Kegunaan Lampu dan Wiper Bagi Pengendara

Lampu dan Wiper Mobil- Semua komponen dalam kendaraan ini memiliki suatu fungsi ataupun kegunaan yang berbeda-beda. Terutama pada lampu dan wiper yang pasti perangkat ini ada dalam sebuah mobil atau kendaraan beroda empat umumnya. Komponen tersebut memang berperan aktif untuk mempermudah pengemudi mengendarai mobilnya di saat hari mulai gelap ini, dan saat cuaca ini pastinya yang berperan utama ialah lampu mobil sebagai penerangan ke jalan agar anda bisa melihat dan terlihat di jalanan yang gelap.

Atau saat pada jalanan yang berlawanan arah pun mobil tersebut mengerti bahwa di situ ada mobil juga sehingga tidak terjadi kecelakaan. Namun apabila anda tidak memakai perangkat ini pada saat cuaca mulai gelap dapat di pastikan akan menimbulkan kerugian bagi anda, karena bisa jadi kecelakan yang akan menimpa karena tidak bisa melihat kondisi di depan secara jelas. Dan tentunya anda sebelum berkendara pastikan terlebih dahulu fungsi lampu depan, lampu sein, dan lampu belakang dapat menyala dengan normal.

Ingat juga dalam penggunaan lampu ini memang harus sesuai aturan yang berlaku yakni pencahayaan ke jalan saat malam hari atau cuaca gelap. Jangan memakai pencahayaan mode dim dengan terus menerus yang bisa merugikan pengendara berlawanan jalan dengan anda karena mereka akan melihat depanya menjadi silau bahkan bisa menimbulkan kecelakaan yang tak di ingikan. Gunakan lampu dim seperlunya atau saat anda ingin melihat secara jauh pandangan jalan di depan.

Penggunaan lampu sein pun juga sangat penting saat anda ingin berbelok, jangan lupa menyalakan lampu ini sehingga kendaraan yang berada di belakang anda mengerti bahwa anda akan berbelok. Kadang pengemudi menyepelekan hal ini yang berakibat kendaraan lain sempoyongan jika anda berbelok mendadak. Dan tentunya bisa jadi kecelakaan di jalan saat malam hari pun dari kelalaian para pengemudi menyalakan lampu depan atau berbelok tanpa menyalakan lampu sein. Atau bahkan bisa jadi karena si pengendara dalam keadaan tidak sadar sepenuhnya atau di sebut dengan mabuk bahkan mengatuk juga.

Selain itu juga komponen wiper yang memiliki kegunaan juga saat anda tertimpa hujan saat mengendarai sebuah mobil atau sedang dalam keadaan cuaca musim hujan melanda. Perangkat ini akan membantu anda membersihkan kaca mobil depan yang terkena guyuran air hujan sehingga anda tetap bisa melihat ke depan secara jelas saat hujan berlangsung. Bahkan wiper juga bisa untuk membersihkan debu yang menempel di kaca depan mobil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*