Ketahuilah Tanda-Tanda Sepeda Motor Akan Mogok, Ini Penyebabnya..!!!

Tanda-Tanda Sepeda Motor Bakal Mogok atau Mancet- Sepeda motor merupakan sosok alat transportasi kendaraan roda dua di darat yang cukup asik dan menyenangkan saat digunakan sebab kita bisa merasakan sensasi terpaan angin saat melintas dengan kecepatan tertentu, sensasi terik matahari langsung mengenai tubuh dan lain sebagainya. Hal ini memang berbeda sekali dengan sensasi yang di alami saat berkendara dengan mobil yang seakan berada di ruangan tertutup saja.

Namun cukup di sayangkan saat berkendara dengan sepeda motor sedang ke asikan tiba-tiba ada masalah mengintai seperti halnya ban motor bocor, motor mogok atau mancet, dan lain-lain. Tentu kondisi yang seperti ini membuat sensasi berkendara jadi tidak menyenangkan, apalagi di saat kondisi itu terjadi kita berada di tempat yang sepi serta jauh dari bengkel umum ataupun resmi. Pernahkah anda mengalami hal yang paling menyebalkan seperti itu?

Perlu anda ketahui penyebab utama motor mogok ialah masalah pengapian yang kurang baik, kondisi ini berlaku pada motor sistem injeksi atau karburator pada umumnya, tanda-tanda yang sering di alami yaitu motor mendadak berhenti atau mancet di tengah perjalanan akibat pengapian yang tidak sempurna. Namun bagi anda pengendara motor sebenarnya kejadian ini bisa di minimalisir dengan baik dan benar.

Karena kondisi motor mogok ini sebenarnya sebelumnya motor sudah memberikan signal atau tanda-tanda yang cukup bagi pemilik motor jika akan mengalami mogok. Namun tanpa di sadari para bikers terkadang mengacuhkan tanda-tanda motor bakal mogok. Tanda yang cukup sekilas pasti di alami pengendara yaitu tenaga sepeda motor berkurang secara signifikan. Dengan adanya kondisi tarikan gas melemah atau jarum RPM menurun.

“Kalau sepeda motor anda memiliki jarum RPM, tanda motor mogok bisa terdeteksi dengan mudah sekali yaitu jarum RPM akan lebih susah naik, dengan kondisi itu kemungkinan gejala kurang baik bakal di alami motor kesayangan anda”, ujar Andri Setiawan salah satu karyawan di bengkel HADI MOTOR berlokasi di Tamanan, Kediri, Jawa Timur.

Ada kondisi lain selain jarum RPM susah naik, yakni suara knalpot. Suara knalpot memang cukup mudah di dengarkan jadi suaranya pun bisa di deteksi jika motor akan mogok mendadak biasanya knalpot akan nembak-nembak. Efek ini biasanya di sebut dengan efek¬†“Knocking” yang mana keluar melalui lubang gas buang knalpot yang di karenakan pencampuran antara bahan bakar dan oksigen kurang optimal. Dengan begitu segeralah bawa motor tercinta ke bengkel terdekat agar di perbaiki secara benar.

Masalah lain juga bisa di karenakan oleh pengapian tidak stabil, komponen pemercik api di ruang bakar ini di kenal dengan busi. komponen busi yang kotor juga bisa mempengaruhi kinerja pengapian yang tidak maksimal. Kondisi ini bisa anda atasi dengan mudah yaitu cepotlah tutup busi kemudian lepaskan busi dengan alat serta bersihkan busi dengan alat ampelas yang tipis dan kain. Namun hal ini akan berlaku sementara saja, sebaiknya jika kepala busi sudah hitam maka belilah busi baru dan gantikan busi yang lama tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*