Inilah Beberapa Komponen Motor Mudah Rusak, Anda Harus Tau !

Komponen Motor Mudah Rusak Salah Satunya Busi

OTOSEMI.com- Berikut Komponen Motor Yang Mudah Rusak. Mempunyai sepeda motor sendiri memang menyenangkan, terlebih jika sepeda motor sesuai dengan harapan kita. Tapi ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan, jika mempunyai sepeda motor. Yaitu mengenai Komponennya sendiri. Kebanyakan sepeda motor memiliki masalah dari komponen-komponen yang sering kali rusak dan harus minta ganti yang baru. Komponen-komponen sepeda motor yang cepat rusak ini tentu saja untuk harganya ya lumayan menguras kantong. Ada sih yang murah, namun juga ada yang mahal. Nah ingin tahu seperti apa saja komponen motor yang paling cepat rusak ? Simak ulasan dibawah ini yah.

Inilah 8 Komponen Motor Mudah Rusak

1. Busi

Busi merupakan salah satu komponen penting yang harus ada untuk setiap kendaraan yang mempunyai mesin. Layaknya manusia busi ini merupakan jantung dari motor. Yang mana busi mempunyai tugas untuk melakukan sistem pembakaran di mesin motor dan menjadi salah satu komponen yang sering kali cepat rusak. Baik pengapiannya tidak bekerja dengan baik dan masalah lain tentunya.

Kebanyakan busi rusak, dikarenakan beberapa hal seperti Pengapian sama sekali tidak bekerja dengan baik. Kemudian keadaan busi yang basah sehingga aliran listrik tidak bisa bekerja dengan baik dan juga ada beberapa masalah dari penutup busi sendiri. Wajar saja kalau busi yang terlalu usang harus cepat diganti. Nah kalau anda ingin busi tetap sehat dan tidak gampang rusak gunakan busi menurut rekomendasi dari pabrik.

2. Kampas Rem

Kampas rem juga merupakan komponen dasar dan penting untuk sepeda motor. Kampas rem ini ada 2 yaitu bagian rem depan dan juga bagian rem belakang. Fungsi dari kampas Rem ini sendiri untuk menahan pengereman ketika motor melaju dengan kencang sehingga pengendara tetap aman menggunakan sepeda motor. Namun yang paling berbahaya ketika sudah melaju kencang kampas rem tidak berfungsi dengan baik. Bisa jadi pengendara kehilangan kendalinya dan memicu kecelakaan di jalanan.

Ini biasanya terjadi karena kampas rem sudah habis dan perlu diganti. Jadi kalau kalian merasa kampas rem Motor kalian sudah mulai habis maka silahkan langsung bawa ke bengkel dan ganti dengan yang baru. Saran dari saya cari kampas rem yang awet. Mungkin harganya akan lebih mahal. Paling tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama bukan ?

Cara agar kampas Rem tidak cepat habis :

  • Jangan sering-sering menggunakan rem, paling tidak anda mengendarai motor jangan terlalu laju atau kencang.
  • Biasakan jika mengendarai motor tangan jangan sambil memegang REM sehingga pada saat motor jalan kampas rem tidak sering bergesekan.
  • Usahakan kalau mengerem motor jangan mendadak, ini akan mengurangi ketebalan kampas rem itu sendiri.

Baca juga : Cara Praktis Merawat Kampas Rem Agar Awet Tahan Lama.

3. Laher Atau Bearing Roda

Yang ketiga yaitu bearing roda atau biasanya disebut dengan Laher. Kenapa kok komponen ini bisa rusak yah ? Padahal terbuat dari besi dan juga tebal. Ada banyak sekali penyebabnya. Salah satu penyebab komponen ini rusak yaitu karena lubang jalanan yang ganas, dan tentu saja kalau lubang jalanan yang ganas akan membuat keadaan Laher rusak terlebih dibagian Gotri atau bola-bola penahan.

Kalau Aus tentu saja keadaan ban yang akan oleng dan berbahaya kalau dibawa dengan keadaan ngebut. Untuk itu anda harus membawanya ke bengkel dan menggantinya dengan yang baru. Ingat untuk membeli Laher yang berkualitas jangan tergiur harga yang murah, biasanya kalau harga murah hanya beberapa saat saja dipakai setelah itu sama sekali tidak mempan untuk jalanan yang rusak.

