Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down Pada Moge

Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down Pada Moge
Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down Pada Moge

Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down. – Teknologi peredam kejut pada motor kini tidak hanya sekadar menggunakan suspensi teleskopik konvensional untuk roda depan. Pada motor dengan performa di atas rata-rata termasuk motor balap, telah didukung shockbreaker teleskopik dalam jenis upside down.

Pada jenis upside down, posisi inner tube (pipa kecil) berada di bagian bawah sedangkan outer tube (pipa besar) berada di bagian atas.

Hingga saat ini, masih banyak orang awam yang berpikiran jika shockbreaker upside down hanya sekadar membalik pemasangan shockbreaker teleskopik biasa. Kenyataannya, bentuk selongsong telah dirancang sedemikan rupa dari pabrik dengan dudukan as berikut kaliper telah menyatu di bagian inner tube.

Shock breaker jenis ini tentunya sudah sering kita lihat dijalan raya. Hampir semua motor di indonesia terlebih pada motor matic, bebek dan motor sport dibekali dengan menggunakan suspensi teleskopik. Shock breaker jenis Teleskopik ini mempunyai konstruksi kompresi pipa teleskopik yang terkait bagian segitiga ditahan pegas di dalam pipa. Lalu untuk reboundnya (pantulan) diatur dengan sirkulasi oli lewat pipa suling didalam tabung yang terhubung dengan ke as roda bagian depan menggunakan per di dalam tabung dengan memanfaatkan peredaran oli.

Shock breker jenis ini memiliki redaman yang agak lembut dan kadang juga terlalu lentur, suspensi jenis ini sangat cocok digunakan untuk motor yang digunakan untuk dalam kota maupun untuk motor sport dengan bobot yang berat serta motor advanture yang melintas di medan yang tidak rata (tanah) jalan yang rusak dan juga jalan yang bergelombang.

Shock breaker Upside Down atau orang menyebut dengan istilah shock USD, shock jenis ini sering kita lihat pada motor-motor yang memiliki spesifikasi mesin yang berkapasitas tinggi. Bahan dari shock breaker jenis Upside Down menggunakan bahan berkualitas tinggi berbahan dasar alumunium dan magnesium.

Suspensinya memiliki konstruksi tabung yang terikat segitiga, sementara pipa teleskopiknya memiliki diameter lebih kecil dari tabung, terikat pada adaptor as roda bagian depan. Maka seperti terlihat bergerak pada pipanya bukan tabungnya seperti motor sport. Shock Breaker ini memiliki tampilan yang khas biasanya berwarna emas (gold).

Baca Juga: Cara Menghilangkan Goresan Pada Cat Body Motor Dengan Mudah

Suspension jenis Upside down ini memiliki redaman yang lebih keras dibandingkan dengan suspensi jenis teleskopik, dan shock jenis ini sangat cocok digunakan untuk kecepatan tinggi. Motor motor yang menggunakan USD ini umumnya memiliki kapasitas yang besar. Contoh pada motoGP dan Superbike. Walaupun shock jenis USD ini kurang cocok digunakan untuk harian dan juga reboundnya yang lumayan cukup lama & keras yang bisa membuat punggung cepet pegel, namun shock jenis USD ini terasa puas dengan desain tampilan yang keren.

Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down Pada Moge
Xabre

Berikut adalah Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down pada Moge :

1. Kelebihan shock breaker Upside Down

– Shock USD memiliki tampilan yang keren, besar dan juga lebih eye cathing.

– Dibekali dengan redaman yang sesuai untuk kecepatan tinggi.

– Lebih stabil digunakan pada saat motor dipacu dengan kecepatan tinggi.

2. Kekurangan shock breaker Upside Down

– Shock jenis upside down rawan patah dan juga sering bocor jika menopang bobot terlalu  berat.

– Memiliki harga yang lumayan mahal, tergantung spesifikasinya.

Overall ,menurut saya pribadi semua suspension yang ada bagus, karena satu sama lain saling melengkapi  yaitu memiliki kelebih dan juga kekurangan. Komporasi diatas hanyalah opini pribadi yang didasari dari sumber  otomosemi.com. Jika anda mempunyai pengalaman dengan shock breaker teleskopik vs upside down mungkin bisa berkomentar di bawah ini.

Itulah sekilas mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Shock Upside Down pada Moge, mudah-mudahan bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*