Jangan Sepelekan Tutup Pentil Ban

OTOSEMI.com- Ketahuilah Pentingnya Tutup Pentil Ban Kendaraan Anda. Suatu unit kendaraan tentunya memiliki berbagai komponen penting di dalamnya, walau bentuk komponen tersebut terlihat kecil dan kiranya kebanyakan orang tidak begitu penting. Komponen kendaraan yang berbentuk kecil, sebut saja tutup pentil pada ban kendaraan. Perlu di ingat bahwa komponen-komponen yang telah di susun tersebut, mempunyai suatu fungsi berserta tugasnya masing-masing yang saling terkait di setiap komponen yang ada pada kendaraan. Nah, tentunya sudah tak asing lagi kan, jika mendengar hal mengenai sebuah tutup pentil ban pada kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua.

Memang secara bentuk fisik komponen tutup pentil ban merupakan salah satu dari komponen kecil yang terdapat pada kendaraan. Namun bagi kesebagian orang yang memiliki kendaraan, komponen kecil ini kerap sekali di sepelekan. Bahkan dari mereka ada yang berani berkendara dalam kondisi tutup pentil ban tersebut masih longgar atau tidak rapat. Ini lah yang menjadi salah satu pemicu rusaknya ban kendaraan anda. Padahal “kesehatan” ban merupakan salah satu bagian penting dalam menjalani aktifitas berkendara. Baca juga Hindari Beli Ban Vulkanisir, Ketahui Bahayanya?

Apabila ban kendaraan anda untuk saat ini masih belum dipasang tutup pentilnya, namun anda masih nekat berkendara maka kenyamanan dan keamanan akan cukup mempengaruhi kinerja berkendara yang baik. Setelah di teliti lebih jauh, ternyata tutup pentil pada ban bukanlah hanya sekendar penutup katup yang mampu mengatur suatu proses terjadinya tekanan angin yang masuk di saat mengisi ban kendaraan.

Pentinya Menutup pentil Ban kendaraan

Dan untuk saat ini metode tersebut sudah beragam sekali materi yang di hadirkan. Bahkan hingga saat ini sudah banyak beredar tutup pentil ban kendaraan yang bergaya dengan model bentuk fisik sesuai dengan pilihan anda. Soal model modifikasi tutup pentil ban tentunya konsumen di persilahkan bebas memilih sesukanya.

Tapi pada dasarnya bagaimanapun model bentuknya tetap saja harus di pasang secara rapat pada saat untuk menutup pentil ban kendaraan. Biasanya di dalam tutup pentil ban terdapat klep karet, nah bahan itulah yang memberikan pelindung sekuder sebagai pencegah angin keluar kembali.

Klep karet pada tutup pentil ban memiliki fungsi mencegah angin keluar, namun coba saja anda bayangkan jika tidak ada tutupnya bukan hanya angin yang mampu keluar, bisa saja kotoran masuk ke dalam sela-sela pentil ban kendaraan anda yang bisa akibatkan berkerak.

Dan di saat anda kembali ingin mengisi tekanan ban kendaraan, maka sudah pasti kotoran tersebut akan juga masuk ke dalam ban kendaraan anda nantinya. Ini juga salah satu penyebab dari usia ban dalam kendaraan tidak bisa lama. Selain itu tutup pentil ban bisa digunakan untuk menjaga hawa lembab yang masuk ke dalam ban kendaraan anda. Baca juga Ban Kendaraan Diisi Nitrogen, Simak Keuntungannya? dan Jangan Pernah Menyepelekan Ban Sepeda Motor Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


*