Ketahuilah, Alasan Utama Motor Matic Harus Pakai Oli Rekomendasi

ganti oli mesin matik

OTOSEMI.com- Sepeda Motor Matic Wajib Pakai Oli Yang Direkomendasikan. Pembuatan produk baru di generasi kendaraan roda dua, memang sebelumnya ada alasan tersendiri yang pastinya akan menguntungkan sekali bagi pengguna. Salah satunya penciptaan atau penemuan sepeda motor jenis matic, produk otomotif yang satu ini memang begitu mudah untuk di kendarai. Bahkan di negeri kita sendiri motor matic cukup populer serta laris manis di pasaran sepeda motor Indonesia. Selain itu juga ada duo merek yang cukup sengit persaingan merebutkan pasaran motor matic Tanah Air, sebut saja skuter matik merek Honda dan Yamaha.

Motor jenis matik cukup banyak di temui terutama di wilayah perkotaan yang padat lalu lintasnya. Sepeda motor berpenggerak transmisi otomatis, lebih menguntungkan bagi pengguna yang mana nyaman saat di pergunakan sebagai kendaraan keseharian. Meski motor ini kebanyakan model yang beredar di pasaran mengusung dimensi wheelbase pendek dari pada motor bebek, motor sport dan lain sebagainya, motor ini tetap menawarkan sisi kelincahan yang bisa di sandingkan dengan motor jenis lainnya.

Dengan desain motor menggunakan dek untuk pijakan kaki membuat si pengendara lebih leluasa bergerak, serta tidak mudah lelah saat mengendarai meskipun menempuh perjalanan yang amat jauh. Tapi perlu di ketahui semua jenis ciptaan manusia termasuk produk otomotif pada kendaraan, pasti memiliki sisi kekurangan di balik kelebihan yang di sandangnya terutama sepeda motor matik.

Sisi kekurangan sepeda motor jenis skutik ini tak lain ialah kerap mengalami apa itu yang di maksud panas berlebih pada mesin atau lebih di kenal sebagai overheat. Memang secara garis besar kondisi seperti itu bisa jadi membuat sepeda motor skutik menjadi kurang bertenaga. Bahkan bisa menjalar pada penggunaan bahan bakar jadi boros. Nah, untuk mengatasi hal seperti overheat mesin yang perlu anda lakukan yaitu menggunakan jenis oli mesin yang di rekomendasikan pada skutik kesayangan anda.

oli khusus sepeda motor matik

“Anda perlu mengetahui penyebab gejala motor matic cepat panas yang sering terjadi ini bisa di akibatkan oleh perawatan sepeda motor kurang baik, aktifitas berkendara, cuaca yang cukup ekstrim dan paling utama ialah pemakaian oli mesin. Oleh karena itu perlunya menggunakan oli sesuai dengan spesifikasi mesin itu di wajibkan, serta memakai oli yang spesialis mampu mendinginkan mesin,” jelas Ahmad Hadi Setiawan selaku pemilik bengkel umum HADI MOTOR di wilayah Tamanan-Kediri, Jawa Timur.

Nah, dengan pernyataan mas Hadi tersebut tentunya kalian mengerti bahwa oli merupakan salah satu komponen penting kendaraan terutama untuk kinerja mesin. Bahkan fungsi oli adalah sebagai pendingin mesin agar bisa tetap dalam kondisi suhu mesin yang stabil. Maka, cukup pas kan jika oli bisa mencegah terjadinya overheat yang sering terjadi pada sepeda motor matic?

Yang biasanya di lakukan oleh pengguna sepeda motor jenis matik yaitu mengganti oli mesin di saat melakukan servis berkala di bengkel resmi ataupu bengkel umum. Untuk itu sudahkah anda mengganti oli mesin pada kendaraan kesayangan? Biasanya bengkel resmi motor pastinya menyediakan oli khusus spesies sepeda motor matic. Dengan catatan pilihlah oli mesin yang mayoritasnya berfungsi baik dalam pendingin kinerja mesin.

Sudah pasti jika pakai oli khusus sepeda motor matic akan lebih menguntungkan kinerja mesin yang bisa stabil. Maka saat mesin motor melakukan kinerjanya yang mana pastinya ada gesekan terutama pada silinder mesin bisa lebih terjaga. Meski silinder mesin juga mempunyai fungsi sebagai pelepas panas dengan cepat, tapi tanpa oli mesin pasti kurang optimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*