panas atau bisa saja karena beberapa komponen mesin yang mengalami masalah. Salah satu masalah penyebab Mesin lebih cepat panas yaitu tidak pernah mengganti Oli mesin kendaraan. Dimana Fungsi Oli itu sendiri sebagai pelumas mesin dan juga pendingin mesin agar pada saat mesin bekerja dengan kecepatan tinggi tidak menimbulkan panas yang berlebihan, karena pada saat mesin bekerja Gesekan demi gesekan akan terus bergetar mengahasilkan energi untuk menopang jalannya motor.

4. Kerusakan Komponen

Yang keempat yaitu tentu saja kerusakaan komponen tidak bisa terhindari dari mesin kendaraan anda dimana, semakin anda lama mengganti oli kendaraan anda maka kerusakan pada komponen mesin juga akan semakin Tinggi, ini sangat tidak bagus untuk kinerja kendaraan anda sendiri. Nah pada dasarnya dengan mengganti oli kendaraan bisa membuat kinerja menjadi lebih baik dari biasanya.

Nah sahabat otosemi itulah beberapa akibat yang akan kalian dapatkan khususnya untuk kendaraan kalian yang terlalu lama olinya sama sekali tidak diganti. Agar kendaraan kalian tetap awet tahan lama maka yang perlu kalian terapkan yaitu dengan mengganti oli kendaraan dengan rutin dan juga selalu merawatnya dengan baik. Ok sahabat otosemi sampai disini dulu artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada kalian semua. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk terus pantengin artikel terbaru disini yah. terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*