Komponen Winglet Pada Ducati Desmosedici GP 15

Photo Taken From: racemotogp.com

Gara-Gara Winglet Ducati- Di ketahui tes resmi pra musim MotoGP 2015 telah usai di laksankan oleh para pabrikan, tim pembalap, dan pembalap kelas MotoGP yang berlangsung di sirkuit Losail, Qatar pada tanggal 14 Maret hingga 16 Maret 2015 kemarin. Dari hasil tes resmi tersebut ada fakta yang cukup mengejudkan jagad ajang balap MotoGP yang mana Duo Ducati mendominasi tes, padahal peforma mereka ini beberapa tahun belakangan cukup menurun sekali, namun tak di sangka pada musim balap 2015 ini tim Ducati begitu unggul di saat tes resmi berlangsung. Mengapa ini terjadi, apa penyebab Duo Ducati begitu lincah kendaraan sang Desmosedici GP 15?

Komponen Winglet pada motor prototype Ducati Desmosedici GP 15, inilah yang menjadi penyebab Duo Ducati begitu tangguh di ajang balap sesi pertama dan sesi kedua. Komponen winglet ini sebenarnya menyerupai bentuk sayap pesawat terbang yang kecil dalam posisi terbalik. Pendukung winglet ini mampu memberikan sensasi lebih cepat saat melakukan keluar tikungan atau saat berakselerasi cepat, dengan begitu mampu memangkas lebih cepat waktu lap time.

Bahkan Duo Ducati Andrea Dovizioso (04) dan Andrea Iannone (29) ini begitu saling kejar-kejaran untuk mendapatkan posisi puncak nomer 1 di lintasan balap Losail pada sesi pertama dan sesi kedua. Mereka juga telah geser posisi si Baby Alien dan beberapa top rider lainnya. Namun saat akan di langsungkan sesi ketiga yang tidak memungkinkan di sebabkan track sedang di guyur hujan lebat, sehingga pihak peyelenggara balap MotoGP pun memberi keputusan untuk tidak melanjutkan sesi ketiga ini.

Sebagai informasi, winglet atau sayap lebih mengutungkan sekali di sisi menempuh waktu tercepat, sebab dapat mengurangi tingkat wheeli atau motor mengangkat, sehingga peforma downforce lebih sempurna atau bagus. Bahkan kini tim papan atas MotoGP seperti Honda dan Yamaha menjadi semakin mewaspadai atau was-was dengan komponen tangguh ciptaan Ducati ini.

Tetapi sayangnya bos Ducati bernama Gigi Dall’igna masih mempertimbangkan lagi dalam penggunaan komponen winglet di ajang balap resmi MotoGP sesungguhnya, sebab masih dalam tahap pengumpulan data dan hanya sebatas eksperimen saja. Untuk selanjutnya Ducati menggunakan si komponen winglet secara resmi atau tidak pun masih belum bisa di klarifikasi lebih lanjut. Pihak Dorna sendiri juga masih mempelajari dan mempertimbangkan dalam penggunaan komponen baru Winglet di MotoGP.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*