4. Komstir

Inilah Komstir Bambu
Model Komstir Bambu

Mungkin komponen ini sangat dikenal oleh anda yang rajin menghajar lubang jalanan, bukan hanya komponen Laher saja yang akan rusak, melainkan komponen penting ini juga akan rusak kalau terus-terusan dihajar dilubang yang dalam. Sebut saja Komstir. Nah untuk harga aslinya sendiri yang original dari pabrikan lumayan untuk menguras kantong anda. Untuk itu anda harus mencari merk komstir yang masih KW aslilah.

Harganya tidak terlalu mahal dan cukup ekonomis yaitu komstir Bambu. Coba beli di bengkel umum pasti ada. Kualitasnya memang tidak sebagus yang asli namun paling tidak sudah cukup bagus untuk motor anda. Ingat jangan terlalu sering menghajar lubang yah agar tidak membuat komponen motor mudah rusak.

5. Bohlam atau Lampu

Yah pasti anda kenal dengan komponen penting disaat malam hari dan juga untuk kepentingan lainnya, Bohlam memang tidak pandang bulu. Kalau mau rusak ya rusak saja disemua bagian. Baik lampu utama, lampu rem, lampu sein kanan kiri depan belakang dan lain-lainnya. Yah biasanya rusak karena kena air hujan yang merembes. Atau juga karena terlalu sering digunakan makanya langsung soak.

Kalau saran saya cari bohlam yang kualitasnya bagus. Pasti adalah, walaupun tidak sebagus originalnya paling tidak cukup tahan beberapa bulan kedepan. Yang pasti kalau ada komponen lain penyebab bohlam motor cepat mati periksakan terlebih dahulu sebelum anda mengganti bohlam.

Baca juga : Hal yang Sering Sebabkan Lampu Kendaraan Mati.

6. Aki atau Accu

Yah aki juga merupakan salah satu komponen motor yang paling cepat rusak dan perlu ganti dalam beberapa bulan. Aki yang cepat tekor ini harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit pula. Kalau cuma ganti dan ngisi air aki mungkin tidak terlalu mahal yah sobat otosemi. Nah biasanya aki cepat rusak karena sudah usang dan baterainya sudah habis. Untuk itu isi ulang kembali Aki supaya bisa digunakan lagi. Aki jaman dulu sama sekarang sudah berbeda, kalau jaman dulu lama sekali untuk pengisian ulangnya. Kalau sekarang sudah tentu cepat.

7. Kabel Kopling

Kabel Kopling Motor

Untuk motornya yang menggunakan sistem kopling mungkin kendala satu ini sering kali menjadi masalah utama pada saat dijalanan. Yaitu masalah kabel kopling yang putus akibat sudah berkarat dibagian dalam dan lain-lainnya. Namun ada juga kabel kopling yang hanya seret saja mungkin karena terlalu banyak serat yang mengendap akibat air hujan atau air sabun sehingga membuat tarikan tidak lancar.

Cara menangani kabel kopling yang seret itu mudah kok tinggal kasih pelumas saja dibagian kabelnya pasti langsung bisa digunakan kembali. Untuk menghindari kabel Kopling yang cepat putus atau serat setiap musim hujan setelah motor digunakan bersihkan dengan lap kering ataupun pas setelah mencuci motor. Siapa tahu ada bekas sabun yang belum hilang, Air hujan itu asam dan sifatnya basa bisa menimbulkan korosi pada benda-benda logam dan besi.

8. Ban Dan Rantai

Yang terakhir yaitu ban dan juga rantai. Kalau masalah ban ini sendiri memanng sering sekali rusak baik dari ban dalam dan juga ban luar. Kalau ban dalam mungkin dipengaruhi adanya benda tajam yang menacap dari ban luar sehingga menyebabkan kebocoran dan harus menembelnya kembali, bocor parah paling harus ganti yang baru. Nah pada saat pergantian ban baru mintalah kepada tukang tembal ban untuk melapisi bagian dalam dengan ban yang bocor. Ini untuk mengantisipasi terjadinya bocor kembali. Rantai juga begitu, sering kali berkarat dan putus.

Baca juga : Cara Alternatif Lumasi Rantai Dengan Minyak Goreng.

Sekian dulu ulasan ” Komponen motor mudah rusak ” yang perlu sobat otosemi pahami, agar bisa siaga apabila ada kendala maupun perlunya penggantian dengan yang baru. Jangan lupa secara berkala cek kondisi komponen motor mudah rusak. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak di inginkan ketika ada kegiatan touring anda berkendara dengan sepeda motor.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*