Ketahuilah Untung dan Ruginya penggunaan Tombol Start-Stop Engine pada Mobil

Photo Taken From: news.okezone.com

Key Smart Tombol Start-Stop Engine, Untung dan Ruginya- Perkembangan inovasi dan teknologi canggih di masa kini semakin mempermudah para pengguna kendaraan roda empat (mobil) atau roda dua (sepeda motor) , namun di sisi sebaliknya ternyata ada ke untungan dan ke rugian yang berbeda di setiap komponen canggih untuk kendaraan keluaran terbaru saat ini. Bahkan teknologi canggih yang tertuang dalam bentuk nyata dari inovasi yang baru tersebut juga memiliki kemudahan, kenyamanan, keselamatan, keamanan dan lebih efisiensi biaya.

Salah satu teknologi terbaru yang pada umumnya di sematkan pada kendaraan roda empat atau mobil ini yang varian model baru, teknologi ini di sebut key smart start-stop engine. Bahkan mobil terbaru yang di pasarkan di Indonesia pun juga ada yang memiliki fitur canggih tersebut. Meski secara umum ke untungan tombol start-stop engine pada sistem mobil ini ialah kelebihan dalam hal kemudahan menghidupkan mesin. Namun ternyata penggunaan start-stop engine dalam keseharian ada untung dan ruginya, berikut ini ulasan singkat dari otosemi.com?

Cara kerjanya start-stop engine ini ialah suatu tombol pintar yang memungkinkan memudahkan para pengguna mobil-mobil terbaru ini, sistem kinerjanya mesin akan secara otomatis hidup dan mati dengan sendirinya sesuai dalam kondisi jalan tertentu. Semisal saja, saat mobil berada dalam kerumunan kemancetan yang lama atau dalam kondisi berhenti, sistem ini akan secara otomatis mematikan mesin namun saat pengguna sedang memposisikan gigi pada netral dan saat menarik tuas rem tangan, lalu mesin akan hidup kembali dengan cara melepas tuas rem tangan atau posisikan gigi pada posisi 1.

Dari kinerjanya pun bisa di simpulkan penggunaan start-stop engine, memiliki keuntungan sistem mampu menghidupkan mesin secara otomatis dengan durasi waktu cukup cepat dan efisiensi. Selain itu juga dengan adanya sistem start-stop engine ini, suatu kendaraan bisa lebih efisien atau hemat lagi menekan konsumsi bahan bakar yang di gunakan tidak terbuang sia-sia. Meski hemat bisa mencapai hingga 3 persen saja, cukup kecil namun berarti sekali.

Akan lebih sempurna lagi dalam penghematan bahan bakar jika mobil telah terpasang teknologi Hybrid atau listrik, sehingga porsentase efisiensinya akan lebih tinggi dari 3% tersebut tadi. Dan mobil yang telah di sematkan sistem start-stop engine ini, tentu suatu mobil yang ramah lingkungan dengan mampu mengurangi polusi udara berlebih. Mobil dengan sistem terbaru ini akan cocok sekali untuk wilayah yang rawan kemancetan atau kepadatan lalu lintas yang meningkat.

Meskipun sistem start-stop engine ini memiliki banyak ke untungan, ternyata mempunyai kerugian tersendiri yaitu pada sistem elektronik mobil yang meliputi AC, dan lain sebagainya akan mati atau tidak bisa di gunakan. Namun di perkirakan dengan perkembangan teknologi yang kian pesat ini, untuk di masa depan kemungkinan besar masalah ke rugian penggunaan tombol start-stop engine akan bisa di minimalisir atau di tanggulangi agar lebih sempurna.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*