Ketahuilah Kelebihan Rem Tromol dan Rem Cakram..??

Rem Cakram Vs Rem Tromol- Apa anda termasuk salah satu orang yang aktif dalam berkendara? jika iya, pastinya anda tak luput dari penggunaan komponen unit rem saat berkendara, yang memiliki fungsi sebagai penghenti laju kendaraan di jalanan atau memperlambat laju putaran roda pada sebuah kendaraan. Pada umumnya rem kendaraan di bedakan menjadi 2 jenis yang berbeda yaitu rem tromol dan rem cakram. Kedua jenis rem ini tentu memiliki kelebihan masing-masing serta kharakter bentuk yang berbeda pastinya. Namun, manakah yang lebih baik di gunakan dalam memperlengkapi sistem keamanan bagi kendaraan?

Walau memang kedua jenis unit rem baik itu rem tromol ataupun rem cakram memiliki fungsi yang sama. Namun ternyata mereka ini mempunyai kelebihan masing-masing yang perlu anda ketahui, agar dapat menjadi pilihan anda saat memilih bentuk rem yang paling cocok dengan kendaraan yang bakal di gunakan. Berbicara tentang tingkat kepakeman pada alat transportasi darat ini tentunya model rem cakram di klaim lebih pakem jika di badingkan dengan model rem tromol.

Hal ini di sebabkan oleh adanya pelepasan suhu panas yang lebih baik ketimbang unit rem tromol. Sehingga bentuk dari kampas rem cakram akan tidak cepat panas serta daya cengkramnya akan masih kuat saat di gunakan. Dengan keunggulan yang di miliki oleh unit rem cakram, maka secara keseluruhan saat penggunaan yang relatif lama semisal anda berpergian jauh ke daerah jalanan pegunungan yang berkelok-kelok dan jalan menurun yang curam ini lebih baik memakai komponen rem cakram.

Dengan begitu bukan berarti komponen rem tromol di katakan jelek atau lebih buruk. Cengkraman rem tromol sebenarnya juga baik sebab pergesekan antara rumah rem dengan kampas rem pastinya lebih besar, namun ternyata model rem tromol lebih cepat panas sebab pembuangan panas yang relatif lama sekali. Tapi keunggulan rem tromol ini akan lebih baik daripada rem cakram yang gunakan saat kondisi basah atau saat hujan melanda, yang mana rem tromol lebih gesit saat mencengram. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Keunggulan yang berbeda ini di karenakan kondisi kampas rem itu sendiri yang mana jika rem cakram kampas remnya kering maka tingkat kepakeman akan lebih baik dan sebaliknya. Sementara model unit rem tromol ini kan tertutup serta konstruksi seperti ini membuat air tidak mudah untuk membasahi permukaan kampas rem ataupun rumah rem. Inilah keunggulan dari rem tromol saat kondisi hujan atau basah.

Namun saat di lakukan sebuah percobaan melaju di jalanan menurun yang cukup panjang, rem cakram mengeluarkan kekuatannya untuk memperlambat laju kendaraan. Walau pada awalnya bisa berakibat tergelincir atau ngeloyor, namun apalah kata saat rem digunakan terus menerus terbukti kinerja cengkraman kampas rem bisa bekerja dengan lebih baik.

Dari ulasan di atas ini bisa menjadikan anda lebih mengerti tentang fungsi rem serta jenis rem itu sendiri, dan pastinya bisa menguraikan mana rem yang lebih baik untuk digunakan saat berkendara baik itu rem tromol ataupun rem cakram. Dan jika anda memiliki niat untuk mengganti rem tromol menjadi rem cakram, hal ini di perbolehkan.

Namun dengan syarat belilah unit komponen rem itu yang orisinil, sebab kualitasnya bisa di jamin terjaga. Jangan membeli unit komponen rem imitasi sebab kondisinya masih di ragukan sekali. Untuk cara pemasangan komponen rem lebih baik serahkan pada bengkel resmi atau umum yang berkualitas. Di karenakan pemasangan rem cakram harus benar-benar pas sesuai aturan atau petunjuk yang ada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*